Tantangan dan Prospek Pendidikan Islam di Papua: Studi Kasus SDIT Mutiara Insan Sorong
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5740Keywords:
Tantangan, Prospek, Pendidikan Islam, KualitatifAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada minimnya kajian mendalam mengenai implementasi pendidikan Islam di wilayah timur Indonesia, khususnya Papua, yang memiliki karakteristik sosial, budaya, dan geografis yang unik. Ketimpangan akses pendidikan serta keragaman latar belakang masyarakat menjadikan kajian ini penting untuk memahami dinamika lokal dan merumuskan strategi pendidikan Islam yang kontekstual dan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan dan prospek dalam pendidikan Islam di Papua, dengan fokus pada SDIT Mutiara Insan di Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari berbagai pihak yang terlibat langsung dalam lingkungan pendidikan, yaitu kepala sekolah, 3 orang guru Pendidikan Agama Islam, 3 wali murid, dan 10 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan pendekatan tematik melalui beberapa tahapan. Pertama, hasil wawancara dan observasi ditranskrip untuk memudahkan analisis. Selanjutnya, data dikodekan guna mengidentifikasi tema-tema utama terkait tantangan dan prospek pendidikan Islam. Setelah itu, tema-tema yang ditemukan dikelompokkan sesuai dengan fokus penelitian. Terakhir, peneliti menginterpretasikan data tersebut untuk menjawab rumusan masalah dan menyusun kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pendidikan Islam di sekolah ini meliputi perbedaan pemahaman keagamaan di antara para pendidik, kurangnya dukungan sebagian orang tua terhadap pentingnya pendidikan Islam, keterbatasan ekonomi sebagian masyarakat sehingga tidak semua lapisan dapat mengakses pendidikan, serta lingkungan multikultural yang menjadi tantangan tersendiri dalam implementasi pendidikan Islam. Namun, prospek pengembangan pendidikan Islam di wilayah ini cukup positif, didorong oleh dukungan sebagian besar orang tua murid, komitmen para pendidik, serta dukungan fasilitas dan gaji guru yang memadai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun tantangan yang dihadapi cukup besar, terdapat potensi besar untuk kemajuan pendidikan Islam di Papua melalui penguatan kualitas pengajaran dan pemanfaatan potensi lokal.
Downloads
References
Aini, A. Q. (2022). Sistem, Tantangan Dan Prospek Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 94-113. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.690
Al Hamid, I. (2019). Pedagogi Identitas Keagamaan: Official Knowledge dan Interkulturalisme Pendidikan Islam di Papua. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 7(1), 37-54. https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.1.37-54
AlFarobi, M., Syukur, R., Addiba, L., & Sari, D. M. (2022). Paradigma Keilmuan Dalam Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer Tantangan Dan Prospek. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 8(1), 69-84. https://doi.org/10.55120/qolamuna.v8i1.659
Atqiya, A. B., Fanani, A. I., & Irawan, I. (2023). Penerapan Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Analisis, Tantangan, Dan Prospek. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 39-45. https://doi.org/10.5281/zenodo.8378437
Azhar, S. (2017). Prospek Islam Dalam Menghadapi Tantangan Zaman. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 235-244. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5224
Damayanti, D. P. (2024). Pengembangan Model Dukungan Orang Tua terhadap Santri dalam Meningkatkan Prestasi Akademik di Pondok Pesantren. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 168-175. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3621
Dute, H. (2021). Kontribusi masjid jami’ NU pada perkembangan pendidikan Islam di Papua. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 18(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i2.1999
Faridah, A. (2023). Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Bangsa Yang Berbudi Pekerti Luhur. Launul Ilmi: Jurnal Keislaman dan Peradaban, 1(1 Desember), 21-34.
Fauzi, N., & Muhidin, A. A. (2021). Perkembangan Pendidikan Islam di Daerah Minoritas Muslim. Transformasi: Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 5(1), 11-27. https://doi.org/10.47945/transformasi.v5i1.501
Hidayat, R., Nisa, K., Zaini, M., Safitri, D., & Astini, B. I. (2024). Realita Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan: Perkembangan, Tantangan, dan Prospek Masa Depan. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 4(2), 188-204. https://doi.org/10.37252/quranicedu.v4i2.870
Iribaram, S. (2020). Pendidikan Agama Islam Dan Tantangannya:(Studi Perkembangan Pendidikan Berbasis Agama Islam Di Kota Jayapura). Poros Onim: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 109-120. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.32
Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53-62. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.809
Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal kependidikan, 7(1), 127-140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957
Murtadha, M., & Fauzan, F. (2023). Pendidikan Multikultural Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama: Studi Tantangan Dinamika Pendidikan Masyarakat Indonesia. Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 4(2), 37-49. https://doi.org/10.47887/amd.v4i2.134
Muslimin, E., & Ruswandi, U. (2022). Tantangan, problematika dan peluang pembelajaran pendidikan agama islam di perguruan tinggi. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(1), 57-71.
Nuruddin, S. (2018). Kiprah Setengah Abad Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Papua: Membangun Harmoni Beragama Melaui Dunia Pendidikan. Al-Qalam, 24(1), 65-72. https://doi.org/10.31969/alq.v24i1.457
Ridwan, M., & Maryati, S. (2024). Dari Tradisi Ke Masa Depan: Tantangan Pendidikan Islam dalam Masyarakat Kontemporer. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 630-641. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1328
Ristianah, N. (2019). Prospek Pendidikan Islam. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 44-54.
Sumali, A., Surasni, S., & Khair, O. I. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru dan Persepsi Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Inggris. Jurnal Dieksis ID, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.54065/dieksis.1.1.2021.44
Towaka, S., Damopolii, M., & Husain, N. (2025). Prospek Pendidikan Islam Di Indonesia:(Tantangan dan Peluang). Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 17-30.
Uccang, M. R., & Aras, A. (2022). Tantangan dan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Kontemporer dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Peserta Didik. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i1.2729
Wiranata, R. R. S. (2019). Tantangan, prospek dan peran pesantren dalam pendidikan karakter di era revolusi industri 4.0. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 61-92. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.99
Yanto, M., Abidin, Z., & Inayati, M. (2023). Tantangan pendidikan agama Islam dan moderasi beragama dalam menghadapi masyarakat multikultural. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 252-257. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1343
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.