Pengaruh Pengaruh Computer Knowledge dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMKN 1 Kemlagi pada Elemen Spreadsheet dengan Fasilitas Laboratorium Komputer sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Prita Wanda Kusniawati Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Listiadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6529

Keywords:

Computer Knowledge, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Fasilitas, Laboratorium Komputer

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah perlunya penguatan pengetahuan komputer dan kecerdasan emosional siswa untuk mendukung pencapaian hasil belajar, khususnya pada elemen spreadsheet yang sangat relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh computer knowledge dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas X AK di SMK Negeri 1 Kemlagi, serta menelaah peran fasilitas laboratorium komputer sebagai variabel moderasi dalam hubungan tersebut. Pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto digunakan dalam penelitian ini, di mana data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi nilai akademik siswa, lalu dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa computer knowledge berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0,018 (p < 0,05), dan kecerdasan emosional juga berpengaruh signifikan dengan signifikansi 0,020 (p < 0,05). Namun, fasilitas laboratorium komputer tidak terbukti berperan sebagai variabel moderasi, baik pada hubungan computer knowledge (signifikansi moderasi 0,324; p > 0,05), maupun kecerdasan emosional (signifikansi moderasi 0,429; p > 0,05) terhadap hasil belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan pengetahuan komputer dan kecerdasan emosional dalam pembelajaran, sementara peningkatan fasilitas laboratorium komputer perlu diimbangi dengan pengembangan kedua aspek tersebut untuk mendukung hasil belajar siswa secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Rayhan Zakaria. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Mediasi. 4(1), 88–95.

Aryadi, R. G., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh nilai pengantar akuntansi computer attitude terhadap hasil belajar komputer akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 18(3), 524–531. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.9796

Benu, T. I. A., & Nugroho, P. I. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 224. https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.32829

Bethari, W. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Moderator Fasilitas Belajar dalam Mata Pelajaran Ekonomi. UPI, 1–9. https://core.ac.uk/download/pdf/346340813.pdf

Csernoch, M., & Biró, P. (2019). Are digital natives spreadsheet natives? Cornell University. https://doi.org/10.48550/arXiv.1909.00865

Fathimatuzzaro, S., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring, Tingkat Pendidikan Orangtua Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 190–199. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p190-199

Hardiansyah, V. D., & Listiadi, A. (2018). Computer Anxiety Dan Computer Attitude Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 10. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(3), 303–307. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/26128

Hutasuhut, S., & Reni, I. S. (2021). Mediasi Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Akademik Pada Peningkatan Kinerja Akademik Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 35–50. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p35-50

Indianto, W., Anriva, D. H., & Hardilawati, W. laura. (2020). The Influence of emotional intelligence, learning facilities, and lecturer competences on academic achievement of accounting students. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(2), 281–289. https://doi.org/10.37859/jae.v10i2.2345

Jariya, F. A., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dasar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Manufaktur dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3085–3096. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2507

Lestari, D. R., & Listiadi, A. (2022). Peran Motivasi Belajar Dalam Memediasi Lingkungan Keluarga Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(3), 304–314. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n3.p304-314

Normayulia Herlambang, D. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus (Penelitian Kuantitatif Ex Post Facto Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Islam Tirtayasa Serang Banten) (Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4699

Rahmah, L., & Rochmawati, R. (2023). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Akuntansi, Pengantar Akuntansi, dan Computer Knowledge Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Dengan Intensitas Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 105–121. https://doi.org/10.47080/progress.v6i2.2619

Ramadhani, A. P., & Bahtiar, M. D. (2024). Peran Cse Dalam Memoderasi Pengaruh Computer Knowledge, Motivasi Belajar, Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Spreadsheet. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(2), 409–420. https://doi.org/10.31932/jpe.v9i2.3619

Rosail, D. A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning , Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi SMKN 2 Kota Kediri. 7(1), 324–336. https://doi.org/DOI:10.28926/briliant.v7i2.965

Setiawan, D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Computer Knowledge, Computer Anxiety, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran SpreadSheet. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15(1), 29–38. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.18532

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Weti, N. M., & Syah, M. F. J. (2024). Computer Knowledge and Anxiety in Student Learning Outcome: The Role of Learning Motivation as Mediator. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 735–742. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.950

Widhiastuti, N. L. P., Saputra, I. P. M., & Putra, I. P. M. J. S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Pengetahuan, Dan Pelatihan Sistem Informasi Berbasis Komputer Pada Kinerja Individual Di Pt. Pegadaian (Persero) Kabupaten Badung. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 3(2). https://doi.org/10.23887/jia.v3i2.16640

Wulandari, N., & Rohayati, S. (2015). Pengaruh Computer Knowledge, Computer Attitude, dan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32744

Yuliana, Y., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Pemahaman Siklus Akuntansi, Computer Attitude, Intensitas Latihan Soal dan E-Learning terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 104–115. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p104-115

Yulihanita, A. (2023). Pengaruh Computer Anxiety Dan Pemahaman Akuntansi Dengan Moderasi Fasilitas Laboratorium. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 17, 219–229. https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.41637

Published

2025-07-30

How to Cite

Kusniawati, P. W., & Listiadi, A. (2025). Pengaruh Pengaruh Computer Knowledge dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMKN 1 Kemlagi pada Elemen Spreadsheet dengan Fasilitas Laboratorium Komputer sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1050–1060. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6529

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.