Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengetahuan Komputer

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.1.1.2018.7

Keywords:

evaluasi pembelajaran, analisis soal, anates

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal ujian akhir semester ganjil  tahun 2016/2017 mata kuliah pengetahuan komputer di Universitas Cokroaminoto Palopo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ex-post facto dengan jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah soal ujian semester dan seluruh jawaban peserta didik pada ujian akhir semester ganjil  tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas yaitu kelas TI 1B, TI 1D, TI 1E, TI 1I dan Kelas Matematika 1A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates Versi 4 dan perhitungan manual dengan bantuan Program Ms Excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kesukaran soal ujian akhir semester mata kuliah Pengetahuan Komputer di Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2016/2017 menunjukkan bahwa soal yang termasuk kategori sukar berjumlah 5 soal (12.5%), soal yang termasuk kategori sedang berjumlah 23 soal (57.5%), dan soal yang termasuk kategori mudah berjumlah 12 soal (30%), dan daya beda soal ujian akhir semester ganjil mata Pengetahuan Komputer di Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2016/2017 menunjukkan bahwa soal dengan daya pembeda jelek berjumlah 18 soal (45%), soal dengan daya pembeda cukup berjumlah 16 soal (40%), soal dengan daya pembeda baik berjumlah 6 soal (15%) dan tidak ada soal dengan daya pembeda yang baik sekali (0%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Azwar, S. (1999). Dasar-dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bambang, S. (2012). Prinsip Asesmen & Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Mansyur. (2015). Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Nurgiantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang – Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 20, tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surapranata, S. (2004). Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: Rosda Karya.

Widoyoko, S. E. P. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulaiha, R. (2008). Analisis Soal Secara Manual. Jakarta: Puspendik.

Published

2018-10-16

How to Cite

Jusrianto, J., Zahir, A., & Megawati, M. (2018). Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengetahuan Komputer. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.30605/jsgp.1.1.2018.7

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.