Tantangan dan Prospek Pendidikan Islam di Papua: Studi Kasus SDIT Mutiara Insan Sorong

Authors

  • Abdul Gani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5740

Keywords:

Tantangan, Prospek, Pendidikan Islam, Kualitatif

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada minimnya kajian mendalam mengenai implementasi pendidikan Islam di wilayah timur Indonesia, khususnya Papua, yang memiliki karakteristik sosial, budaya, dan geografis yang unik. Ketimpangan akses pendidikan serta keragaman latar belakang masyarakat menjadikan kajian ini penting untuk memahami dinamika lokal dan merumuskan strategi pendidikan Islam yang kontekstual dan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan dan prospek dalam pendidikan Islam di Papua, dengan fokus pada SDIT Mutiara Insan di Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari berbagai pihak yang terlibat langsung dalam lingkungan pendidikan, yaitu kepala sekolah, 3 orang guru Pendidikan Agama Islam, 3 wali murid, dan 10 orang siswa.  Analisis data dilakukan dengan pendekatan tematik melalui beberapa tahapan. Pertama, hasil wawancara dan observasi ditranskrip untuk memudahkan analisis. Selanjutnya, data dikodekan guna mengidentifikasi tema-tema utama terkait tantangan dan prospek pendidikan Islam. Setelah itu, tema-tema yang ditemukan dikelompokkan sesuai dengan fokus penelitian. Terakhir, peneliti menginterpretasikan data tersebut untuk menjawab rumusan masalah dan menyusun kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam pendidikan Islam di sekolah ini meliputi perbedaan pemahaman keagamaan di antara para pendidik, kurangnya dukungan sebagian orang tua terhadap pentingnya pendidikan Islam, keterbatasan ekonomi sebagian masyarakat sehingga tidak semua lapisan dapat mengakses pendidikan, serta lingkungan multikultural yang menjadi tantangan tersendiri dalam implementasi pendidikan Islam. Namun, prospek pengembangan pendidikan Islam di wilayah ini cukup positif, didorong oleh dukungan sebagian besar orang tua murid, komitmen para pendidik, serta dukungan fasilitas dan gaji guru yang memadai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun tantangan yang dihadapi cukup besar, terdapat potensi besar untuk kemajuan pendidikan Islam di Papua melalui penguatan kualitas pengajaran dan pemanfaatan potensi lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A. Q. (2022). Sistem, Tantangan Dan Prospek Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 94-113. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.690

Al Hamid, I. (2019). Pedagogi Identitas Keagamaan: Official Knowledge dan Interkulturalisme Pendidikan Islam di Papua. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 7(1), 37-54. https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.1.37-54

AlFarobi, M., Syukur, R., Addiba, L., & Sari, D. M. (2022). Paradigma Keilmuan Dalam Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer Tantangan Dan Prospek. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 8(1), 69-84. https://doi.org/10.55120/qolamuna.v8i1.659

Atqiya, A. B., Fanani, A. I., & Irawan, I. (2023). Penerapan Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Analisis, Tantangan, Dan Prospek. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 39-45. https://doi.org/10.5281/zenodo.8378437

Azhar, S. (2017). Prospek Islam Dalam Menghadapi Tantangan Zaman. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 235-244. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5224

Damayanti, D. P. (2024). Pengembangan Model Dukungan Orang Tua terhadap Santri dalam Meningkatkan Prestasi Akademik di Pondok Pesantren. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 168-175. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3621

Dute, H. (2021). Kontribusi masjid jami’ NU pada perkembangan pendidikan Islam di Papua. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 18(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i2.1999

Faridah, A. (2023). Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Bangsa Yang Berbudi Pekerti Luhur. Launul Ilmi: Jurnal Keislaman dan Peradaban, 1(1 Desember), 21-34.

Fauzi, N., & Muhidin, A. A. (2021). Perkembangan Pendidikan Islam di Daerah Minoritas Muslim. Transformasi: Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 5(1), 11-27. https://doi.org/10.47945/transformasi.v5i1.501

Hidayat, R., Nisa, K., Zaini, M., Safitri, D., & Astini, B. I. (2024). Realita Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan: Perkembangan, Tantangan, dan Prospek Masa Depan. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 4(2), 188-204. https://doi.org/10.37252/quranicedu.v4i2.870

Iribaram, S. (2020). Pendidikan Agama Islam Dan Tantangannya:(Studi Perkembangan Pendidikan Berbasis Agama Islam Di Kota Jayapura). Poros Onim: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 109-120. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.32

Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53-62. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.809

Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal kependidikan, 7(1), 127-140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957

Murtadha, M., & Fauzan, F. (2023). Pendidikan Multikultural Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama: Studi Tantangan Dinamika Pendidikan Masyarakat Indonesia. Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 4(2), 37-49. https://doi.org/10.47887/amd.v4i2.134

Muslimin, E., & Ruswandi, U. (2022). Tantangan, problematika dan peluang pembelajaran pendidikan agama islam di perguruan tinggi. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(1), 57-71.

Nuruddin, S. (2018). Kiprah Setengah Abad Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Papua: Membangun Harmoni Beragama Melaui Dunia Pendidikan. Al-Qalam, 24(1), 65-72. https://doi.org/10.31969/alq.v24i1.457

Ridwan, M., & Maryati, S. (2024). Dari Tradisi Ke Masa Depan: Tantangan Pendidikan Islam dalam Masyarakat Kontemporer. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 630-641. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1328

Ristianah, N. (2019). Prospek Pendidikan Islam. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 44-54.

Sumali, A., Surasni, S., & Khair, O. I. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru dan Persepsi Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Inggris. Jurnal Dieksis ID, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.54065/dieksis.1.1.2021.44

Towaka, S., Damopolii, M., & Husain, N. (2025). Prospek Pendidikan Islam Di Indonesia:(Tantangan dan Peluang). Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 17-30.

Uccang, M. R., & Aras, A. (2022). Tantangan dan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Kontemporer dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Kepada Peserta Didik. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i1.2729

Wiranata, R. R. S. (2019). Tantangan, prospek dan peran pesantren dalam pendidikan karakter di era revolusi industri 4.0. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 61-92. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.99

Yanto, M., Abidin, Z., & Inayati, M. (2023). Tantangan pendidikan agama Islam dan moderasi beragama dalam menghadapi masyarakat multikultural. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 252-257. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1343

Published

2025-05-08

How to Cite

Gani, A. (2025). Tantangan dan Prospek Pendidikan Islam di Papua: Studi Kasus SDIT Mutiara Insan Sorong. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 444–456. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5740

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.