Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Kognitif Menggunakan iSpring Suite pada Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X Akuntansi SMKN 1 Kemlagi
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6528Keywords:
Pengembangan, Evaluasi Pembelajaran Kognitif, iSpring Suite, Pembelajaran Etika ProfesiAbstract
Penelitian ini didasarkan pada pemanfaatan teknologi dalam proses evaluasi pembelajaran yang kurang optimal dalam aspek pemahaman dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran kognitif menggunakan iSpring Suite pada mata pelajaran Etika Profesi kelas X Akuntansi di SMKN 1 Kemlagi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli evaluasi dan ahli grafis untuk menilai kelayakan, serta implementasi pada siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Kemlagi digunakan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap alat evaluasi yang dikembangkan. Instrumen penelitian mencakup lembar telaah para ahli yang dianalisis secara kualitatif untuk memperoleh saran masukan, lembar validasi para ahli dan lembar respon peserta didik yang dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui kelayakan alat evaluasi yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat evaluasi yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli, praktis digunakan oleh guru, serta mendapat respon positif dari peserta didik. Hasil respon peserta didik menunjukkan bahwa siswa menunjukkan respon positif, menilai alat evaluasi ini interaktif, menarik, dan dapat meningkatkan motivasi peserta didik. Dengan demikian, pengembangan alat evaluasi ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran berbasis teknologi.
Downloads
References
Aisyah, S. (2024). Interactive Multimedia Development Assisted by I Spring Suite 10 Integrated SETS (Science, Environment, Technology, Society) Approach to Improve High School Students' Critical Thinking Skill. Studies in Learning and Teaching, 5(2), 483-492. https://doi.org/10.46627/silet.v5i2.412
Ardianti, T. R., & Susanti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2879-2892. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2618
Astuti, A. T., & Istiyono, E. (2020). Development of assessment instruments to measure problem solving skills in senior high school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1440, No. 1, p. 012063). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012063
Aswirna, P. (2021). Development of assessment instruments assisted by iSpring quizmaker to measure students’ conceptual understanding. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2). https://doi.org/10.21831/jipi.vXiY.00001
Az-Zahra, I. B., & Rochmawati, R. (2024). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Kurikulum Merdeka Dengan Berbantuan Liveworksheet Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (e-Journal), 12(2), 317-330. http://dx.doi.org/10.24127/jp.v12i2.10872
Budiono, E. A., & Rochmawati, R. (2020). Pengembangan Permainan Accounting Maze Berbasis Android Sebagai Media Pengayaan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(1), 34-43. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n1.p34-43
Dinia, H. R., Lubis, C. Q., Moh. Zawawi, Umi Machmudah, Miftahul Huda, & Muhammad Hauzan Ariq Lubis. (2024). Developing Of Ispring Quiz Maker As An Evaluation Media In The Pragmatics Course. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 7(1). https://doi.org/10.22219/jiz.v7i1.31373
Farman, F., Anjelina, S., Putri, Q. T., Mardiah, N. A., & Sari, K. (2021). Pengembangan instrumen penilaian pembelajaran matematika berbasis ISpring Suite. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2040. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4288
Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101-106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106
Fitriani, F., Pratikto, H., Rahayu, W. P., & Prabowo, A. E. (2024). Pengembangan Instrumen Assessment Pembelajaran Hots Menggunakan iSpring Suite. Research and Development Journal of Education, 10(2), 695-707. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i2.23577
Hala, N. A. B., Blegur, I. K. S., & Garak, S. S. (2023). Pemanfaatan Powerpoint dan Ispring Suite Dalam Mendesain Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Tematik: Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 1(2), 39-45. https://doi.org/10.55210/tematik.v1i2.1193
Hengki, R., Sirih, M., & Darlian, L. (2022). Pengembangan Media Power Point Berbantu Aplikasi Ispring Suite 9 Sebagai Sumber Belajar Materi Sel Sekolah Menengah Atas. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 7(2), 78. https://doi.org/10.36709/ampibi.v7i2.24465
Khotimah, K. (2019). Pemanfaatan powerpoint terintegrasi dengan i-springpresenter sebagai media pembelajaran ICT. Eksponen, 9(1), 79-85. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.251
Meika, I., Selfiantika, L., Yunitasari, I., & Sujana, A. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aturan Sinus Dan Cosinus. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 17(2), 128-139. https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v17i2.28430
Mutia, C. W., Nuraina, N., Hidayatsyah, H., Saputra, E., & Sinaga, N. A. (2024). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online Berbasis Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Matematika di MAN 3 Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 4(1), 19-27. https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.13790
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111-121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Prakoso, F. A., & Rochmawati, R. (2020). Pengembangan Media Evaluasi Berbasis Aplikasi Excel To Whatsapp. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 61-69. https://doi.org/10.23917/jpis.v30i2.10908
Purnamasari, A. (2015). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan wondershare quiz creator materi sistem penilaian persediaan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2).
Ramadhanti, K. P., & Solikhin, F. (2023). Pengembangan Alat Evaluasi Kognitif Berbasis Ispring Suite 9 Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. 7(1), 57–64.
Ridlo, M. F. (2019). Pengembangan Permainan Karansi (Karambol Akuntansi) Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Utang Jangka Pendek Kelas Xi Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2).
Rosidin, U., & Herliani, D. (2023). Development of Assessment Instruments in Project-Based Learning to Measure Students Scientific Literacy and Creative Thinking Skills on Work and Energy Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4484-4494. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i6.2421
Sakdiah, H., Lukman, I. R., & Muliani, M. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ispring Suite Dan Smart Apps Sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Sd Di Lhokseumawe Pada Era New Normal. Jurnal Vokasi, 6(2), 120-126. http://dx.doi.org/10.30811/vokasi.v6i2.3053
Sulistyorini, S., & Listiadi, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran Ispring Suite 10 berbasis android pada materi jurnal penyesuaian di SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2116-2126.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Netty Elliya Husna, Vivi Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.