Pemanfaatan Loose Part Dalam Pengembangan Kreativitas Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Al Azhar 6 Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4485Keywords:
Loose Part, Kreativitas, Motorik Halus, Anak Usia DiniAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan loose parts untuk mengembangkan motorik halus dan kreativitas anak di TK Al Azhar 6 Jakarta Timur. Selain itu, peran guru dalam mengarahkan penggunaan loose parts secara efektif masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan loosepart dalam pengembangan kreativitas motorik halus anak usia dini di TK Al Azhar 6 Jakarta Timur selama kurun waktu 3 bulan, yakni dari bulan Februari-Juli 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data pada penellitian ini melalui tiga model, yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Berikutnya agar yang diperoleh memiliki keabsahan dan memiliki derajat kepercayaan, maka peneliti menggunakan dua Teknik, yakni ketekunan pengamatan, menggunakan referensi, member cek dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa: pemanfaatan loosepart dalam pengembangan kreativitas motorik halus anak memiliki dampak yang positif terhadap kreativitas anak, dengan penggunaan media ini anak sangat aktif, semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari proses kegiatan belajar anak yaitu mulai dari guru menjelasakan materi, menyaksikan video sesuai tema, anak diminta untuk membuat bentuk dari bahan-bahan loosepart sesuai tema yang sedang dibahas pada hari itu, kemudian anak diminta untuk menceritakan di depan kelas tentang apa yang sudah dibuatnya. Hasilnya, terlihat kreativitas anak mencipta sesuatu dari bahan loosepart dan rasa percaya diri anak yang berani tampil di depan kelas untuk bercerita. Berdasarkan peningkatan tersebut, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pemanfaatan loosepart dapat mengembangkan kreativitas motorik halus anak.
Downloads
References
Aini, A., Pebrianti, P., Sari, P., Ananda, N. A., Amanda, R. S., & Utami, W. S. (2024). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Permainan Kolase Loose Part. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 595-605. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1395
Andari, I. A. M. Y., & Meriah, E. (2023). Pelatihan Penggunaan media Loose Part Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 191-200. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i2.1264
Diana, Z., Wulandari, R., & Fahmi, F. (2023). Analisis Media Loose Part Dalam Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 148-153. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i01.668
Faruq, A. F. A., Darojah, N. A., Himmatul, H., & Haryanti, D. (2024). Implementasi Media Loose Part Dalam Menumbuhkan Kemampuan Motorik Halus Kelompok A di TK Pertiwi Banjarsari kec. Bantarbolang kab. Pemalang. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 9(1), 58-65. https://doi.org/10.32923/sci.v9i1.4328
Fatma, P., Waris, W., & Kustiyowati, K. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Part Terhadap Kemampuan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Kelompok A di TK Cerdas Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 15(1), 92-105. https://doi.org/10.30739/darussalam.v15i1.2489
Febriyanti, F., Novianti, R., & Ahmad, S. (2023). Pengaruh Media Loose Part Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Di PAUD Taam An Nuur Palembang Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 392-408. https://doi.org/10.5281/zenodo.10114847
Hadiyanti, S. M., Elan, E., & Rahman, T. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 237-245. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40920
Hakim, A. N. M., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114-122. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.280
Istim, N., Hendratno, H., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Loose Part Bahan Plastik terhadap Perkembangan Bahasa dan Fisik Motorik pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(5), 8572-8584. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3793
Izzatulummah, M., Aziz, A., & Kiromi, I. H. (2022). Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Kota Probolinggo. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 6(2), 315-333. https://doi.org/10.21274/martabat.2022.6.2.315-333
Kasriyati, D., Wahyuni, S., & Reswita, R. (2021). Pelatihan Perencanaan Dan Penerapan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD Kecamatan Rumbai Pesisir. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(2), 34-39. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5906
Lestari, P., & Sriyanto, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Kreasi Loose Part. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 6(2), 86-111. https://doi.org/10.19120/al-lubab.v6i2.4345
Lismayani, A., Pratama, M. I., Amriani, S. R., & Dzulfadhilah, F. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 154-163. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.3024
Nurfadilah, N., Nurmalina, N., & Amalia, R. (2020). Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Loose Part Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kota. Journal on Teacher Education, 2(1), 224-230. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1193
Putri, M. A., Wulandari, C., & Febriastuti, A. R. (2021). Implementasi pendekatan pembelajaran STEAM berbahan loose part dalam mengembangkan ketrampilan abad 21 pada anak usia dini. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118-130. https://doi.org/10.22515/abna.v2i2.4484
Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis penggunaan media loose part untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105-118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562
Rohmatun, S., & Zulfahmi, M. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Loose Part dengan Kearifan Budaya Lokal di KB Mutiara Karanggondang. Generasi Emas, 7(1). https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(1).16461
Rozak, P. (2021). Penerapan Media Loose Part Dalam Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(1), 56-71. https://doi.org/10.58410/al-athfal.v2i1.535
Rozana, S., Widya, R., Ependi, R., & Yanti, N. (2024). Efektivitas Penggunaan Loose Part Dalam Mendorong Minat Baca Anak di TK Aba Kartini Kota Binjai. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2989-2995. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.26010
Salsabila, P., Syahputri, W. H., Syahri, I. K., & Sit, M. (2024). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Media Loosepart. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 18306-18313. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12750
Samad, R., Mahmud, N., Wondal, R., Safitri, A., & Muhammad, I. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Guru PAUD di Kota Ternate. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 101-106. https://doi.org/10.54082/jippm.428
Setiyani, E. L., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Media Loose Part pada Kelompok Bermain. EDUKATIF: JURNAL ILMU Pendidikan, 6(2), 1256-1270. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6486
Sumarseh, S., & Eliza, D. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbahan Loose Part In Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Generasi Emas, 5(1), 65-74. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).9229
Utamimah, S., Samawi, A., Arifin, I., Pramono, P., Aisyah, E. N., & Pratiwi, A. P. (2024). Pemanfaatan Media Loose Part dalam Pembelajaran Literasi dan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 702-711. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.641
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.