Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Kognitif Menggunakan iSpring Suite pada Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X Akuntansi SMKN 1 Kemlagi

Authors

  • Netty Elliya Husna Universitas Negeri Surabaya
  • Vivi Pratiwi Universitas Negeri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6528

Keywords:

Pengembangan, Evaluasi Pembelajaran Kognitif, iSpring Suite, Pembelajaran Etika Profesi

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pemanfaatan teknologi dalam proses evaluasi pembelajaran yang kurang optimal dalam aspek pemahaman dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran kognitif menggunakan iSpring Suite pada mata pelajaran Etika Profesi kelas X Akuntansi di SMKN 1 Kemlagi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli evaluasi dan ahli grafis untuk menilai kelayakan, serta implementasi pada siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Kemlagi digunakan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap alat evaluasi yang dikembangkan. Instrumen penelitian mencakup lembar telaah para ahli yang dianalisis secara kualitatif untuk memperoleh saran masukan, lembar validasi para ahli dan lembar respon peserta didik yang dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui kelayakan alat evaluasi yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat evaluasi yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli, praktis digunakan oleh guru, serta mendapat respon positif dari peserta didik. Hasil respon peserta didik menunjukkan bahwa siswa menunjukkan respon positif, menilai alat evaluasi ini interaktif, menarik, dan dapat meningkatkan motivasi peserta didik. Dengan demikian, pengembangan alat evaluasi ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2024). Interactive Multimedia Development Assisted by I Spring Suite 10 Integrated SETS (Science, Environment, Technology, Society) Approach to Improve High School Students' Critical Thinking Skill. Studies in Learning and Teaching, 5(2), 483-492. https://doi.org/10.46627/silet.v5i2.412

Ardianti, T. R., & Susanti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2879-2892. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2618

Astuti, A. T., & Istiyono, E. (2020). Development of assessment instruments to measure problem solving skills in senior high school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1440, No. 1, p. 012063). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012063

Aswirna, P. (2021). Development of assessment instruments assisted by iSpring quizmaker to measure students’ conceptual understanding. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2). https://doi.org/10.21831/jipi.vXiY.00001

Az-Zahra, I. B., & Rochmawati, R. (2024). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Kurikulum Merdeka Dengan Berbantuan Liveworksheet Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (e-Journal), 12(2), 317-330. http://dx.doi.org/10.24127/jp.v12i2.10872

Budiono, E. A., & Rochmawati, R. (2020). Pengembangan Permainan Accounting Maze Berbasis Android Sebagai Media Pengayaan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(1), 34-43. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n1.p34-43

Dinia, H. R., Lubis, C. Q., Moh. Zawawi, Umi Machmudah, Miftahul Huda, & Muhammad Hauzan Ariq Lubis. (2024). Developing Of Ispring Quiz Maker As An Evaluation Media In The Pragmatics Course. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 7(1). https://doi.org/10.22219/jiz.v7i1.31373

Farman, F., Anjelina, S., Putri, Q. T., Mardiah, N. A., & Sari, K. (2021). Pengembangan instrumen penilaian pembelajaran matematika berbasis ISpring Suite. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2040. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4288

Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101-106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106

Fitriani, F., Pratikto, H., Rahayu, W. P., & Prabowo, A. E. (2024). Pengembangan Instrumen Assessment Pembelajaran Hots Menggunakan iSpring Suite. Research and Development Journal of Education, 10(2), 695-707. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i2.23577

Hala, N. A. B., Blegur, I. K. S., & Garak, S. S. (2023). Pemanfaatan Powerpoint dan Ispring Suite Dalam Mendesain Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Tematik: Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 1(2), 39-45. https://doi.org/10.55210/tematik.v1i2.1193

Hengki, R., Sirih, M., & Darlian, L. (2022). Pengembangan Media Power Point Berbantu Aplikasi Ispring Suite 9 Sebagai Sumber Belajar Materi Sel Sekolah Menengah Atas. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 7(2), 78. https://doi.org/10.36709/ampibi.v7i2.24465

Khotimah, K. (2019). Pemanfaatan powerpoint terintegrasi dengan i-springpresenter sebagai media pembelajaran ICT. Eksponen, 9(1), 79-85. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.251

Meika, I., Selfiantika, L., Yunitasari, I., & Sujana, A. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aturan Sinus Dan Cosinus. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 128-139. https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i2.28430

Mutia, C. W., Nuraina, N., Hidayatsyah, H., Saputra, E., & Sinaga, N. A. (2024). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online Berbasis Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Matematika di MAN 3 Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 4(1), 19-27. https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.13790

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111-121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Prakoso, F. A., & Rochmawati, R. (2020). Pengembangan Media Evaluasi Berbasis Aplikasi Excel To Whatsapp. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 61-69. https://doi.org/10.23917/jpis.v30i2.10908

Purnamasari, A. (2015). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan wondershare quiz creator materi sistem penilaian persediaan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2).

Ramadhanti, K. P., & Solikhin, F. (2023). Pengembangan Alat Evaluasi Kognitif Berbasis Ispring Suite 9 Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. 7(1), 57–64.

Ridlo, M. F. (2019). Pengembangan Permainan Karansi (Karambol Akuntansi) Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Utang Jangka Pendek Kelas Xi Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2).

Rosidin, U., & Herliani, D. (2023). Development of Assessment Instruments in Project-Based Learning to Measure Students Scientific Literacy and Creative Thinking Skills on Work and Energy Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4484-4494. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.2421

Sakdiah, H., Lukman, I. R., & Muliani, M. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ispring Suite Dan Smart Apps Sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Sd Di Lhokseumawe Pada Era New Normal. Jurnal Vokasi, 6(2), 120-126. http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v6i2.3053

Sulistyorini, S., & Listiadi, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran Ispring Suite 10 berbasis android pada materi jurnal penyesuaian di SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2116-2126.

Published

2025-09-01

How to Cite

Husna, N. E., & Pratiwi, V. (2025). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Kognitif Menggunakan iSpring Suite pada Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X Akuntansi SMKN 1 Kemlagi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1177–1187. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6528

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.