Evaluasi Program Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Kelompok Kerja Guru dengan Model CIPP di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Beji Kota Depok
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5892Keywords:
Evaluasi, Pengembangan Profesional Guru, Kelompok Kerja Guru, Kompetensi GuruAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya konsistensi pelaksanaan KKG dan keterbatasan dalam penerapan hasil pelatihan ke praktik pembelajaran, yang menghambat optimalisasi peran KKG dalam pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas program pengembangan profesional guru melalui KKG di Gugus Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Beji, Kota Depok. Penelitian ini merupakan evaluatif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Stufflebeam. Subjek penelitian meliputi ketua dan pengurus gugus dan KKG, kepala sekolah, serta guru dari enam SD. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi pada November–Desember 2024 di SD Negeri Beji 1. Keabsahan data dijamin melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KKG telah sesuai dengan kebutuhan pengembangan profesional guru dan mendapat dukungan dari pemangku kepentingan. Dari aspek input, program memiliki struktur organisasi yang jelas, peserta aktif, serta narasumber kompeten, meskipun sarana dan prasarana perlu ditingkatkan. Proses pelaksanaan berlangsung sistematis, tetapi monitoring dan evaluasi (Monev) masih kurang optimal. Program KKG berkontribusi positif terhadap peningkatan kompetensi guru, meski tantangan dalam implementasi materi di kelas masih ada. Oleh karena itu, pendekatan berbasis praktik, kolaboratif, dan reflektif perlu diterapkan. Rekomendasi pengembangan meliputi optimalisasi sarana prasarana, peningkatan kualitas Monev, penguatan pembelajaran praktik, keterlibatan aktif peserta, dan pemanfaatan teknologi. Pembaruan ini diharapkan memperkuat efektivitas KKG dalam mendukung pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan
Downloads
References
Affandi, L. H., Candiasa, I. M., Lede, Y. U., Bayangkari, B., & Prijanto, J. H. (2022). The Strategy for Improving Teachers Performance Through Teacher Work Group (Kkg) as Professional Learning Community. Jurnal Education and Development, 10(3), 401–407. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.4173
Anggraeni, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Serdang Kulon IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 546–553. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1269
Arifin, H. Z. (2019). Evaluasi Program: Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan NonPendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Aristya, S. (2023). CIPP: Implementation of the Educational Evaluation Model. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 5(1), 72–81. https://doi.org/https://doi.org/10.52647/jep.v5i1.84
Chuang, N. C., & Ting, Y. K. (2021). School-Based Professional Learning Communities as a Means for Curriculum Development: A Case Study from Taiwan. International Journal of Research in Education and Science, 7(4), 1184-1210.
Greenier, V., Liu, X., & Xiao, Y. (2024). Creative translanguaging in formative assessment: Chinese teachers’ perceptions and practices in the primary EFL classroom. Applied Linguistics Review, 15(5), 1861–1885. https://doi.org/10.14746/ssllt.2021.11.2.5
Hapizoh, H., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 168. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3764
Harmawati, K., Nurdin, T., Taqwa, T., Santaria, R., Masruddin, M., &. (2021). Peran Pelatihan dan Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SD di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Didaktika, 10(1), 3–4. https://doi.org/10.58230/27454312.61
Indriasari, B. B. (2018). Evaluasi Program Kelompok Kerja Guru Gugus Mawar Kecamatan Belitang III Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 107–111. https://doi.org/10.21009/JEP.092.01
Indriawati, P. (2023). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam pengembangan keprofesionalan guru di Madrasah. Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 73–77. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.9075
Juwairiyah, J., & Ashari, A. (2023). Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Membina Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Hamdi Rembang Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(4), 01–14. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i4.440
Kolleck, N., Schuster, J., Hartmann, U., & Gräsel, C. (2021). Teachers’ professional collaboration and trust relationships: An inferential social network analysis of teacher teams. Research in Education, 111(1), 89–107. https://doi.org/10.1177/00345237211031585
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Kurniawati, E. W. (2020). Evaluasi Program pendidikan perspektif model CIPP (context, input, process, product). GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v5i3.168
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Mulyasa, E. (2013). Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. Remaja Rosyda karya.
Munawir, M., Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). Kinerja Guru Profesional Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 8. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6251
Mutmainnah, M., Subandi, M., Arief, I., Simbolon, S., & Suharyatun, S. (2023). Analysis of the Relationship Between Development of Teacher’s Pedagogic Competence Through Work Group Effectiveness. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2095–2099.
Nasution. (2021). Menjadi Guru Profesional. Prenada media.
Nurhikmah, I., Widyasari, W., & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 56–63.
Pradewo, B. (2021). Skor atau nilai kompetensi guru di Indonesia masih perlu ditingkatkan.
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 08, 238–244. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Rafli, Z. (2021). Implementasi Program Lesson Study Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Evaluasi Di Universitas Cokroaminoto Palopo). http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20916
Rasyid, Harun Al. (2015). Fungsi Kelompok Kerja Guru (KKG) Bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang, 6(19), 143–150. https://core.ac.uk/download/pdf/287322916.pdf
Risdiany, H., & Herlambang, Y. T. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 265–281. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.434
Rohimat, S., Sanusi, S., & Munthahanah, M. (2022). Diseminasi Platform Merdeka Mengajar Untuk Guru Sma Negeri 6 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2035
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.
Sari, A. D. P., Ahadin, & Fauzi. (2023). Kendala Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research, 8(2), 60–68. https://doi.org/10.24815/primary.v8i2.23528
Suheriyantini, S., Al Idrus, A., Asrin, A., Fahruddin, F., & Hakim, M. (2023). Pengelolaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Memperbaiki Kompetensi Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, 7(1), 22–30. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i1.507
Sukirman. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 4(1), 206–211.
Supriatna, I., & Lusa, H. (2023). Pendampingan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Di Kecamatan Hulu Palik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 4, 104–110.
Supriyadi, S., Chamariyah, C., & Utari, W. (2023). Pengaruh Faktor Pendidikan, Pelatihan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru SMA Negeri I Torjun Kabupaten Sampang. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik, 6(1), 83–92. https://doi.org/10.37504/map.v6i1.508
Sutiono, D. (2021). Profesionalisme Guru. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 16–25. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1569
Vatria, B. (2020). Evaluasi Keberlanjutan Mata Pencaharian Nelayan Gillnet Melalui Pendekatan Teknik Rapfish. Manfish Journal, 1(02), 115–128. https://doi.org/10.31573/manfish.v1i02.171
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Khairani Putri Utami, Isfarudi Isfarudi, Amalia Sapriati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.