Evaluasi Audit Sistem Informasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia: Tinjauan Literatur untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Lembaga Pendidikan

Authors

  • Dinda Septiana Elyus Universitas Negeri Surabaya
  • Aditya Ayu Wardani Universitas Negeri Surabaya
  • Khairul Umam Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5861

Keywords:

Evaluasi Audit, Sistem Informasi, Manajemen, Sumber Daya Manusia, Kualitas Pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia yang masih menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya transparansi dalam pengelolaan pendidikan, lemahnya implementasi sistem evaluasi, serta ketimpangan kompetensi tenaga pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kontribusi audit sistem informasi terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pendidikan, serta menelaah bagaimana pengelolaan SDM melalui pelatihan, evaluasi kinerja, dan pengembangan profesional mempengaruhi mutu proses pembelajaran dan hasil pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui penelusuran literatur relevan dari buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen resmi yang mendukung topik kajian. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan mengorganisasi, mengkaji, serta membandingkan berbagai sumber untuk merumuskan kerangka teori yang kuat dan menemukan celah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit sistem informasi memiliki peran strategis dalam memastikan efektivitas pengelolaan pendidikan, terutama dalam aspek transparansi dan pengambilan keputusan berbasis data. Manajemen SDM yang baik, termasuk pelatihan dan pengembangan profesional bagi tenaga pengajar, berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran. Implementasi AKM terbukti meningkatkan efektivitas pendidikan, khususnya dalam aspek literasi digital, meskipun masih menghadapi kendala infrastruktur dan kesiapan tenaga pendidik. Penelitian ini menegaskan bahwa sinergi antara audit sistem informasi dan manajemen SDM sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Diperlukan perbaikan berkelanjutan dalam kebijakan akademik dan administratif, termasuk optimalisasi sistem informasi, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, serta penyediaan infrastruktur yang memadai untuk memastikan pencapaian standar pendidikan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 43–56. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.158

Berliani, D., Keristanti, R., Juliani, W., & Dongoran, F. R. (2024). Peran Audit Terhadap Akuntabilitas dan Transparansi Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Instansi Pendidikan. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 723–731. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1349

Dja’far, H. I. (2024). Evaluasi Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bogor dalam Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat. Journal of Language and Literature Education, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.59407/jolale.v1i2.866

Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 171–183.

Gusriani, I., Salabi, A. S., & Yuliza, Y. (2023). Manajemen sumber daya manusia dalam pengembangan madrasah berbasis digital pada Madrasah Aliyah Negeri Lhokseumawe. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 6(2), 56–63. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1148

Heatubun, A., Mua, M. M., Sumual, T., & Sumual, S. D. M. (2023). Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Zaman Kompetitif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4392–4396. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23713

Indadihayati, W., & Hariyanto, V. L. (2023). Tinjauan Literatur Tentang Penerapan Prinsip Total Quality Management Dalam Pendidikan Vokasi: Tantangan Dan Peluang. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 7(1), 1–20. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v7i1.1029

Indahingwati, A., & Nugroho, N. E. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Scopindo Media Pustaka.

Jamalulel, H. A., Firdaus, D. R., Nugraha, E., & Mujib, A. (2024). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam: Kajian Pustaka. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(01), 1475–1491. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.6340

Mahmudi, M. U., & Muslih, M. (2024). Evaluasi Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di MTs Al-Utsmani Kajen Pekalongan dan Dampaknya terhadap Efektivitas Pembelajaran. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 82–94.

Maulana, T. D., Nugroho, A. A. S., Suryaputra, B. A., & Wulansari, A. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis: Manajemen Sumber Daya Ti Di Lingkungan Pendidikan. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 57–62. https://doi.org/10.36040/jati.v8i1.8717

Murtafiah, N. H. (2021). Analisis Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Handal Dan Profesional (Studi Kasus: Iai An Nur Lampung). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02). https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2358

Nabila, A. (2022). Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu, Dan Manajemen Mutu Pendidikan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 56–63. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i1.390

Permanasari, R., Elizah, T., Putri, N., & Fathurrochman, I. (2024). Sinergi Manajemen Sumber Daya Manusia, Motivasi dan Kinerja Staf Pada Lembaga Pendidikan Islam Unit Tipd IAIN Curup. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 13(1), 91–104. https://doi.org/10.36668/jal.v13i1.782

Prolina, N. I., & Nugraha, M. S. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Negeri. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 150–166. https://doi.org/10.70287/epistemic.v2i2.127

Sangsurya, Y., Muazza, M., & Rahman, R. (2021). Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sd Islam Mutiara Al Madan Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 766–778. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.644

Savitri, F. M., Hasanah, A. U., Fasa, A. M., & Mahesti, S. L. (2022). Kajian Literatur Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Efektif untuk Meraih Keunggulan Kompetitif. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(1), 16–29. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i1.607

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cetakan ke-20). ALFABETA.

Supriyanto, S., Rosyanafi, R. J., Ningrum, M. A., & Indrawati, D. (2024). Evaluasi Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p42-51

Widodo, T., Muhammad, I., Darmayanti, R., Nursaid, N., & Amany, D. A. L. (2023). Manajemen keuangan pendidikan berbasis digital: Sebuah kajian pustaka. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 1(2), 146–167. https://doi.org/10.51214/ijemal.v1i2.548

Yani, A., Bakti, L. D., Akbar, A., & Imran, B. (2024). Design And Development Of An Internal Quality Audit Information System Based Ppepp Cycle. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 20(1), 9–17. https://doi.org/10.33480/pilar.v20i1.4729

Published

2025-06-01

How to Cite

Elyus, D. S., Wardani, A. A., Umam, K., Trihantoyo, S., & Sholeh, M. (2025). Evaluasi Audit Sistem Informasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia: Tinjauan Literatur untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Lembaga Pendidikan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 594–604. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5861

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.