Implementasi Media Audiovisual dalam Mengembangkan Minat Berkreasi Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Ninik Hariyanti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Nita Priyanti Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3141

Keywords:

Media Audiovisual, Minat, Berkreasi, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan perilaku minat kreatif pada siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Batam setelah penggunaan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan memfasilitasi pembelajaran berdasarkan minat bebas berkreasi dengan menggunakan media audiovisual. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) Cara memfasilitasi pembelajaran berdasarkan minat kreativitas anak adalah dengan memberikan kebebasan kepada anak dalam memilih penampilan kegiatan seni pertunjukan, memotivasi anak untuk mengikuti kegiatan pelatihan persiapan pertunjukan seni agar anak semangat mengikuti kegiatan pertunjukan seni, karena cocok penampilan yang mereka pilih sendiri, (2) Mengetahui media audiovisual sebagai sarana untuk mengembangkan minat berkreasi anak yaitu dengan menggunakan LCD proyektor pada saat anak berlatih lantunan, menari, senam dan kegiatan lainnya di pusat kebudayaan dalam rangka persiapan pertunjukan seni, (3) Mengetahui pelaksanaannya mengembangkan minat kreativitas anak, yaitu dengan kegiatan pertunjukan seni ini anak-anak senang dan berani tampil di panggung sampai akhir serta menunjukkan ekspresi baik gerak maupun wajahnya. Terdapat perubahan perkembangan anak setelah mengikuti kegiatan seni pertunjukan yaitu minat anak datang ke sekolah, keberanian berkreasi, mengemukakan pendapat, bercerita di depan kelas dan kemandirian anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, D. (2020). Hubungan Antara Minat Anak Mengikuti Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam dengan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 13-22.

Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2020). Efektivitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan gambar) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 814-822. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724

Budiarti, E., Susanti, A., Elliza, E., & Purwanti, E. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Video Pembelajaran untuk mengenalkan Konsep Bilangan Kelompok Usia 4-5 Tahun di TK Ceria Kabupaten Pasuruan. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1821-1838. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1821-1838.2023

Daniah Afandi. (2020). Hubungan Antara Minat Anak Mengikuti Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam dengan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal.

Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101-112. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Guslinda, S. P., & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing.

Ilham, M., Sari, D. D., Sundana, L., Rahman, F., Akmal, N., & Fazila, S. (2023). Media Pembelajaran: Teori, Implementasi, dan Evaluasi. Jejak Pustaka.

Jannah, M., & Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Paud Terpadu Teratai Unm Makassar. Instruksional, 1(1), 25-31. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.25-31

Lesmana, D. E., Annisa, N., Setiawati, C., & Watini, S. (2023). Pemanfaatan Studi Literatur TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran Digital PAUD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2055-2063. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1818

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi media pembelajaran pendidikan agama Islam melalui media audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-50. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081

Muhamad, A., & Rahmat, M. Y. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Di TK ABA III Paranga. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 25-30. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1670

Nurdiyanti, S. (2019). Implementasi Media Visual dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini dI Era Revolusi Industri 4.0. 2(1), 642–650.

Putri, A. A. V. W. (2020). Project based learning berbantuan media audio visual meningkatkan partisipasi belajar anak. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 388-396. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29412

Rohani, R. (2017). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui media bahan bekas. Jurnal Raudhah, 5(2). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v5i2.181

Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV sekolah sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196-207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900-908.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Usup, U., & Watini, S. (2023). Peran TV Sekolah Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 892-3896. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2108

Utomo, H. B., Iswantiningtyas, V., Raharjo, I. B., & Kurniawan, D. R. (2021). IbM Strategi Pembuatan Alat Permainan Edukatif Kearifan Lokal Berbasis Teknologi Informasi Bagi Pendidik Anak Usia Dini. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 2(2), 36-42. https://doi.org/10.26740/abi.v2i2.14022

Wahyuni, K. A., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Bahasa Kelompok B TK Santa Maria Ratu Rosari Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 110-119. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18765

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Published

2024-08-15

How to Cite

Hariyanti, N., & Priyanti, N. (2024). Implementasi Media Audiovisual dalam Mengembangkan Minat Berkreasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 515–525. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3141

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.