Karakteristik Hubungan Guru dan Siswa Sekolah Dasar Terhadap Motivasi, Partisipasi, dan Pencapaian Akademis
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3213Keywords:
Hubungan Guru Siswa, Motivasi Belajar, Partisipasi, Pencapaian AkademisAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya hubungan antara guru dan siswa di SDN 011 Sangatta Utara dalam konteks pendidikan dasar yang berdampak signifikan terhadap motivasi belajar, partisipasi aktif, dan prestasi akademik siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana hubungan guru dan siswa mempengaruhi motivasi belajar, partisipasi aktif dan prestasi akademik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dinamika hubungan guru-siswa dan dampaknya terhadap pengalaman belajar siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan deskriptif jenis penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara sistematis dan semi terstruktur, dan Teknik ini digunakan untuk menganalisis data kualitatif, seperti wawancara, observasi, atau analisis dokumen. Ini mencakup metode seperti analisis konten, analisis naratif, dan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola, tema, dan makna dalam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan positif guru-siswa di sekolah berdampak signifikan terhadap motivasi belajar, partisipasi siswa, dan prestasi akademik, serta menciptakan suasana positif dalam lingkungan belajar. Temuan tersebut juga menegaskan bahwa keterkaitan hubungan guru-siswa di tidak hanya menciptakan suasana positif dalam lingkungan pembelajaran, tetapi juga membentuk landasan yang kokoh bagi motivasi belajar yang berkelanjutan, partisipasi aktif, dan prestasi akademik yang memuaskan. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang hubungan guru-siswa dan dampaknya terhadap pengalaman belajar siswa, sekaligus menggabungkan dan mensintesis penelitian yang sudah ada.
Downloads
References
Ahmad, L. I. (2017). Konsep penilaian kinerja guru dan faktor yang mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133.
Aini, A., & Hadi, A. (2023). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 208-224. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104
Al-Kansa, B. B., Agustini, S., & Pertiwi, P. I. (2023). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 683-687. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10860
Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11-21. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515.
Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023). PENGARUH REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS 1 SDN CINANGGUNG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2456-2472. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2204
Aswindirno, A., Sukmawati, S., & Suib, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik dan Partisipasi Guru dalam KKG Terhadap Kompetensi Profesional Guru SD Kecamatan Sajad. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(11). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i11.22981
Awwaliyah, R. (2019). Pendekatan pengelolaan kurikulum dalam menciptakan sekolah unggul. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 35-52. https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2219.
Azis, N., & Amiruddin, A. (2020). Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(01), 56-74. https://doi.org/10.26618/jtw.v5i01.3344
Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40-47. http://dx.doi.org/10.29210/120182136
Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68-85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492-2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113
Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129-139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Juliana, J., Musdiani, M., & Zahraini, Z. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar (SD) Negeri Gugus Sihoum Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 807-819. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.830
Junindra, A., Nasti, B., Rusdinal, R., & Gistituati, N. G. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 10(1), 88-94. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.124
Karmelia, B., & Ratmiwati, R. (2023). Motivasi Dan Semangat Belajar Pada Pendidikan Budaya Melayu Riau Di SDN 011 Bukit Kapur Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(6), 279-287. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i6.514
Karwati, W. (2019). Supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru sdn santaka kecamatan cimanggung dalam melaksanakan standar proses tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 6(1), 41-97. https://doi.org/10.17509/jppd.v6i1.21522
Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Deepublish.
Magdalena, M., & Sanoto, H. (2022). Peran Supervisi Akademik Dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3270-3278. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6022
Nurpuspitasari, D., Sumardi, S., Hidayat, R., & Harijanto, S. (2019). Efektivitas pembelajaran ditinjau dari supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 762-769. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.962
Permatasari, D., Haryati, S., & Zuhairi, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Capaian Kompetensi Kognitif Siswa Sekolah Dasar pada Masa Belajar dari Rumah. Jurnal basicedu, 6(1), 1107-1115. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2180
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106-113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8
Rahmat, A., & Husain, R. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Zahir Publishing.
Ridho, M. A. (2019). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah efektif di sekolah dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 3(2), 114-129. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129
Rizkiyah, N. (2023). Pengaruh Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 1(2), 246-250. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2177
Ruslan, A., Pranata, K., Azizah, N., & Fatayan, A. (2022). Analisis Peran Guru dalam Implementasi Nilai-Nilai Karakter melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(6), 9908-9916. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4128
Shella, S., & Dariyo, A. (2016). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Keterlibatan Orangtua Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Psikogenesis, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.518
Sholeh, M. I. (2023). Pengakuan dan reward dalam manajemen sdm untuk meningkatkan motivasi guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212-234. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i4.41
Siten, A. D. (2023). Patisipasi Orang tua dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung pada Anak SD Kelas Awal di Pendidikan Luar Sekolah. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5704-5712. https://doi.org/10.56799/jim.v2i12.2452
Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran Pai Tingkat Pendidikan Dasar Di Era Pandemi Covid-19. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 1-16. https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v7i2.2073
Supriatna, E., Dhuhani, E. M., & Ahyani, E. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Terhadap Prestasi Siswa: Pendekatan Manajemen Pendidikan yang Efektif. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 157-168. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.574
Wahyuni, H. I., & Budiman, A. (2024). Pola Manejemen Kelas Guru Sekolah Dasar Di Kota Surabaya Terhadap Persoalan Motivasi Belajar Siswa Rendah. Anterior Jurnal, 23(1), 91-96. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.6424
Wardany, E. P. K., & Rigianti, H. A. (2023). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 250-261. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.541
Yasin, M., & Nasution, F. R. (2022). Pola Interaksi Sosial Guru Terhadap Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Muara Wahau. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 298-305. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i3.854
Yulianti, R. P., Siregar, E. S., & Hidayat, I. M. (2022). Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan kognitif terhadap kinerja siswa. Jurnal Ilmiah Korpus, 6(2), 117-128. https://doi.org/10.33369/jik.v6i2.23411
Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230-244. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.