Pengaruh Pengaruh Computer Knowledge dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AK SMKN 1 Kemlagi pada Elemen Spreadsheet dengan Fasilitas Laboratorium Komputer sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6529Keywords:
Computer Knowledge, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Fasilitas, Laboratorium KomputerAbstract
Urgensi dari penelitian ini adalah perlunya penguatan pengetahuan komputer dan kecerdasan emosional siswa untuk mendukung pencapaian hasil belajar, khususnya pada elemen spreadsheet yang sangat relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh computer knowledge dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas X AK di SMK Negeri 1 Kemlagi, serta menelaah peran fasilitas laboratorium komputer sebagai variabel moderasi dalam hubungan tersebut. Pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto digunakan dalam penelitian ini, di mana data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi nilai akademik siswa, lalu dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa computer knowledge berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan signifikansi 0,018 (p < 0,05), dan kecerdasan emosional juga berpengaruh signifikan dengan signifikansi 0,020 (p < 0,05). Namun, fasilitas laboratorium komputer tidak terbukti berperan sebagai variabel moderasi, baik pada hubungan computer knowledge (signifikansi moderasi 0,324; p > 0,05), maupun kecerdasan emosional (signifikansi moderasi 0,429; p > 0,05) terhadap hasil belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan pengetahuan komputer dan kecerdasan emosional dalam pembelajaran, sementara peningkatan fasilitas laboratorium komputer perlu diimbangi dengan pengembangan kedua aspek tersebut untuk mendukung hasil belajar siswa secara optimal.
Downloads
References
Achmad Rayhan Zakaria. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Mediasi. 4(1), 88–95.
Aryadi, R. G., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh nilai pengantar akuntansi computer attitude terhadap hasil belajar komputer akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 18(3), 524–531. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.9796
Benu, T. I. A., & Nugroho, P. I. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 224. https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.32829
Bethari, W. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Moderator Fasilitas Belajar dalam Mata Pelajaran Ekonomi. UPI, 1–9. https://core.ac.uk/download/pdf/346340813.pdf
Csernoch, M., & Biró, P. (2019). Are digital natives spreadsheet natives? Cornell University. https://doi.org/10.48550/arXiv.1909.00865
Fathimatuzzaro, S., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Daring, Tingkat Pendidikan Orangtua Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 190–199. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p190-199
Hardiansyah, V. D., & Listiadi, A. (2018). Computer Anxiety Dan Computer Attitude Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 10. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(3), 303–307. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/26128
Hutasuhut, S., & Reni, I. S. (2021). Mediasi Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Akademik Pada Peningkatan Kinerja Akademik Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 35–50. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p35-50
Indianto, W., Anriva, D. H., & Hardilawati, W. laura. (2020). The Influence of emotional intelligence, learning facilities, and lecturer competences on academic achievement of accounting students. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(2), 281–289. https://doi.org/10.37859/jae.v10i2.2345
Jariya, F. A., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dasar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Manufaktur dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3085–3096. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2507
Lestari, D. R., & Listiadi, A. (2022). Peran Motivasi Belajar Dalam Memediasi Lingkungan Keluarga Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(3), 304–314. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n3.p304-314
Normayulia Herlambang, D. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Media Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus (Penelitian Kuantitatif Ex Post Facto Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Islam Tirtayasa Serang Banten) (Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4699
Rahmah, L., & Rochmawati, R. (2023). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Akuntansi, Pengantar Akuntansi, dan Computer Knowledge Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Dengan Intensitas Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 105–121. https://doi.org/10.47080/progress.v6i2.2619
Ramadhani, A. P., & Bahtiar, M. D. (2024). Peran Cse Dalam Memoderasi Pengaruh Computer Knowledge, Motivasi Belajar, Fasilitas Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Spreadsheet. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(2), 409–420. https://doi.org/10.31932/jpe.v9i2.3619
Rosail, D. A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning , Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi SMKN 2 Kota Kediri. 7(1), 324–336. https://doi.org/DOI:10.28926/briliant.v7i2.965
Setiawan, D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Computer Knowledge, Computer Anxiety, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran SpreadSheet. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15(1), 29–38. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.18532
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980
Weti, N. M., & Syah, M. F. J. (2024). Computer Knowledge and Anxiety in Student Learning Outcome: The Role of Learning Motivation as Mediator. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 735–742. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.950
Widhiastuti, N. L. P., Saputra, I. P. M., & Putra, I. P. M. J. S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Pengetahuan, Dan Pelatihan Sistem Informasi Berbasis Komputer Pada Kinerja Individual Di Pt. Pegadaian (Persero) Kabupaten Badung. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 3(2). https://doi.org/10.23887/jia.v3i2.16640
Wulandari, N., & Rohayati, S. (2015). Pengaruh Computer Knowledge, Computer Attitude, dan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32744
Yuliana, Y., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Pemahaman Siklus Akuntansi, Computer Attitude, Intensitas Latihan Soal dan E-Learning terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 104–115. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p104-115
Yulihanita, A. (2023). Pengaruh Computer Anxiety Dan Pemahaman Akuntansi Dengan Moderasi Fasilitas Laboratorium. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 17, 219–229. https://doi.org/10.19184/jpe.v17i2.41637
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Prita Wanda Kusniawati, Agung Listiadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.