Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengetahuan Komputer
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.1.1.2018.7Keywords:
evaluasi pembelajaran, analisis soal, anatesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal ujian akhir semester ganjil tahun 2016/2017 mata kuliah pengetahuan komputer di Universitas Cokroaminoto Palopo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ex-post facto dengan jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah soal ujian semester dan seluruh jawaban peserta didik pada ujian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas yaitu kelas TI 1B, TI 1D, TI 1E, TI 1I dan Kelas Matematika 1A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates Versi 4 dan perhitungan manual dengan bantuan Program Ms Excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kesukaran soal ujian akhir semester mata kuliah Pengetahuan Komputer di Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2016/2017 menunjukkan bahwa soal yang termasuk kategori sukar berjumlah 5 soal (12.5%), soal yang termasuk kategori sedang berjumlah 23 soal (57.5%), dan soal yang termasuk kategori mudah berjumlah 12 soal (30%), dan daya beda soal ujian akhir semester ganjil mata Pengetahuan Komputer di Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2016/2017 menunjukkan bahwa soal dengan daya pembeda jelek berjumlah 18 soal (45%), soal dengan daya pembeda cukup berjumlah 16 soal (40%), soal dengan daya pembeda baik berjumlah 6 soal (15%) dan tidak ada soal dengan daya pembeda yang baik sekali (0%).
Downloads
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Azwar, S. (1999). Dasar-dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bambang, S. (2012). Prinsip Asesmen & Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Mansyur. (2015). Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Nurgiantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan metode R & D. Bandung: Alfabeta.
Undang – Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 20, tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surapranata, S. (2004). Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: Rosda Karya.
Widoyoko, S. E. P. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zulaiha, R. (2008). Analisis Soal Secara Manual. Jakarta: Puspendik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.