Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1363Keywords:
hasil belajar, kolaborasi, pembelajaran bahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo dalam mempelajari Bahasa Indonesia khususnya pada pokok bahasan menceritakan peristiwa yang dilihat atau dialami. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Data observasi siswa dan guru dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kolaborasi dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Perencanaan tindakan melalui penerapan model kolaborasi yang dilakukan guru dan peneliti secara kolaborasi sudah maksimal. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru menerapkan model pengajaran kolaborasi dengan tepat sehingga hasil belajar bahasa indonesia siswa dapat meningkat. Peningkatan keterampilan siswa tersebut dapat terlihat baik dalam proses belajar mengajar, hasil tes siswa yang telah dievaluasi guru dan peneliti menunjukkan kemajuan yang menggembirakan bagi proses pengajaran dengan menerapkan pengajaran kolaborasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Penulis menyampaikan saran sebagai berikut: (1) Siswa antusias mengikuti pelajaran serta Siswa memperhatikan guru saat menjelaskan dari awal samapai akhir pembelajaran; (2) Guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal; (3) Pihak sekolah sebaiknya menyediakan fasilitas guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal.pembelajaran yang memadai; dan (4) Peneliti lanjut dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan penelitian yang relevan berikutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model kolaborasidapat berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar dan motivasi belajar Siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.
Downloads
References
Abdullah. (1997). Belajar dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Abdurahhmad, M. (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkualitas Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, M. (2000). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dimayanti. (2000). Hakikat Pendekatan, Prosedur, dan Startegi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Komunikatif dalam Sistem Pembelajaran Bahasa Indonesia (Modul UT), Jakarta: Pusat Penerbitan UT.
Haling, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM Makassar
Jamara. (1994) Metode Mengajar Efektif. Jakarta: Gramedia.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner: Victoria Deakin University Press.
Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Angkasa
Rosestya, F. (1986). Analisis Belajar Bahasa. Jakarta. Erlangga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.