Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Kisah Kepahlawanan Tokoh Wayang pada Siswa Kelas V SD 2 Panjangrejo Pundong Bantul
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.148Keywords:
menulis puisi, kisah kepahlawanan, tokoh wayangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui media kisah kepahlawanan tokoh wayang pada siswa kelas V SD 2 Panjangrejo, Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Data diperoleh dengan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi angket, lembar pengamatan, catatan lapangan, lembar penilaian keterampilan menulis puisi, dan dokumentasi kegiatan. Teknik analisisnya mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses dan produk. Pada siklus I antusiasme siswa mulai terlihat dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Pada siklus II antusiasme siswa lebih terlihat jelas dan mereka juga lebih bersemangat jika dibanding pada siklus I. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan nilai hasil menulis puisi siswa pada setiap siklus. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa pada setiap siklus. Nilai rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 55,40; pada siklus I meningkat menjadi 68,06; dan pada siklus II meningkat menjadi 78,34. Peningkatan nilai dari pratindakan ke siklus I adalah 12,66; dan dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 10,28. Dengan demikian, kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD 2 Panjangrejo, Pundong, Bantul telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan dengan menggunakan media kisah kepahlawanan tokoh wayang.
Downloads
References
Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Endraswara, S. (2005). Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.
Depdiknas. (2006). Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia. Jakarta: BSNP.
Khan, D. Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Lestari, A. S. (2019). Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Menulis Puisi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 5 Surakarta Semester 2 tahun 2015/2016. Jurnal Konvergensi, 5(24).
Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, B. (2011). Penilaian Pembelajaran Bahasa berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, B. (2015). Bertemu dengan Pong Harjatmo. Majalah Adiluhung: Pelestari Budaya Nusantara. Edisi 7.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Metode Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Widaningsih, I. (2019). Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. DOI: https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.