Hubungan Pemahaman Konsep dengan Partisipasi dalam Kegiatan Praktikum IPA bagi Calon Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Fristika Dwi Nur Icomah Santoso Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Darnanengsih Darnanengsih Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6285

Keywords:

Pemahaman Konsep, Partisipasi, Calon Guru, Praktikum IPA

Abstract

Partisipasi aktif mahasiswa dalam kegiatan praktikum sering kali belum berjalan secara optimal. Sehingga berkaitan dengan rendahnya pemahaman konsep, indikasi masalah ini terlihat dari kurangnya keterlibatan mahasiswa saat praktikum, seperti tidak aktif berdiskusi, ragu menjalankan prosedur, dan kesulitan menghubungkan teori dengan praktik. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman konsep dengan partisipasi dalam kegiatan praktikum IPA pada calon guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 14 mahasiswa yang diambil secara sampling jenuh. Data diperoleh melalui tes tertulis untuk mengukur pemahaman konsep dan lembar observasi untuk menilai partisipasi mahasiswa dalam kegiatan praktikum. Tes terdiri dari soal pilihan ganda berdasarkan capaian pembelajaran, sedangkan lembar observasi mencakup indikator keaktifan, kontribusi kelompok, dan kemampuan mengamati. Analisis data dilakukan melalui dua tahap, yakni analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik data, dan analisis inferensial menggunakan uji korelasi Pearson. Uji normalitas dilakukan terlebih dahulu menggunakan Shapiro-Wilk. Kemudian, hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara pemahaman konsep dan partisipasi, dengan nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,840 dan signifikansi 0,000. Selain itu, nilai koefisien determinasi sebesar 0,706 menunjukkan bahwa 70,6% variasi partisipasi mahasiswa dalam praktikum dapat dijelaskan oleh tingkat pemahaman konsep yang dimiliki. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat partisipasi mahasiswa dalam kegiatan praktikum, maka semakin tinggi pula pemahaman konsep yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, R. P., & Irvani, A. I. (2023). Analisis Keterampilan Kolaboratif Siswa dalam Kegiatan Praktikum Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(2), 215-222. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i2.2570

Aisah, S., & Laika, E. (2023). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Mahasiswa Calon Guru MI/SD Di Insitut Ummul Quro AI-Islami Bogor. 10, 17–23.

Bui, F. S., Naen, A. B., Maing, C. M. M., & Freitas, M. L. F. (2025). Optimalisasi pemahaman konsep dan aktivitas belajar fisika melalui discovery learning berbasis simulasi PhET pada materi Hukum Newton. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(1), 47-57. https://doi.org/10.30822/magneton.v3i1.3896

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya pemahaman konsep untuk mengatasi miskonsepsi dalam materi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130-136. http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2553

Gusti, H. (2022). Penerapan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa Ii. Jurnal Eksperimental : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 6–13. https://doi.org/10.58645/eksperimental.v8i1.75

Hartati, S. (2023). Pembelajaran partisipatif dengan metode game pada rumpun pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Tengah. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 110-122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127

Irwan, S., Thamrin, T., & Budayawan, K. (2018). Kontribusi Partisipasi Aktif Siswa Dan Fasilitas Pratikum Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel (Tkb) Kelas X Jurusan Teknik Audio Video Di Smk Negeri 1 Batipuh. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 4(1). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v4i1.5846

Kasi, R. (2023). Pembelajaran aktif: Mendorong partisipasi siswa.

Komalia, K., Deva, S., Rohman, I., & Setiadi, R. (2024). Profil Pemahaman Siswa pada Konsep Termokimia dengan Menggunakan Praktikum Kalorimeter Ruang Hampa dan Kalorimeter Sederhana. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 12(1), 18-26. https://doi.org/10.17509/jrppk.v12i1.69411

Kurniawati, Y. (2018). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis Dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 1(2), 146. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v1i2.4537

Malik, A., Aliah, H., & Susanti, S. (2019). Peran praktikum dalam pembelajaran IPA.

Nisa, F. K., Rahmadanti, D. A., Khasanah, Y. R., Nabela, Y. A., Nisa, S. A., Pratiwi, J. D., & Ratnasari, Y. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Rangkaian Listrik Seri dan Paralel melalui Praktikum Sederhana. Jurnal Belaindika (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 107-118. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.213

Nurwahidah, I. (2023). Analisis Ketrampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Ipa Pada Mata Kuliah Praktikum Fisika Dasar 2. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 7–14. https://doi.org/10.37859/eduteach.v4i2.5129

Nurwahidah, I., & Sari, D. S. (2022). Analisis Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Ipa Dalam Melakukan Praktikum Dan Berkolaborasi. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37859/eduteach.v3i2.3795

Octaviani, T. P., Sholikhah, U., & Ismawati, R. (2021). Analisis pemahaman konsep ipa pada siswa smp dengan kegiatan praktikum. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 84-88. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v11i2.56789

Putri, G. A. M. A., Noviyanti, P. L., Wulandari, I. G. A. P. A., Suwija, K., & Wena, I. M. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 15–19. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.358

Rabiudin, R. (2023). Belajar bermakna melalui praktikum ilmu pengetahuan alam.

Rahmansyah, S. (2025). Optimalisasi Pemahaman Konsep IPA melalui Model Project Based Learning di Madrasah Ibtidaiyah.

Rizkianida, R., Wuryandini, E., Rahayu, D., & Tunjungsari, D. R. (2023). Penerapan model project based learning pada kurikulum merdeka dalam meningkatkan pemahaman konsep IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Pandeanlamper 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1450-1456.

Safitri, A. N. A., & Kusnawan, A. (2024). Penguatan Pemahaman konsep IPA di Sekolah Indonesia Riyadh melalui Pendekatan Proyek untuk Siswa SMA. Al-Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada masyarakat, 7(2), 50-58. https://doi.org/10.15575/jak.v7i2.40230

Sari, I. P., Mustikasari, V. R., & Pratiwi, N. (2019). Pengintegrasian penilaian formatif dalam pembelajaran IPA berbasis saintifik terhadap pemahaman konsep peserta didik. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 52. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.778

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. Elementary: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Sutrio, S., Gunawan, G., Herayanti, L., & Nisrina, N. (2023). Penyuluhan Peran Laboratorium dan Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Education and Community Services, 3(2), 75-82. http://orcid.org/0000-0001-8546-0150

Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe tgt sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Wulandari, A., & Ningsih, K. (2023). Meningkatkan Minat Belajar IPA melalui Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(2), 130-142.

Published

2025-08-05

How to Cite

Santoso, F. D. N. I., & Darnanengsih, D. (2025). Hubungan Pemahaman Konsep dengan Partisipasi dalam Kegiatan Praktikum IPA bagi Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1134–1143. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6285

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.