Implementasi Analisis Penggunaan Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di KB Khadijah Ngariboyo

Authors

  • Titin Triyawati Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Hadi Cahyono Univesitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Betty Yulia Wulansari Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5918

Keywords:

Implementasi, Loose Part, Kreativitas, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya pemanfaatan media loose part secara optimal dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini, padahal media ini memiliki potensi besar untuk mengembangkan kreativitas anak melalui pengalaman bermain yang terbuka dan eksploratif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru terhadap penggunaan media loose part dan mengetahui perkembangan kreativitas anak melalui media loose part di KB Khadijah Ngariboyo. Media loose part dapat meningkatkan perkembangan kreativitas anak karena melalui media loose part anak diberikan kebebasan untuk menuangkan ide kreatifitasnya sesuai dengan imajinasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan tiga teknik triangulasi data yakni, triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Triangulasi sumber digunakan untuk membandingkan dan mengkroscek data dari berbagai sumber yakni guru dan siswa. Triangulasi teknik menggunakanlebih dari satu teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, dokumentasi) untuk menguji konsistensi data. Triangulasi waktu digunakan untuk pengamatan atau wawancara di waktu yang berbeda untuk menghindari bias waktu. Tahapan teknik analisis data yang dilakukan peneliti antara lain, 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; dan 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media loosepart terbukti efektif dalam merangsang kreativitas anak-anak melalui kegiatan bermain yang bebas dan fleksibel. Hal ini tercermin dari beberapa indikator kreativitas yang telah diamati selama proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amala, N. (2023). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Pemanfaatan Media Looseparts Berbasis STEAM di Raudhlatul Athfal. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(02), 88-99. https://doi.org/10.30762/allimna.v2i02.1074

Brooker, L., Edwards, S., & Blaise, M. (2014). SAGE handbook of play and learning in early childhood.

Fauziah, N. W. (2022). Penerapan Metode Belajar STEAM dengan Bahan Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 26-31. https://doi.org/10.57251/tem.v1i1.254

Febriel, A. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2023). Analisis Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 453-466.

Fidiani, A., & Khabibah, U. (2023). Pemanfaatan bahan ajar loose part melalui model pembelajaran project based learning untuk menstimulasi kreativitas anak usia dini di tk baitul ilmi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2080-2086. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.486

Hadiyanti, S. M., Elan, E., & Rahman, T. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 237-245. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40920

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263-278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917

Jumarniati, J., & Fitriani A, F. A. (2023). Pembelajaran STEAM dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 72–82. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.315

Karyadi, A. C., & Rosa, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pemanfaatan Media Loose Part. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 76-82. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.508

Lestari, M. O., & Halim, A. K. (2022). Penggunaan media loose part dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Jendela PLS, 7(2), 145-153. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i2.5352

Lestari, S. D., & Ningsih, S. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 123-130. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Nurliana, N., Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 451-460.

Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman guru PAUD tentang pembelajaran berbasis Steam dengan penggunaan media loose parts di Desa Bukit Harapan. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47-52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995

Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis penggunaan media loose part untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105-118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562

Sagala, M. D., & Putra, Z. A. W. (2024). Pembelajaran Musik dengan Menggunakan Metode Penokohan Pada Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 66-83.

Sandseter, E. B. H., & Seland, M. (2020). Children’s Experience of Activities and Play in Early Childhood Education and Care Institutions in Norway. European Early Childhood Education Research Journal, 28(4), 499–511. https://doi.org/10.1080/1350293X.2020.1783922

Susanti, E., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2023). Identifikasi Pemanfaatan Media Loose Parts Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Sekotong Tahun 2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 837-846. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10726

Tabi’in, A., Fauziah, S., Dea, L. F., & Prayogi, A. (2024). Reformasi Pembelajaran Abad 21, Merdeka Belajar pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Loose part: 21st Century Learning Reform, Freedom to Learn in Early Childhood Through the Use of Loose Parts. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.3001

Wulandari, A., & Rohani, R. (2020). Pengaruh Permainan Konstruktif terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 88–95. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32047

Yogman, M., Garner, A., Hutchinson, J., Hirsh-Pasek, K., & Golinkoff, R. M. (2021). The Power of Play: A Pediatric Role in Enhancing Development in Young Children. Pediatrics, 147(3), e2020040279. https://doi.org/10.1542/peds.2020-040279

Yuliani, A., & Kristiana, D. (2024). Penerapan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(02), 11-23.

Published

2025-06-15

How to Cite

Triyawati, T., Cahyono, H., & Wulansari, B. Y. (2025). Implementasi Analisis Penggunaan Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di KB Khadijah Ngariboyo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 781–794. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5918

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.