Strategi Membangun Kedisiplinan Melalui Implementasi Reward ASYIK
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.2980Keywords:
Kedisiplinan, Reward ASYIK, Taman Kanak-KanakAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan strategi membangun kedisiplinan melalui Reward ASYIK bagi kedisiplinan belajar peserta didik kelas B TK Negeri Pembina Kecamatan Cibaliung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penyajian data yang dapat dilakukan menggunakan uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori, flowchat dan sejenisnya. Tempat penelitian dilakukan di kelas B TKN Pembina Cibaliung, Di kelas B TKN Pembina Cibaliung ditemukan beberapa permasalahan disiplin belajar yang ditunjukan peserta didik seperti datang kesekolah tidak tepat waktu, tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, dan lain sebagainya, maka perlu strategi membangun kedisiplinan yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan pengamatan empiris di lapangan peneliti menemukan bahwa penerapan pemberian hadiah lucu mudah dilakukan oleh para guru dan diterima dengan baik oleh anak. Salah satu pendekatan potensial melibatkan proses bernyanyi dan yel-yel, dimana anak secara berulang-ulang terlibat dalam tindakan menyuarakan kata “ASYIK” Hal ini dilakukan untuk mengetahui penerapan strategi belajar dalam upaya menumbuhkan kedisiplinan dan kepatuhan terhadap aturan pada anak selama proses pembelajaran. Sebagai persyaratan dasar bagi anak, untuk membentuk dan membina karakter sebagai persiapan generasi muda dimasa yang akan datang yang kreatif dan dinamis. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas B yang ditunjuk memaparkan berbagai variabel penyebab menurunnya disiplin akademik anak. Unsur-unsur tersebut meliputi kesiapan anak dalam belajar, kejenuhan dalam belajar dan kurangnya variasi belajar. Unsur tersebut akan menghambat pada tumbuhnya kedisiplinan pada anak. Hal tersebut dapat digunakan untuk mengetahui potensi dampak penerapan intensif yang menyenangkan terhadap disiplin belajar anak kelas B. Hasil penelitian menyatakan bahwa Reward ASYIK yang digunakan guru untuk membangun peserta didik untuk patuh dan taat kepada peraturan yang diterapkan di sekolah dalam rangka membangun dan membentuk kedisiplinan belajar. Dengan menggunakan Reward ASYIK ini mampu memberikan peningkatan peserta didik kelas B terhadap ketaatan dan kepatuhan peraturan yang ada di sekolah sehingga peserta didik disiplin belajar dalam belajar.
Downloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939–944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515
Asti, D., Maryani, E., Elida, H. S., & .(2023). Implementasi Reward Asyik Membangun Motivasi Belajar Anak Usia Dini di TK Bina Tunas Bangsa. JIIP-Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2083
Astrid Adisty, Rita Kurnia, D. C. (2021). Mengembangkan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Lompat Tinggi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7605
Astuti, N. P., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2141. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2141-2150.2022
Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7293-7301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3565
Dwi Afriliyana Syari Hasibuan, & Sri Watini. (2022). Implementasi Bernyanyi ASYIKdalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak di Ra Cahaya Dita, Bintan. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (EISSN: 2614-8854), 5(9). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.874
Feka, F., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik dalam Meningkatkan Minat Baca. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5, 8. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.773
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hulukati, Z., & Watini, S. (2022). Implementasi Model “ASYIK” dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Kelompok B TK Negeri Pembina Mimika. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3503-3509. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.866
Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67
Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652–656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478
Nuraini, N., Bakir, W. F., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hafniratunnisa Namlea. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1702-1708. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1700
Noviampura, F. H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806–2812. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.782
Nurasyiah, R., & Atikah, C. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 17(1), 75–81. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15397
Prastika, I., Ningsih, R. R., Sugiarti, S., Albasari, D., & Watini, S. (2023). -Implementasi “Reward Asyik” untuk meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini di KB Bunga Rampai:-. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3904-3908. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1558
Rahayu, S., & Watini, S. (2023). Efektifitas Model Bermain ASYIK terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3084-3091. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1958
Suhardja, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Model Asyik Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Kelompok B Di RA Miftahul Jannah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1915-1926. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1915-1926.2022
Sulistyowati, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik melalui Metode Bernyanyi ASYIK di TK Muslimat NU 1 Khodijah Pakiskembar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4351-4355. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1039
Susanti, A., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Semangat Belajar Pada Kegiatan Awal Dan Recalling Melalui Model Bermain Asyik (Yel-Yel “Asyik & Nyanyian”) Di TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2077. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2077-2084.2022
Sutisna, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan. UNJ press.
Verawaty, V., & Izzati, I. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278-1287. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.594
Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi model ATIK dalam meningkatkan motorik halus pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384-5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038
Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190
Widiastuti, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model “Asyik” Dalam Meningkatkan Konsentrasi Bermain Angklung Di TK Tadika Puri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2063-2076. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2063-2076.2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.