Implementasi Microlearning Berbasis Case Study Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia

Authors

  • Yusnidar Yusnidar Universitas Jambi
  • Wilda Syahri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1530

Keywords:

Microlearning, Case Study, Hasil Belajar, Mahasiswa, Pendidikan Kimia

Abstract

Kebutuhan karakteristik generasi zaman now terhadap pembelajaran daring menghadirkan style baru penyajian konten perkuliahan dengan microlearning. Implementasi microlearning membutuhkan model pembelajaran yang tepat berorientasi self-directed learning case study. Untuk menjawab tantangan tersebut maka dibutuhkan implementasi best practice dan pengaruhnya (efektivitas) dalam perkuliahan. Desain penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah 25 mahasiswa mata kuliah metodologi Penelitian Pendidikan yang terdaftar pada Prodi Pendidikan Kimia Tahun Ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes, serta dokumentasi. Data dianalisis dan diolah menjadi data interval menggunakan skala Likert. Untuk teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, homogenitas, serta T-Test. Tahapan pada penelitian ini meliputi pra eksperimen, eksperimen, dan pasca eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pra eksperimen, peneliti mempersiapkan set perangkat perkuliahan dengan style microlearning berbasis case study. Hasil eksperimen diketahui best practice penerapan microlearning berbasis case study dengan alur: 1) introduction microlearning, concepts, tools, and student’s group; 2) teaching by traditional learning; 3) teaching by microlearning; 4) students evaluations, examination, and feedback; dan 5) comparison between traditional learning and microlearning. Pasca eksperimen dilakukan evaluasi capaian(efektivitas) implementasi micro learning berbasis case study, dengan perolehan hasil uji t sebesar 7,769 membuktikan bahwa terdapat pengaruh implementasi microlearning berbasis case study terhadap hasil belajar mahasiswa. Adapun implementasi microlearning berbasis case study dapat dilaksanakan secara blended learning untuk meminimalisir hambatan yang dihadapi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alodianada, H., Widyaningrum, R., & Nursetyo, K. I. (2019). Rancangan Pembelajaran Flipped Classroom untuk Mata Kuliah Persepsi Desain dan Pesan. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 2(2) 144-149. DOI: https://doi.org/10.21009/JPI.022.08

Corbeil, J. R., Khan, B. H., & Corbeil, M. E. (Eds.). (2021). Microlearning in the Digital Age: The Design and Delivery of Learning in Snippets. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780367821623

Faizah, N. O., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 52-58. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091

Jultri, S. (2021). Desain Pembelajaran Pedati Sebagai Alternatif Pengembangan Metode Asinkron. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 61-66). FBS Unimed Press.

Karam, M., Fares, H., & Al-Majeed, S. (2021). Quality Assurance Framework for the Design and Delivery of Virtual, Real-Time Courses. Information Journal, 12(2) DOI: https://doi.org/10.3390/info12020093

Kemdikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset dan Teknologi. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. DOI: https://doi.org/10.1177/1365480216659733

Leong, K., Sung, A., Au, D. dan Blanchard, C. (2021). A review of the trend of microlearning", Journal of Work-Applied Management, 13(1), pp. 88-102. DOI: https://doi.org/10.1108/JWAM-10-2020-0044

Olivier, J. (2021). Creating Microlearning Objects within Self-Directed Multimodal Learning Contexts. in Microlearning in the Digital Age. Routledge, 169-188. DOI: https://doi.org/10.4324/9780367821623-15

Rafli, M. A., & Adri, M. (2022). Pengembangan Micro-Learning Pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Universitas Negeri Padang Berbasis Media. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1149-1156.

Sirwan Mohammed, G. , Wakil, K. & Sirwan Nawroly, S. (2018). The Effectiveness of Microlearning to Improve Students’ Learning Ability. International Journal of Educational Research Review , 3(3), 32-38. DOI: DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.415824

Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). The Effectiveness of Blended Learning on Students’ Critical Thinking Skills in Mathematics Education: A Literature Review. In Journal of Physics: Conference Series. 1806(1), 012071. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012071

Wulandari, N., & Damris, M. (2011). Pengaruh problem based learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Tekno-Pedagogi, 1(1). DOI: https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1806

Zhang, J., & West E. (2020). Designing Microlearning Instruction for Professional Development Through a Competency Based Approach. TechTrends, 64(2), 310-318. DOI: https://doi.org/10.1007/s11528-019-00449-4

Published

2022-04-30

How to Cite

Yusnidar, Y., & Syahri, W. (2022). Implementasi Microlearning Berbasis Case Study Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1530

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.