Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo

Authors

  • Ramalia Sapa SMP Negeri 3 Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1363

Keywords:

hasil belajar, kolaborasi, pembelajaran bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo dalam mempelajari Bahasa Indonesia khususnya pada pokok bahasan menceritakan peristiwa yang dilihat atau dialami. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Data observasi siswa dan guru dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kolaborasi dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Perencanaan tindakan melalui penerapan model kolaborasi yang dilakukan guru dan peneliti secara kolaborasi sudah maksimal. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru menerapkan model pengajaran kolaborasi dengan tepat sehingga hasil belajar bahasa indonesia siswa dapat meningkat. Peningkatan keterampilan siswa tersebut dapat terlihat baik dalam proses belajar mengajar, hasil tes siswa yang telah dievaluasi guru dan peneliti menunjukkan kemajuan yang menggembirakan bagi proses pengajaran dengan menerapkan pengajaran kolaborasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Penulis menyampaikan saran sebagai berikut: (1) Siswa antusias mengikuti pelajaran serta Siswa memperhatikan guru saat menjelaskan dari awal samapai akhir pembelajaran; (2) Guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal; (3) Pihak sekolah sebaiknya menyediakan fasilitas guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal.pembelajaran yang memadai; dan (4) Peneliti lanjut dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan penelitian yang relevan berikutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model kolaborasidapat berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar dan motivasi belajar Siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. (1997). Belajar dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Abdurahhmad, M. (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkualitas Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. (2000). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimayanti. (2000). Hakikat Pendekatan, Prosedur, dan Startegi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Komunikatif dalam Sistem Pembelajaran Bahasa Indonesia (Modul UT), Jakarta: Pusat Penerbitan UT.

Haling, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM Makassar

Jamara. (1994) Metode Mengajar Efektif. Jakarta: Gramedia.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner: Victoria Deakin University Press.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Angkasa

Rosestya, F. (1986). Analisis Belajar Bahasa. Jakarta. Erlangga

Published

2019-05-22

How to Cite

Sapa, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 117–126. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1363

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.