Hubungan Pemahaman Konsep dengan Partisipasi dalam Kegiatan Praktikum IPA bagi Calon Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6285Keywords:
Pemahaman Konsep, Partisipasi, Calon Guru, Praktikum IPAAbstract
Partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan praktikum sering kali belum berjalan secara optimal. Sehingga berkaitan dengan rendahnya pemahaman konsep, indikasi masalah ini terlihat dari kurangnya keterlibatan mahasiswa saat praktikum, seperti tidak aktif berdiskusi, ragu menjalankan prosedur, dan kesulitan menghubungkan teori dengan praktik. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman konsep dengan partisipasi dalam kegiatan praktikum IPA pada calon guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 14 mahasiswa yang diambil secara sampling jenuh. Data diperoleh melalui tes tertulis untuk mengukur pemahaman konsep dan lembar observasi untuk menilai partisipasi mahasiswa dalam kegiatan praktikum. Tes terdiri dari soal pilihan ganda berdasarkan capaian pembelajaran, sedangkan lembar observasi mencakup indikator keaktifan, kontribusi kelompok, dan kemampuan mengamati. Analisis data dilakukan melalui dua tahap, yakni analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik data, dan analisis inferensial menggunakan uji korelasi Pearson. Uji normalitas dilakukan terlebih dahulu menggunakan Shapiro-Wilk. Kemudian, hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara pemahaman konsep dan partisipasi, dengan nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,840 dan signifikansi 0,000. Selain itu, nilai koefisien determinasi sebesar 0,706 menunjukkan bahwa 70,6% variasi partisipasi mahasiswa dalam praktikum dapat dijelaskan oleh tingkat pemahaman konsep yang dimiliki. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat partisipasi mahasiswa dalam kegiatan praktikum, maka semakin tinggi pula pemahaman konsep yang dimiliki.
Downloads
References
Agustini, R. P., & Irvani, A. I. (2023). Analisis Keterampilan Kolaboratif Siswa dalam Kegiatan Praktikum Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(2), 215-222. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i2.2570
Aisah, S., & Laika, E. (2023). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Mahasiswa Calon Guru MI/SD Di Insitut Ummul Quro AI-Islami Bogor. 10, 17–23.
Bui, F. S., Naen, A. B., Maing, C. M. M., & Freitas, M. L. F. (2025). Optimalisasi pemahaman konsep dan aktivitas belajar fisika melalui discovery learning berbasis simulasi PhET pada materi Hukum Newton. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(1), 47-57. https://doi.org/10.30822/magneton.v3i1.3896
Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya pemahaman konsep untuk mengatasi miskonsepsi dalam materi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130-136. http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2553
Gusti, H. (2022). Penerapan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa Ii. Jurnal Eksperimental : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 6–13. https://doi.org/10.58645/eksperimental.v8i1.75
Hartati, S. (2023). Pembelajaran partisipatif dengan metode game pada rumpun pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Tengah. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 110-122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127
Irwan, S., Thamrin, T., & Budayawan, K. (2018). Kontribusi Partisipasi Aktif Siswa Dan Fasilitas Pratikum Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel (Tkb) Kelas X Jurusan Teknik Audio Video Di Smk Negeri 1 Batipuh. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 4(1). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v4i1.5846
Kasi, R. (2023). Pembelajaran aktif: Mendorong partisipasi siswa.
Komalia, K., Deva, S., Rohman, I., & Setiadi, R. (2024). Profil Pemahaman Siswa pada Konsep Termokimia dengan Menggunakan Praktikum Kalorimeter Ruang Hampa dan Kalorimeter Sederhana. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 12(1), 18-26. https://doi.org/10.17509/jrppk.v12i1.69411
Kurniawati, Y. (2018). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis Dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 1(2), 146. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v1i2.4537
Malik, A., Aliah, H., & Susanti, S. (2019). Peran praktikum dalam pembelajaran IPA.
Nisa, F. K., Rahmadanti, D. A., Khasanah, Y. R., Nabela, Y. A., Nisa, S. A., Pratiwi, J. D., & Ratnasari, Y. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Rangkaian Listrik Seri dan Paralel melalui Praktikum Sederhana. Jurnal Belaindika (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 107-118. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.213
Nurwahidah, I. (2023). Analisis Ketrampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Ipa Pada Mata Kuliah Praktikum Fisika Dasar 2. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 7–14. https://doi.org/10.37859/eduteach.v4i2.5129
Nurwahidah, I., & Sari, D. S. (2022). Analisis Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Ipa Dalam Melakukan Praktikum Dan Berkolaborasi. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37859/eduteach.v3i2.3795
Octaviani, T. P., Sholikhah, U., & Ismawati, R. (2021). Analisis pemahaman konsep ipa pada siswa smp dengan kegiatan praktikum. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 84-88. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v11i2.56789
Putri, G. A. M. A., Noviyanti, P. L., Wulandari, I. G. A. P. A., Suwija, K., & Wena, I. M. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 15–19. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.358
Rabiudin, R. (2023). Belajar bermakna melalui praktikum ilmu pengetahuan alam.
Rahmansyah, S. (2025). Optimalisasi Pemahaman Konsep IPA melalui Model Project Based Learning di Madrasah Ibtidaiyah.
Rizkianida, R., Wuryandini, E., Rahayu, D., & Tunjungsari, D. R. (2023). Penerapan model project based learning pada kurikulum merdeka dalam meningkatkan pemahaman konsep IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Pandeanlamper 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1450-1456.
Safitri, A. N. A., & Kusnawan, A. (2024). Penguatan Pemahaman konsep IPA di Sekolah Indonesia Riyadh melalui Pendekatan Proyek untuk Siswa SMA. Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada masyarakat, 7(2), 50-58. https://doi.org/10.15575/jak.v7i2.40230
Sari, I. P., Mustikasari, V. R., & Pratiwi, N. (2019). Pengintegrasian penilaian formatif dalam pembelajaran IPA berbasis saintifik terhadap pemahaman konsep peserta didik. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 52. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.778
Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. Elementary: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
Sutrio, S., Gunawan, G., Herayanti, L., & Nisrina, N. (2023). Penyuluhan Peran Laboratorium dan Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Education and Community Services, 3(2), 75-82. http://orcid.org/0000-0001-8546-0150
Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe tgt sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).
Wulandari, A., & Ningsih, K. (2023). Meningkatkan Minat Belajar IPA melalui Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(2), 130-142.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fristika Dwi Nur Icomah Santoso, Darnanengsih Darnanengsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.