Analisis Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5678Keywords:
Analisis, Profesionalisme Guru, Kompetensi Guru, Kualitas PembelajaranAbstract
Profesionalisme guru merupakan faktor kunci dalam menentukan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan, sehingga pemahaman mendalam terhadap empat aspek kompetensi guru sangat penting untuk merancang strategi peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan dan relevan dengan tantangan zaman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis profesionalisme guru dalam empat aspek utama, yaitu pedagogik, profesionalisme, sosial, dan kepribadian. Metode yang digunakan yakni studi literatur dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, dimana data diperoleh dari berbagai jurnal akademik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa setiap aspek kompetensi pada guru memiliki karakteristik yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Kompetensi pedagogik berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengajar, menyusun perencanaan pembelajaran, dan mengevaluasi siswa. Kompetensi profesional mencerminkan penguasaan materi dan penerapan teknologi dalam pembelajaran. Kompetensi sosial menggambarkan interaksi guru dengan siswa, orang tua, dan rekan kerja, sementara kompetensi kepribadian mencerminkan dedikasi, etika dan tanggung jawab guru dalam menjalankan tugasnya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan pengelompokkan dan analisis data dari berbagai sumber untuk memperoleh gambaran komprehensif mengenai tingkat kompetensi guru. Penelitian ini menekankan bahwa kompetensi kepribadian menjadi faktor dominan dalam keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan harus diimbangi dengan pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan dan penguatan kompetensi pedagogik, profesional, serta sosial yang lebih optimal.
Downloads
References
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Amin, A. (2019). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Dengan Interaksi Edukatif Dalam Perspektif Peserta Didik. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 78–86. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.175
Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pembelajaran dengan variabel control latar belakang pendidikan guru. 3(1).
Araniri, N. (2018). Kompetensi profesional guru agama dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1, March), 75-83. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v4i1.50
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 122-130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D. A. N., & Yenti, S. (2022). Membangun guru yang profesional melalui pengembangan profesionalisme guru dalam penerapan profesinya. Jurnal Basicedu, 6(3), 5362-5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2878
Hamid, A. (2020). Profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 1-17.
Helmi, J. (2015). Kompetensi profesionalisme guru. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 7(2), 318-336. https://doi.org/10.35445/alishlah.v7i2.43
Husaini, R. (2018). Pembinaan Profesionalisme Guru. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 8(2). https://doi.org/10.18592/jtipai.v8i2.2541
Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen pengembangan kompetensi profesional guru. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1). https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283
Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan profesionalisme guru melalui inovasi pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348
Lazwardi, D. (2016). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2). https://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v6i2.804
Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49-55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93
Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal kependidikan, 7(1), 127-140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957
Nur, S., & Mardiah, M. (2020). Pentingnya profesionalisme guru dalam pendidikan. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 215-228. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245
Risdiany, H. (2021). Pengembangan profesionalisme guru dalam mewujudkan kualitas pendidikan di indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 194-202. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i2.1236
Rois, M., Candra, A. T., Irawan, L., & Santoso, D. A. (2024). Perbedaan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Negeri dan Swasta. MUTIARA PGSD, 1(1), 30-35. https://doi.org/10.63440/mutiarapgsd.v1i1.8
Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh disiplin dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(3), 200-205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital: Tantangan dan peluang. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 9(1), 65-75. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555
Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(02), 65-73. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.73
Satriadi, A., Wilian, S., & Syuaib, M. Z. (2016). Peran Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMAN 2 Selong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v1i2.16
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Sutiono, D. (2021). Profesionalisme Guru. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 16-25. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1569
Yunus, M. (2016). Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112-128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.