Implementasi Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di SMKN 1 Duduksampeyan Sebagai Sekolah Binaan
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5853Keywords:
Implementasi, Gerakan Sekolah Sehat, Sekolah BinaanAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya peran satuan pendidikan dalam membentuk budaya hidup sehat sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sejak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan secara mendalam implementasi program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik sebagai sekolah binaan, agar dapat menjadi rujukan dalam pengembangan program serupa di satuan pendidikan lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Tahap perencanaan program GSS di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik; 2) Tahap pelaksanaan program GSS di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik; dan 3) Tahap evaluasi program GSS di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer terdiri atas kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru Lingkungan Hidup (LH), guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP), guru PJOK, guru pembina ekstrakurikuler, dan peserta didik. Sumber data primer yakni seluruh dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan implementasi GSS di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data situs tunggal yang terdiri atas kondensasi, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan pada penelitian, diperoleh hasil bahwa implementasi program GSS di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik telah melaksanakan program GSS sesuai dengan empat fokus sehat, yakni sehat bergizi, sehat fisik, sehat jiwa, dan sehat lingkungan. Proses implementasi GSS di SMKN 1 Duduksampeyan melalui tiga tahap yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Proses komunikasi dilakukan oleh kepala sekolah selaku pemangku kebijakan kepada seluruh warga sekolah terutama koordinator subprogram. Sumber daya yang dimanfaatkan dalam implementasi meliputi SDM dan sumber daya finansial. Komitmen warga sekolah dalam melaksanakan GSS baik yang ditunjukkan saat pelaksanaan penandatanganan komitmen bersama. Pelaksanaan program GSS berjalan sesuai dengan SOP yang mengacu pada surat edaran Kemendikbudristek.
Downloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31-37. http://dx.doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661
Djaali, N. A., Suhermi, S., Agustino, R., & Citra, C. (2023). Pemberdayaan Organisasi Sekolah Dalam Rangka Gerakan Sekolah Sehat Indonesia Pada Era Digital di SMA Negeri 58 Jakarta. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 5(2), 259-267. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i2.1963
Harlia, E., Hidayati, Y. A., Marlina, E. T., & Rahmah, K. N. (2022). Upaya Menciptakan Sanitasi di Lingkungan Peternakan Dengan Pendekatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Media Kontak Tani Ternak, 4(2), 43-49. https://doi.org/10.24198/mktt.v4i2.41835
Huda, F. R., & Khotimah, S. (2025). Pengaruh Perbedaan Senam Rhythmic Auditory Stimulation (Ras) Dan High Intensity Interval Training (Hiit) Terhadap Peningkatan Endurance Pada Siswa Sekolah Dasar (SD). Indonesian Journal of Physiotherapy, 5(1). https://doi.org/10.52019/ijpt.v5i1.10720
Irpani, A., Rahmayani, E., & Amrullah, S. (2024). Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah Terhadap Implementasi Gerakan Sekolah Sehat Dalam Konteks Pembelajaran Digital dan Profil Pelajar Pancasila di SMP Kabupaten Garut. Rayah Al-Islam, 8(3), 1225-1233. https://doi.org/10.37274/rais.v8i3.1074
Khery, Y., Pahriah, P., & Hasinarmi, H. (2016). Tingkat Peranan Pembelajaran Kimia Dalam Mendukung Gerakan Sekolah Sehat, Aman, Ramah Anak, Danmenyenangkan (Studi Kasus). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(2), 111-118. https://doi.org/10.33394/hjkk.v4i2.99
Khosiah, K., Hasanah, U., Rahmawati, F. I., Nurhamida, N., Hardiyanti, E., Nurrahmi, N., ... & Maulana, A. A. (2025). Implementasi Gerakan Sekolah Sehat di Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram. Abdimas Mandalika, 4(3), 168-177. https://doi.org/10.31764/am.v4i3.30064
Latifah, H. (2021). Peningkatan Karakter Nasionalis Cinta Tanah Air Peduli Sampah Melalui Gerakan Ambil Sampah 15 Menit (GAS 15 M). JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 158-170. https://doi.org/10.55868/jeid.v1i3.93
Mukminin, A., & Tasu’ah, N. (2016). Pengembangan model layanan program usaha kesehatan sekolah (UKS) terintegrasi pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Semarang (Studi pada lembaga taman kanak-kanak di Kota Semarang). Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(2), 117-126. https://doi.org/10.15294/jpp.v33i2.9094
Nirwandi, N. (2016). Tinjauan Mengenai Penerapan Lingkungan Sehat pada Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Jurnal Performa Olahraga, 1(02), 157-174. https://doi.org/10.24036/kepel.v1i02.84
Nurmaya, R., Suhaenih, H., Hidayanti, P., Rosmaladewi, O., & Warta, W. (2024). Implementasi Gerakan Sekolah Sehat Untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Mental Pada Remaja Di SMA Negeri 13 Bandung. Journal of Educational Management Research and Scientific Study, 1(2).
Romadhona, P. N. W. (2025). Model Pembelajaran Integrasi PAI dengan Elemen Jati Diri (Hidup Bersih dan Sehat) di TK ABA 7 Karangjati Blora. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(2), 226-238. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i2.992
Sa'id, M. N. (2024). Desain Antarmuka Aplikasi Pengelolaan Sampah Berbasis Gamifikasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Smk Negeri 1 Turen. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 6(3), 80-95. https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i3.65239
Saputri, E. D., Sari, P., Azhary, M. R., & Herwansyah, H. (2025). Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Sehat di TK Negeri Pembina 2 Merangin. JURNAL RISET RUMPUN ILMU KEDOKTERAN, 4(1), 213-219. https://doi.org/10.55606/jurrike.v4i1.4516
Satiti, S. (2019). Gerakan Ayo Sekolah Di Kabupaten Bojonegoro: Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Untuk Menyongsong Bonus Demografi. Jurnal Kependudukan Indonesia, 14(1), 77-92. https://doi.org/10.14203/jki.v14i1.351
Soro, S. H., Dermawan, H., Nurwulan, T. R., & Ariani, B. S. (2024). Peran Sekolah Untuk Mendorong Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Sampah Melalui Program GAMES (Studi Kasus di SLB Muhammadiyah Kota Bandung). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 2209-2218. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1234
Subekti, S., Sasmito, A., & Rahman, B. (2023). Pemanfaatan Sampah Di Tempat Pemrosesan Akhir (Tpa) Jatibarang Sebagai Sumber Energi Baru Terbarukan. Merdeka Indonesia Jurnal International, 3(1), 54-63. https://doi.org/10.5555/miji.v3i1.69
Suharmita, M., Haromain, H., & Hariawan, R. (2024). Manajemen Layanan Khusus dalam Membentuk Karakter Hidup Sehat Siswa Melalui Pendekatan Program Usaha Kesehatan Sekolah. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 270-280. https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.12261
Syanjaya, T., Santoso, J. A., & Jusuf, J. B. K. (2024). Pengaruh Alat Bantu Papan Pelampung terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas. JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 14(4), 216-222. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i4.1691
Unja, E. E., Dias, M. F. A. A., & Tutpai, G. (2024). Strengthening Health Literacy As The Main Pillar Of Realising Healthy Schools At Nahdlatul Ulama Junior High School In Banjarmasin City. Community Service Journal of Indonesia, 6(2), 66-74. https://doi.org/10.36720/csji.v6i2.697
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amalia Nofita Sari, Amrozi Khamidi, Wiwin Yulianingsih, Ima Widiyanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.