Rancang Bangun Media Pembelajaran Français du Secrétariat Berbasis Media Sosial Instagram

Authors

  • Nisrina Naila Nasywa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iim Siti Karimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yadi Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5757

Keywords:

Media Pembelajaran, Français du Secrétariat, Media Sosial, Instagram, Rancang Bangun

Abstract

Instagram merupakan media sosial berbasis foto dan video yang penggunanya terbanyak di dunia. Seiring berkembangnya teknologi, kini Instagram dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa asing karena memiliki fitur yang menarik sehingga dapat diakses secara luas. Penelitian ini berfokus pada proses perancangan dan pengembangan media pembelajaran Français du Secrétariat (Bahasa Prancis kesekretariatan) berbasis media sosial Instagram. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih belum banyaknya penggunaan media sosial Instagram sebagai media pembelajaran Français du Secrétariat yang dapat diakses secara luas. Penelitian ini mendeskripsikan proses perancangan dan pengembangan media pembelajaran berbasis media sosial Instagram, pemilihan materi yang sesuai untuk disajikan secara digital, serta persepsi mahasiswa terhadap efektivitas media tersebut. Metode yang digunakan yaitu Research & Development (R&D) dengan model PPE (Planning, Production, Evaluation) oleh Richey & Klein (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media dirancang melalui analisis kebutuhan media, dan analisis kebutuhan materi, dilanjutkan dengan desain produk, dan mengunggahnya di Instagram @cours.du.secretaire. 2) Hasil evaluasi materi dan media dari penilai ahli (expert judgement) menunjukkan bahwa media layak untuk digunakan. 3) Diperoleh data yang menunjukkan 90,5% dari 14 mahasiswa menilai media pembelajaran ini efektif dan layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran Français du Secrétariat secara mandiri. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis Instagram ini memenuhi kriteria kelayakan untuk mendukung pembelajaran Français du Secrétariat secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. D., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Ananda, E. P. (2023). Daya minat dalam penggunaan bahasa Inggris dan pengaruhnya terhadap komunikasi masyarakat Indonesia. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 2(1). https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.664

Aprilyada, G., Zidan, M., nurlia, N., Nurlia, N., Ainunisa, R., & Widi, W. (2023). Peran Kajian Pustaka dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 165-173.

Asmara, J., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Development of learning media for the formation of characteristics based on the philosophy of science. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2).

Azahra, I. A., Karimah, I. S., & Racmadhany, A. (2024). Analisis kebutuhan bahan ajar pada mata kuliah Français de l’Hôtellerie et de la Restauration. Indonesian Research Journal on Education, 4(1). https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.916

Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis digital pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMK Atlantis Plus Depok. Jurnal Instruksional, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17

Hajar S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menumbuhkan Minat Siswa Terhadap Matematika Di Madrasah Aliyah. Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(3), 117–122. https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i3.326

Hussin, N. Z. (2011). Pelaksanaan pembelajaran pemahaman mendengar dalam kurikulum Bahasa Perancis di sekolah menengah di Malaysia. UM Students Repository.

Karimah, I. S., Amalia, F., Mutiarsih, Y., Hardini, T. I., Racmadhany, A., & Zuhdi, I. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Brosur Wisata Mahasiswa Level B1. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 156-168. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3162

Lathifah, S., Lustyantie, N., & Iskandar, I. (2022). Pemanfaatan media sosial (Facebook dan Instagram) sebagai pembelajaran komunikasi digital pada mata kuliah Bahasa Inggris Pariwisata di Politeknik Pariwisata Lombok. Media Bina Ilmiah, 17(2). https://doi.org/10.33578/mbi.v17i2.128

Lestari, H. D., & Putu Parmiti, D. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095

Lubis, J. P., Fitri, N. Z. N., & Ridwan, S. C. (2024). Pentingnya menguasai bahasa Inggris dan faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(1). 10.30997/karimahtauhid.v3i3.12553

Nesbit, J. C., & Li, J. (2004). Web-based tools for learning object evaluation. In Proceedings of the International Conference on Education and Information Systems: Technologies and Applications (Vol. 2, pp. 334-339).

Nurfadzilah, V., & Sudarmaji. (2022). Pengembangan e-modul berbasis media sosial Instagram pada pembelajaran gramatik Bahasa Jerman sebagai sumber belajar mandiri. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22661

Pardosi, A. S. (2021). Mengantar bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Internasionalisasi Bahasa Indonesia Perspektif Lintas Negara, 28.

Revola, Y. R. (2023). Implementasi Literasi Digital dalam Merancang Desain Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi Canva. KENDURI : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(3), 100-114. https://doi.org/10.62159/kenduri.v3i3.985

Richer, J. J. (2008). Le français sur objectifs spécifiques (FOS): une didactique spécialisée?. Synergies Chine, (3), 15-30. http://gerflint.fr/Base/Chine3/richer

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and development research: Methods, strategies, and issues. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203826034

Roni, R., Arsyad, A., Hermansyah, S. ., & Kahar, A. . (2023). Pelatihan Dan Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Itkes Muhammadiyah Sidrap. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7424–7428. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18969

Sadiyah, F., & Rezania, V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Pada Materi Ips Kelas Vi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4517-4534. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9068

Selfiana. (2019). Kompetensi minimal profesi sekretaris direksi di sepuluh perusahaan Indonesia. Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi, 16(2). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v16i2.27418

Septia, A., Agustina, E., Sabrina, I. D., Ilmi, L., Noor, M. N., Aura, R., Amanda, S. Alifiani, Y., Karina, Z. (2024). Strategi Humas Sekretariat DPRD Kota Bogor dalam Membuat Konten Instagram untuk Penyebaran Informasi Publik. HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 2(1), 39-52. https://doi.org/10.62180/75h3zv44

Siregar, N. S., & Deliani, M. K. (2023). Sosialisasi bahasa asing dalam bidang kepelabuhan dan kelautan sebagai peningkatan kualitas bahasa pada masyarakat pesisir di Pelabuhan Tanjung Tiram Provinsi Sumatera Utara. Journal of Maritime and Education, 5(2). https://doi.org/10.54196/jme.v5i2.114

Syahrial, I. T., & Putriekapuja, R. A. (2024). Rancangan ujian rating personel pemandu lalu lintas penerbangan berbasis online di Perum LPPNPI Cabang Denpasar. Aviation Business and Operations Journal, 1(2). https://doi.org/10.54147/jobp.v1i02.801

Thoriq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2020). Sosialisasi pentingnya menguasai bahasa Inggris bagi mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835

Tohaga, P. A., Karimah, I. S., & Amalia, F. (2024). Faktor-faktor pemilihan konsentrasi Français sur Objectifs Spécifiques pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Perancis UPI. Indonesian Research Journal on Education, 4(3). https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.923

Yamin, D. N. R., Hardini, T. I., Sopiawati, I., & Brebion, Y. (2023). Development of digital teaching materials through Instagram social media as an alternative media for learning Français du Tourisme. BARISTA: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 10(1). https://doi.org/10.34013/barista.v10i01.1325

Zahra, N. A. (2023). Peran sekretaris dalam dunia bisnis. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya, 2(1). https://doi.org/10.54371/jms.v2i2.290

Published

2025-05-08

How to Cite

Nasywa, N. N., Karimah, I. S., & Mulyadi, Y. (2025). Rancang Bangun Media Pembelajaran Français du Secrétariat Berbasis Media Sosial Instagram. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 457–470. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5757

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.