Implementasi Media Audiovisual dalam Mengembangkan Minat Berkreasi Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.3141Keywords:
Media Audiovisual, Minat, Berkreasi, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan perilaku minat kreatif pada siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Batam setelah penggunaan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan memfasilitasi pembelajaran berdasarkan minat bebas berkreasi dengan menggunakan media audiovisual. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) Cara memfasilitasi pembelajaran berdasarkan minat kreativitas anak adalah dengan memberikan kebebasan kepada anak dalam memilih penampilan kegiatan seni pertunjukan, memotivasi anak untuk mengikuti kegiatan pelatihan persiapan pertunjukan seni agar anak semangat mengikuti kegiatan pertunjukan seni, karena cocok penampilan yang mereka pilih sendiri, (2) Mengetahui media audiovisual sebagai sarana untuk mengembangkan minat berkreasi anak yaitu dengan menggunakan LCD proyektor pada saat anak berlatih lantunan, menari, senam dan kegiatan lainnya di pusat kebudayaan dalam rangka persiapan pertunjukan seni, (3) Mengetahui pelaksanaannya mengembangkan minat kreativitas anak, yaitu dengan kegiatan pertunjukan seni ini anak-anak senang dan berani tampil di panggung sampai akhir serta menunjukkan ekspresi baik gerak maupun wajahnya. Terdapat perubahan perkembangan anak setelah mengikuti kegiatan seni pertunjukan yaitu minat anak datang ke sekolah, keberanian berkreasi, mengemukakan pendapat, bercerita di depan kelas dan kemandirian anak.
Downloads
References
Afandi, D. (2020). Hubungan Antara Minat Anak Mengikuti Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam dengan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 13-22.
Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2020). Efektivitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan gambar) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 814-822. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724
Budiarti, E., Susanti, A., Elliza, E., & Purwanti, E. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Video Pembelajaran untuk mengenalkan Konsep Bilangan Kelompok Usia 4-5 Tahun di TK Ceria Kabupaten Pasuruan. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1821-1838. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1821-1838.2023
Daniah Afandi. (2020). Hubungan Antara Minat Anak Mengikuti Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam dengan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal.
Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101-112. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Guslinda, S. P., & Kurnia, R. (2018). Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing.
Ilham, M., Sari, D. D., Sundana, L., Rahman, F., Akmal, N., & Fazila, S. (2023). Media Pembelajaran: Teori, Implementasi, dan Evaluasi. Jejak Pustaka.
Jannah, M., & Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Paud Terpadu Teratai Unm Makassar. Instruksional, 1(1), 25-31. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.25-31
Lesmana, D. E., Annisa, N., Setiawati, C., & Watini, S. (2023). Pemanfaatan Studi Literatur TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran Digital PAUD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2055-2063. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1818
Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi media pembelajaran pendidikan agama Islam melalui media audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-50. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081
Muhamad, A., & Rahmat, M. Y. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Di TK ABA III Paranga. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 25-30. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1670
Nurdiyanti, S. (2019). Implementasi Media Visual dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini dI Era Revolusi Industri 4.0. 2(1), 642–650.
Putri, A. A. V. W. (2020). Project based learning berbantuan media audio visual meningkatkan partisipasi belajar anak. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 388-396. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29412
Rohani, R. (2017). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui media bahan bekas. Jurnal Raudhah, 5(2). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v5i2.181
Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV sekolah sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196-207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900-908.
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Usup, U., & Watini, S. (2023). Peran TV Sekolah Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 892-3896. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2108
Utomo, H. B., Iswantiningtyas, V., Raharjo, I. B., & Kurniawan, D. R. (2021). IbM Strategi Pembuatan Alat Permainan Edukatif Kearifan Lokal Berbasis Teknologi Informasi Bagi Pendidik Anak Usia Dini. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 2(2), 36-42. https://doi.org/10.26740/abi.v2i2.14022
Wahyuni, K. A., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Bahasa Kelompok B TK Santa Maria Ratu Rosari Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 110-119. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18765
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.