Analisis Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Authors

  • Munawwir Munawwir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Yustia Shindy Irnanda Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Rochmattul Ilmiah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5678

Keywords:

Analisis, Profesionalisme Guru, Kompetensi Guru, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Profesionalisme guru merupakan faktor kunci dalam menentukan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan, sehingga pemahaman mendalam terhadap empat aspek kompetensi guru sangat penting untuk merancang strategi peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan dan relevan dengan tantangan zaman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis profesionalisme guru dalam empat aspek utama, yaitu pedagogik, profesionalisme, sosial, dan kepribadian. Metode yang digunakan yakni studi literatur dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, dimana data diperoleh dari berbagai jurnal akademik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa setiap aspek kompetensi pada guru memiliki karakteristik yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Kompetensi pedagogik berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengajar, menyusun perencanaan pembelajaran, dan mengevaluasi siswa. Kompetensi profesional mencerminkan penguasaan materi dan penerapan teknologi dalam pembelajaran. Kompetensi sosial menggambarkan interaksi guru dengan siswa, orang tua, dan rekan kerja, sementara kompetensi kepribadian mencerminkan dedikasi, etika dan tanggung jawab guru dalam menjalankan tugasnya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan pengelompokkan dan analisis data dari berbagai sumber untuk memperoleh gambaran komprehensif mengenai tingkat kompetensi guru. Penelitian ini menekankan bahwa kompetensi kepribadian menjadi faktor dominan dalam keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan harus diimbangi dengan pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan dan penguatan kompetensi pedagogik, profesional, serta sosial yang lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Amin, A. (2019). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Dengan Interaksi Edukatif Dalam Perspektif Peserta Didik. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 78–86. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.175

Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi pedagogik guru terhadap efektivitas pembelajaran dengan variabel control latar belakang pendidikan guru. 3(1).

Araniri, N. (2018). Kompetensi profesional guru agama dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1, March), 75-83. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v4i1.50

Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 122-130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D. A. N., & Yenti, S. (2022). Membangun guru yang profesional melalui pengembangan profesionalisme guru dalam penerapan profesinya. Jurnal Basicedu, 6(3), 5362-5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2878

Hamid, A. (2020). Profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 1-17.

Helmi, J. (2015). Kompetensi profesionalisme guru. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 7(2), 318-336. https://doi.org/10.35445/alishlah.v7i2.43

Husaini, R. (2018). Pembinaan Profesionalisme Guru. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 8(2). https://doi.org/10.18592/jtipai.v8i2.2541

Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen pengembangan kompetensi profesional guru. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1). https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan profesionalisme guru melalui inovasi pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348

Lazwardi, D. (2016). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2). https://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v6i2.804

Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49-55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93

Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal kependidikan, 7(1), 127-140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957

Nur, S., & Mardiah, M. (2020). Pentingnya profesionalisme guru dalam pendidikan. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 215-228. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.245

Risdiany, H. (2021). Pengembangan profesionalisme guru dalam mewujudkan kualitas pendidikan di indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 194-202. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i2.1236

Rois, M., Candra, A. T., Irawan, L., & Santoso, D. A. (2024). Perbedaan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Sekolah Dasar Negeri dan Swasta. MUTIARA PGSD, 1(1), 30-35. https://doi.org/10.63440/mutiarapgsd.v1i1.8

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh disiplin dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(3), 200-205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22

Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi pengembangan profesionalisme guru di era digital: Tantangan dan peluang. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 9(1), 65-75. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555

Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(02), 65-73. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.73

Satriadi, A., Wilian, S., & Syuaib, M. Z. (2016). Peran Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMAN 2 Selong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v1i2.16

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Sutiono, D. (2021). Profesionalisme Guru. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 16-25. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1569

Yunus, M. (2016). Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112-128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10

Published

2025-04-19

How to Cite

Munawwir, M., Irnanda, Y. S., & Ilmiah, R. (2025). Analisis Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 338–350. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5678

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.