Implementasi Analisis Penggunaan Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di KB Khadijah Ngariboyo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5918Keywords:
Implementasi, Loose Part, Kreativitas, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya pemanfaatan media loose part secara optimal dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini, padahal media ini memiliki potensi besar untuk mengembangkan kreativitas anak melalui pengalaman bermain yang terbuka dan eksploratif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru terhadap penggunaan media loose part dan mengetahui perkembangan kreativitas anak melalui media loose part di KB Khadijah Ngariboyo. Media loose part dapat meningkatkan perkembangan kreativitas anak karena melalui media loose part anak diberikan kebebasan untuk menuangkan ide kreatifitasnya sesuai dengan imajinasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan tiga teknik triangulasi data yakni, triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Triangulasi sumber digunakan untuk membandingkan dan mengkroscek data dari berbagai sumber yakni guru dan siswa. Triangulasi teknik menggunakanlebih dari satu teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, dokumentasi) untuk menguji konsistensi data. Triangulasi waktu digunakan untuk pengamatan atau wawancara di waktu yang berbeda untuk menghindari bias waktu. Tahapan teknik analisis data yang dilakukan peneliti antara lain, 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; dan 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media loosepart terbukti efektif dalam merangsang kreativitas anak-anak melalui kegiatan bermain yang bebas dan fleksibel. Hal ini tercermin dari beberapa indikator kreativitas yang telah diamati selama proses pembelajaran
Downloads
References
Amala, N. (2023). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Pemanfaatan Media Looseparts Berbasis STEAM di Raudhlatul Athfal. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(02), 88-99. https://doi.org/10.30762/allimna.v2i02.1074
Brooker, L., Edwards, S., & Blaise, M. (2014). SAGE handbook of play and learning in early childhood.
Fauziah, N. W. (2022). Penerapan Metode Belajar STEAM dengan Bahan Loose Parts untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 26-31. https://doi.org/10.57251/tem.v1i1.254
Febriel, A. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2023). Analisis Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 453-466.
Fidiani, A., & Khabibah, U. (2023). Pemanfaatan bahan ajar loose part melalui model pembelajaran project based learning untuk menstimulasi kreativitas anak usia dini di tk baitul ilmi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2080-2086. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.486
Hadiyanti, S. M., Elan, E., & Rahman, T. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 237-245. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40920
Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263-278. https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917
Jumarniati, J., & Fitriani A, F. A. (2023). Pembelajaran STEAM dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2), 72–82. https://doi.org/10.54065/pelita.3.2.2023.315
Karyadi, A. C., & Rosa, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pemanfaatan Media Loose Part. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 76-82. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.508
Lestari, M. O., & Halim, A. K. (2022). Penggunaan media loose part dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Jendela PLS, 7(2), 145-153. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i2.5352
Lestari, S. D., & Ningsih, S. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 123-130. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Nurliana, N., Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 451-460.
Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman guru PAUD tentang pembelajaran berbasis Steam dengan penggunaan media loose parts di Desa Bukit Harapan. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47-52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis penggunaan media loose part untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105-118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562
Sagala, M. D., & Putra, Z. A. W. (2024). Pembelajaran Musik dengan Menggunakan Metode Penokohan Pada Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 66-83.
Sandseter, E. B. H., & Seland, M. (2020). Children’s Experience of Activities and Play in Early Childhood Education and Care Institutions in Norway. European Early Childhood Education Research Journal, 28(4), 499–511. https://doi.org/10.1080/1350293X.2020.1783922
Susanti, E., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2023). Identifikasi Pemanfaatan Media Loose Parts Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Sekotong Tahun 2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 837-846. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10726
Tabi’in, A., Fauziah, S., Dea, L. F., & Prayogi, A. (2024). Reformasi Pembelajaran Abad 21, Merdeka Belajar pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Loose part: 21st Century Learning Reform, Freedom to Learn in Early Childhood Through the Use of Loose Parts. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.3001
Wulandari, A., & Rohani, R. (2020). Pengaruh Permainan Konstruktif terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 88–95. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32047
Yogman, M., Garner, A., Hutchinson, J., Hirsh-Pasek, K., & Golinkoff, R. M. (2021). The Power of Play: A Pediatric Role in Enhancing Development in Young Children. Pediatrics, 147(3), e2020040279. https://doi.org/10.1542/peds.2020-040279
Yuliani, A., & Kristiana, D. (2024). Penerapan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(02), 11-23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Titin Triyawati, Hadi Cahyono, Betty Yulia Wulansari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.