Rancang Bangun Media Pembelajaran Français du Secrétariat Berbasis Media Sosial Instagram
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5757Keywords:
Media Pembelajaran, Français du Secrétariat, Media Sosial, Instagram, Rancang BangunAbstract
Instagram merupakan media sosial berbasis foto dan video yang penggunanya terbanyak di dunia. Seiring berkembangnya teknologi, kini Instagram dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa asing karena memiliki fitur yang menarik sehingga dapat diakses secara luas. Penelitian ini berfokus pada proses perancangan dan pengembangan media pembelajaran Français du Secrétariat (Bahasa Prancis kesekretariatan) berbasis media sosial Instagram. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih belum banyaknya penggunaan media sosial Instagram sebagai media pembelajaran Français du Secrétariat yang dapat diakses secara luas. Penelitian ini mendeskripsikan proses perancangan dan pengembangan media pembelajaran berbasis media sosial Instagram, pemilihan materi yang sesuai untuk disajikan secara digital, serta persepsi mahasiswa terhadap efektivitas media tersebut. Metode yang digunakan yaitu Research & Development (R&D) dengan model PPE (Planning, Production, Evaluation) oleh Richey & Klein (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media dirancang melalui analisis kebutuhan media, dan analisis kebutuhan materi, dilanjutkan dengan desain produk, dan mengunggahnya di Instagram @cours.du.secretaire. 2) Hasil evaluasi materi dan media dari penilai ahli (expert judgement) menunjukkan bahwa media layak untuk digunakan. 3) Diperoleh data yang menunjukkan 90,5% dari 14 mahasiswa menilai media pembelajaran ini efektif dan layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran Français du Secrétariat secara mandiri. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis Instagram ini memenuhi kriteria kelayakan untuk mendukung pembelajaran Français du Secrétariat secara mandiri.
Downloads
References
Akbar, S. D., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Yogyakarta: Cipta Media.
Ananda, E. P. (2023). Daya minat dalam penggunaan bahasa Inggris dan pengaruhnya terhadap komunikasi masyarakat Indonesia. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 2(1). https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.664
Aprilyada, G., Zidan, M., nurlia, N., Nurlia, N., Ainunisa, R., & Widi, W. (2023). Peran Kajian Pustaka dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 165-173.
Asmara, J., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Development of learning media for the formation of characteristics based on the philosophy of science. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2).
Azahra, I. A., Karimah, I. S., & Racmadhany, A. (2024). Analisis kebutuhan bahan ajar pada mata kuliah Français de l’Hôtellerie et de la Restauration. Indonesian Research Journal on Education, 4(1). https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.916
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis digital pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMK Atlantis Plus Depok. Jurnal Instruksional, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17
Hajar S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menumbuhkan Minat Siswa Terhadap Matematika Di Madrasah Aliyah. Jurnal El-Hamra : Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(3), 117–122. https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i3.326
Hussin, N. Z. (2011). Pelaksanaan pembelajaran pemahaman mendengar dalam kurikulum Bahasa Perancis di sekolah menengah di Malaysia. UM Students Repository.
Karimah, I. S., Amalia, F., Mutiarsih, Y., Hardini, T. I., Racmadhany, A., & Zuhdi, I. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Brosur Wisata Mahasiswa Level B1. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 156-168. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3162
Lathifah, S., Lustyantie, N., & Iskandar, I. (2022). Pemanfaatan media sosial (Facebook dan Instagram) sebagai pembelajaran komunikasi digital pada mata kuliah Bahasa Inggris Pariwisata di Politeknik Pariwisata Lombok. Media Bina Ilmiah, 17(2). https://doi.org/10.33578/mbi.v17i2.128
Lestari, H. D., & Putu Parmiti, D. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095
Lubis, J. P., Fitri, N. Z. N., & Ridwan, S. C. (2024). Pentingnya menguasai bahasa Inggris dan faktor yang mempengaruhi kemampuan berbahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(1). 10.30997/karimahtauhid.v3i3.12553
Nesbit, J. C., & Li, J. (2004). Web-based tools for learning object evaluation. In Proceedings of the International Conference on Education and Information Systems: Technologies and Applications (Vol. 2, pp. 334-339).
Nurfadzilah, V., & Sudarmaji. (2022). Pengembangan e-modul berbasis media sosial Instagram pada pembelajaran gramatik Bahasa Jerman sebagai sumber belajar mandiri. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22661
Pardosi, A. S. (2021). Mengantar bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Internasionalisasi Bahasa Indonesia Perspektif Lintas Negara, 28.
Revola, Y. R. (2023). Implementasi Literasi Digital dalam Merancang Desain Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi Canva. KENDURI : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(3), 100-114. https://doi.org/10.62159/kenduri.v3i3.985
Richer, J. J. (2008). Le français sur objectifs spécifiques (FOS): une didactique spécialisée?. Synergies Chine, (3), 15-30. http://gerflint.fr/Base/Chine3/richer
Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and development research: Methods, strategies, and issues. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203826034
Roni, R., Arsyad, A., Hermansyah, S. ., & Kahar, A. . (2023). Pelatihan Dan Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Itkes Muhammadiyah Sidrap. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7424–7428. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18969
Sadiyah, F., & Rezania, V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Pada Materi Ips Kelas Vi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4517-4534. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9068
Selfiana. (2019). Kompetensi minimal profesi sekretaris direksi di sepuluh perusahaan Indonesia. Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi, 16(2). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v16i2.27418
Septia, A., Agustina, E., Sabrina, I. D., Ilmi, L., Noor, M. N., Aura, R., Amanda, S. Alifiani, Y., Karina, Z. (2024). Strategi Humas Sekretariat DPRD Kota Bogor dalam Membuat Konten Instagram untuk Penyebaran Informasi Publik. HUMANUS : Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 2(1), 39-52. https://doi.org/10.62180/75h3zv44
Siregar, N. S., & Deliani, M. K. (2023). Sosialisasi bahasa asing dalam bidang kepelabuhan dan kelautan sebagai peningkatan kualitas bahasa pada masyarakat pesisir di Pelabuhan Tanjung Tiram Provinsi Sumatera Utara. Journal of Maritime and Education, 5(2). https://doi.org/10.54196/jme.v5i2.114
Syahrial, I. T., & Putriekapuja, R. A. (2024). Rancangan ujian rating personel pemandu lalu lintas penerbangan berbasis online di Perum LPPNPI Cabang Denpasar. Aviation Business and Operations Journal, 1(2). https://doi.org/10.54147/jobp.v1i02.801
Thoriq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2020). Sosialisasi pentingnya menguasai bahasa Inggris bagi mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835
Tohaga, P. A., Karimah, I. S., & Amalia, F. (2024). Faktor-faktor pemilihan konsentrasi Français sur Objectifs Spécifiques pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Perancis UPI. Indonesian Research Journal on Education, 4(3). https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.923
Yamin, D. N. R., Hardini, T. I., Sopiawati, I., & Brebion, Y. (2023). Development of digital teaching materials through Instagram social media as an alternative media for learning Français du Tourisme. BARISTA: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 10(1). https://doi.org/10.34013/barista.v10i01.1325
Zahra, N. A. (2023). Peran sekretaris dalam dunia bisnis. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya, 2(1). https://doi.org/10.54371/jms.v2i2.290
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.