Pengaruh Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan, Persepsi Profesi Guru dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNESA)
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1738Keywords:
Pengenalan Lapangan Persekolahan, Persepsi Profesi Guru, Efikasi Diri, Kesiapan Calon GuruAbstract
Kesiapan menjadi guru muncul oleh karena adanya keyakinan dari diri sendiri dan dikuatkan dengan beberapa faktor pelengkap lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk tahu akan pengaruh pengenalan lapangan persekolahan, persepsi terhadap profesi guru, efikasi diri dan kesiapan menjadi guru. Subyek riset ini yakni mahasiswa prodi pendidikan akuntansi UNESA tahun 2018. Riset ini berupa penelitian kuantitatif dan penelitiannya menggunakan metode regresi. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis datanya yaitu uji instrumen berupa uji validitas dan reliabilitas serta pengujian hipotesis berupa regresi linier berganda. Hasil penelitian menggunakan uji t yang mendapat kan nilai signifikansi variabel PLP sebesar 0,003, persepsi profesi guru sebesar 0,001, efikasi diri sebesar 0,000. Yang berarti secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru lantaran memiliki nilai signifikansi <0,05. Berikutnya hasil pengujian f menunjukan nilai signifikansi 0,000, hal itu berarti secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru.
Downloads
References
Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Kimia di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal. 5 (1).
Adi, I. P. P. (2015). Sistem Evaluasi dan Kesiapan Pelaksanaan PPL-REAL di Sekolah Mitra. Jurnal Pendidikan Indonesia (Vol 4, Issue 2).
Arikunto, S. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arisanti, D.A., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Regulasi Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Biaya Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07, 378-382.
Hardianti, E., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Pengenalan Lapangan Persekolahan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). Vol 9 No 1.
Indrianti, E. D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Kesejahteraan Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Pendidikan AKuntansi (JPAK).
Jiwong, Yuliani. (2013). Studi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan mahasiswa teknik sipil atma jaya yogyakarta untuk memasuki dunia kerja dibidang konstruksi. Skripsi Teknik Sipil. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Margi, I. K. (2013). Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Perspektif Darwinisme Sosial. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.
Puspitasari, W., & Asrori, A. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Keefektifan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1061-1078.
Rahmatika, F., & Susilowibowo, J. (2016). Pengaruh penguasaan akuntansi dasar, kosa kata bahasa inggris akuntansi dan efikasi diri terhadap hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4, 7.
Rani Mutia. (2018). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Pada Mahasiswa Kependidikan Di Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UPI.
Salmah, S. (2014). Kemampuan Mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pengelolaan Kelas. Dinamika Ilmu Vol. 14 No. 2.
Selvia Ivo A & Hilda R. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Prestasi Akademik terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa STAMBUK 2016 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. NIAGAWAN Vol 9 No 1.
Septiara, V. I., & Listiadi, A. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Efikasi diri dan Program Pengelolaan Pembelajaran (PPP) terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi 2015 Fakultas Ekonomi UNESA. Jurnal Pendidikan AKuntansi (JPAK). Vol 7 No 3.
Shinta, C., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), Minat Memasuki Dunia Kerja dan Penguasaan Pengetahuan (Materi Produktif) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Syandianingrum, A., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Mata Diklat Produktif Akuntansi dan Pengalaman Prakerin terhadap Kesiapan kerja dengan Variabel Moderasi Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK).
Thaba, A., & Baharuddin, M. R. (2022). Influence of Parental Attention, Self-Concept, and independent learning on Students' Learning Achievement in the Indonesian Language Subjects. Eurasian Journal of Educational Research, 97(97), 103-131.
Tim Penyusun. (2021). Pedoman PLP II. UNESA
Yuniasari, Moh. Djazari (2017). Pengaruh minat menjadi guru, Lingkungan keluarga dan Praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi mahasiswa Pendidikan AKuntansi Angkatan 2013 FE UNY. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.