Pemanfaatan Loose Part Dalam Pengembangan Kreativitas Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Al Azhar 6 Jakarta Timur

Authors

  • Retno Zen Astuti Universitas Panca Sakti
  • Lilis Suryani Universitas Panca Sakti

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4485

Keywords:

Loose Part, Kreativitas, Motorik Halus, Anak Usia Dini

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan loose parts untuk mengembangkan motorik halus dan kreativitas anak di TK Al Azhar 6 Jakarta Timur. Selain itu, peran guru dalam mengarahkan penggunaan loose parts secara efektif masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan loosepart dalam pengembangan kreativitas motorik halus anak usia dini di TK Al Azhar 6 Jakarta Timur selama kurun waktu 3 bulan, yakni dari bulan Februari-Juli 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data pada penellitian ini melalui tiga model, yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Berikutnya agar yang diperoleh memiliki keabsahan dan memiliki derajat kepercayaan, maka peneliti menggunakan dua Teknik, yakni ketekunan pengamatan, menggunakan referensi, member cek dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa: pemanfaatan loosepart dalam pengembangan kreativitas motorik halus anak memiliki dampak yang positif terhadap kreativitas anak, dengan penggunaan media ini anak sangat aktif, semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari proses kegiatan belajar anak yaitu mulai dari guru menjelasakan materi, menyaksikan video sesuai tema, anak diminta untuk membuat bentuk dari bahan-bahan loosepart sesuai tema yang sedang dibahas pada hari itu, kemudian anak diminta untuk menceritakan di depan kelas tentang apa yang sudah dibuatnya. Hasilnya, terlihat kreativitas anak mencipta sesuatu dari bahan loosepart dan rasa percaya diri anak yang berani tampil di depan kelas untuk bercerita. Berdasarkan peningkatan tersebut, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pemanfaatan loosepart dapat mengembangkan kreativitas motorik halus anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A., Pebrianti, P., Sari, P., Ananda, N. A., Amanda, R. S., & Utami, W. S. (2024). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Permainan Kolase Loose Part. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 595-605. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1395

Andari, I. A. M. Y., & Meriah, E. (2023). Pelatihan Penggunaan media Loose Part Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 191-200. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i2.1264

Diana, Z., Wulandari, R., & Fahmi, F. (2023). Analisis Media Loose Part Dalam Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 148-153. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.668

Faruq, A. F. A., Darojah, N. A., Himmatul, H., & Haryanti, D. (2024). Implementasi Media Loose Part Dalam Menumbuhkan Kemampuan Motorik Halus Kelompok A di TK Pertiwi Banjarsari kec. Bantarbolang kab. Pemalang. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 9(1), 58-65. https://doi.org/10.32923/sci.v9i1.4328

Fatma, P., Waris, W., & Kustiyowati, K. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Part Terhadap Kemampuan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Kelompok A di TK Cerdas Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 15(1), 92-105. https://doi.org/10.30739/darussalam.v15i1.2489

Febriyanti, F., Novianti, R., & Ahmad, S. (2023). Pengaruh Media Loose Part Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Di PAUD Taam An Nuur Palembang Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 392-408. https://doi.org/10.5281/zenodo.10114847

Hadiyanti, S. M., Elan, E., & Rahman, T. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 237-245. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40920

Hakim, A. N. M., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114-122. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.280

Istim, N., Hendratno, H., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Loose Part Bahan Plastik terhadap Perkembangan Bahasa dan Fisik Motorik pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(5), 8572-8584. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3793

Izzatulummah, M., Aziz, A., & Kiromi, I. H. (2022). Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Kota Probolinggo. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 6(2), 315-333. https://doi.org/10.21274/martabat.2022.6.2.315-333

Kasriyati, D., Wahyuni, S., & Reswita, R. (2021). Pelatihan Perencanaan Dan Penerapan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD Kecamatan Rumbai Pesisir. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(2), 34-39. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5906

Lestari, P., & Sriyanto, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Kreasi Loose Part. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 6(2), 86-111. https://doi.org/10.19120/al-lubab.v6i2.4345

Lismayani, A., Pratama, M. I., Amriani, S. R., & Dzulfadhilah, F. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 154-163. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.3024

Nurfadilah, N., Nurmalina, N., & Amalia, R. (2020). Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Loose Part Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kota. Journal on Teacher Education, 2(1), 224-230. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1193

Putri, M. A., Wulandari, C., & Febriastuti, A. R. (2021). Implementasi pendekatan pembelajaran STEAM berbahan loose part dalam mengembangkan ketrampilan abad 21 pada anak usia dini. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118-130. https://doi.org/10.22515/abna.v2i2.4484

Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis penggunaan media loose part untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105-118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562

Rohmatun, S., & Zulfahmi, M. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Loose Part dengan Kearifan Budaya Lokal di KB Mutiara Karanggondang. Generasi Emas, 7(1). https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(1).16461

Rozak, P. (2021). Penerapan Media Loose Part Dalam Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(1), 56-71. https://doi.org/10.58410/al-athfal.v2i1.535

Rozana, S., Widya, R., Ependi, R., & Yanti, N. (2024). Efektivitas Penggunaan Loose Part Dalam Mendorong Minat Baca Anak di TK Aba Kartini Kota Binjai. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2989-2995. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26010

Salsabila, P., Syahputri, W. H., Syahri, I. K., & Sit, M. (2024). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Media Loosepart. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 18306-18313. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12750

Samad, R., Mahmud, N., Wondal, R., Safitri, A., & Muhammad, I. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Guru PAUD di Kota Ternate. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 101-106. https://doi.org/10.54082/jippm.428

Setiyani, E. L., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Media Loose Part pada Kelompok Bermain. EDUKATIF: JURNAL ILMU Pendidikan, 6(2), 1256-1270. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6486

Sumarseh, S., & Eliza, D. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbahan Loose Part In Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Generasi Emas, 5(1), 65-74. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).9229

Utamimah, S., Samawi, A., Arifin, I., Pramono, P., Aisyah, E. N., & Pratiwi, A. P. (2024). Pemanfaatan Media Loose Part dalam Pembelajaran Literasi dan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 702-711. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.641

Published

2024-12-03

How to Cite

Astuti, R. Z., & Suryani, L. (2024). Pemanfaatan Loose Part Dalam Pengembangan Kreativitas Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Al Azhar 6 Jakarta Timur. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1178–1190. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4485

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.