Evaluasi Program Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Kelompok Kerja Guru dengan Model CIPP di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Beji Kota Depok

Authors

  • Khairani Putri Utami Universitas Terbuka
  • Isfarudi Isfarudi Universitas Terbuka
  • Amalia Sapriati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5892

Keywords:

Evaluasi, Pengembangan Profesional Guru, Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Guru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya konsistensi pelaksanaan KKG dan keterbatasan dalam penerapan hasil pelatihan ke praktik pembelajaran, yang menghambat optimalisasi peran KKG dalam pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas program pengembangan profesional guru melalui KKG di Gugus Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Beji, Kota Depok. Penelitian ini merupakan evaluatif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Stufflebeam. Subjek penelitian meliputi ketua dan pengurus gugus dan KKG, kepala sekolah, serta guru dari enam SD. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi pada November–Desember 2024 di SD Negeri Beji 1. Keabsahan data dijamin melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KKG telah sesuai dengan kebutuhan pengembangan profesional guru dan mendapat dukungan dari pemangku kepentingan. Dari aspek input, program memiliki struktur organisasi yang jelas, peserta aktif, serta narasumber kompeten, meskipun sarana dan prasarana perlu ditingkatkan. Proses pelaksanaan berlangsung sistematis, tetapi monitoring dan evaluasi (Monev) masih kurang optimal. Program KKG berkontribusi positif terhadap peningkatan kompetensi guru, meski tantangan dalam implementasi materi di kelas masih ada. Oleh karena itu, pendekatan berbasis praktik, kolaboratif, dan reflektif perlu diterapkan. Rekomendasi pengembangan meliputi optimalisasi sarana prasarana, peningkatan kualitas Monev, penguatan pembelajaran praktik, keterlibatan aktif peserta, dan pemanfaatan teknologi. Pembaruan ini diharapkan memperkuat efektivitas KKG dalam mendukung pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, L. H., Candiasa, I. M., Lede, Y. U., Bayangkari, B., & Prijanto, J. H. (2022). The Strategy for Improving Teachers Performance Through Teacher Work Group (Kkg) as Professional Learning Community. Jurnal Education and Development, 10(3), 401–407. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.4173

Anggraeni, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Serdang Kulon IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 546–553. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1269

Arifin, H. Z. (2019). Evaluasi Program: Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan NonPendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Aristya, S. (2023). CIPP: Implementation of the Educational Evaluation Model. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 5(1), 72–81. https://doi.org/https://doi.org/10.52647/jep.v5i1.84

Chuang, N. C., & Ting, Y. K. (2021). School-Based Professional Learning Communities as a Means for Curriculum Development: A Case Study from Taiwan. International Journal of Research in Education and Science, 7(4), 1184-1210.

Greenier, V., Liu, X., & Xiao, Y. (2024). Creative translanguaging in formative assessment: Chinese teachers’ perceptions and practices in the primary EFL classroom. Applied Linguistics Review, 15(5), 1861–1885. https://doi.org/10.14746/ssllt.2021.11.2.5

Hapizoh, H., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 168. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3764

Harmawati, K., Nurdin, T., Taqwa, T., Santaria, R., Masruddin, M., &. (2021). Peran Pelatihan dan Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SD di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Didaktika, 10(1), 3–4. https://doi.org/10.58230/27454312.61

Indriasari, B. B. (2018). Evaluasi Program Kelompok Kerja Guru Gugus Mawar Kecamatan Belitang III Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 107–111. https://doi.org/10.21009/JEP.092.01

Indriawati, P. (2023). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam pengembangan keprofesionalan guru di Madrasah. Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 73–77. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.9075

Juwairiyah, J., & Ashari, A. (2023). Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Membina Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Hamdi Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(4), 01–14. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i4.440

Kolleck, N., Schuster, J., Hartmann, U., & Gräsel, C. (2021). Teachers’ professional collaboration and trust relationships: An inferential social network analysis of teacher teams. Research in Education, 111(1), 89–107. https://doi.org/10.1177/00345237211031585

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Kurniawati, E. W. (2020). Evaluasi Program pendidikan perspektif model CIPP (context, input, process, product). GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v5i3.168

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Mulyasa, E. (2013). Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. Remaja Rosyda karya.

Munawir, M., Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). Kinerja Guru Profesional Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 8. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6251

Mutmainnah, M., Subandi, M., Arief, I., Simbolon, S., & Suharyatun, S. (2023). Analysis of the Relationship Between Development of Teacher’s Pedagogic Competence Through Work Group Effectiveness. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2095–2099.

Nasution. (2021). Menjadi Guru Profesional. Prenada media.

Nurhikmah, I., Widyasari, W., & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 56–63.

Pradewo, B. (2021). Skor atau nilai kompetensi guru di Indonesia masih perlu ditingkatkan.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 08, 238–244. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Rafli, Z. (2021). Implementasi Program Lesson Study Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Evaluasi Di Universitas Cokroaminoto Palopo). http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20916

Rasyid, Harun Al. (2015). Fungsi Kelompok Kerja Guru (KKG) Bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang, 6(19), 143–150. https://core.ac.uk/download/pdf/287322916.pdf

Risdiany, H., & Herlambang, Y. T. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 265–281. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.434

Rohimat, S., Sanusi, S., & Munthahanah, M. (2022). Diseminasi Platform Merdeka Mengajar Untuk Guru Sma Negeri 6 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2035

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.

Sari, A. D. P., Ahadin, & Fauzi. (2023). Kendala Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research, 8(2), 60–68. https://doi.org/10.24815/primary.v8i2.23528

Suheriyantini, S., Al Idrus, A., Asrin, A., Fahruddin, F., & Hakim, M. (2023). Pengelolaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Memperbaiki Kompetensi Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, 7(1), 22–30. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i1.507

Sukirman. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 206–211.

Supriatna, I., & Lusa, H. (2023). Pendampingan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Di Kecamatan Hulu Palik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 4, 104–110.

Supriyadi, S., Chamariyah, C., & Utari, W. (2023). Pengaruh Faktor Pendidikan, Pelatihan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru SMA Negeri I Torjun Kabupaten Sampang. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik, 6(1), 83–92. https://doi.org/10.37504/map.v6i1.508

Sutiono, D. (2021). Profesionalisme Guru. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 16–25. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1569

Vatria, B. (2020). Evaluasi Keberlanjutan Mata Pencaharian Nelayan Gillnet Melalui Pendekatan Teknik Rapfish. Manfish Journal, 1(02), 115–128. https://doi.org/10.31573/manfish.v1i02.171

Published

2025-06-01

How to Cite

Utami, K. P., Isfarudi, I., & Sapriati, A. (2025). Evaluasi Program Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Kelompok Kerja Guru dengan Model CIPP di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Beji Kota Depok. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 643–660. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5892

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.