Implementasi Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di SMKN 1 Duduksampeyan Sebagai Sekolah Binaan

Authors

  • Amalia Nofita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Widiyanah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5853

Keywords:

Implementasi, Gerakan Sekolah Sehat, Sekolah Binaan

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya peran satuan pendidikan dalam membentuk budaya hidup sehat sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sejak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan secara mendalam implementasi program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik sebagai sekolah binaan, agar dapat menjadi rujukan dalam pengembangan program serupa di satuan pendidikan lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Tahap perencanaan program GSS di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik; 2) Tahap pelaksanaan  program GSS di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik; dan 3) Tahap evaluasi  program GSS di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer terdiri atas kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru Lingkungan Hidup (LH), guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP), guru PJOK, guru pembina ekstrakurikuler, dan peserta didik. Sumber data primer yakni seluruh dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan implementasi GSS di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data situs tunggal yang terdiri atas kondensasi, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan pada penelitian, diperoleh hasil bahwa implementasi program GSS di SMKN 1 Duduksampeyan Gresik telah melaksanakan program GSS sesuai dengan empat fokus sehat, yakni sehat bergizi, sehat fisik, sehat jiwa, dan sehat lingkungan. Proses implementasi GSS di SMKN 1 Duduksampeyan melalui tiga tahap yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Proses komunikasi dilakukan oleh kepala sekolah selaku pemangku kebijakan kepada seluruh warga sekolah terutama koordinator subprogram. Sumber daya yang dimanfaatkan dalam implementasi meliputi SDM dan sumber daya finansial. Komitmen warga sekolah dalam melaksanakan GSS baik yang ditunjukkan saat pelaksanaan penandatanganan komitmen bersama. Pelaksanaan program GSS berjalan sesuai dengan SOP yang mengacu pada surat edaran Kemendikbudristek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31-37. http://dx.doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661

Djaali, N. A., Suhermi, S., Agustino, R., & Citra, C. (2023). Pemberdayaan Organisasi Sekolah Dalam Rangka Gerakan Sekolah Sehat Indonesia Pada Era Digital di SMA Negeri 58 Jakarta. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 5(2), 259-267. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v5i2.1963

Harlia, E., Hidayati, Y. A., Marlina, E. T., & Rahmah, K. N. (2022). Upaya Menciptakan Sanitasi di Lingkungan Peternakan Dengan Pendekatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Media Kontak Tani Ternak, 4(2), 43-49. https://doi.org/10.24198/mktt.v4i2.41835

Huda, F. R., & Khotimah, S. (2025). Pengaruh Perbedaan Senam Rhythmic Auditory Stimulation (Ras) Dan High Intensity Interval Training (Hiit) Terhadap Peningkatan Endurance Pada Siswa Sekolah Dasar (SD). Indonesian Journal of Physiotherapy, 5(1). https://doi.org/10.52019/ijpt.v5i1.10720

Irpani, A., Rahmayani, E., & Amrullah, S. (2024). Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah Terhadap Implementasi Gerakan Sekolah Sehat Dalam Konteks Pembelajaran Digital dan Profil Pelajar Pancasila di SMP Kabupaten Garut. Rayah Al-Islam, 8(3), 1225-1233. https://doi.org/10.37274/rais.v8i3.1074

Khery, Y., Pahriah, P., & Hasinarmi, H. (2016). Tingkat Peranan Pembelajaran Kimia Dalam Mendukung Gerakan Sekolah Sehat, Aman, Ramah Anak, Danmenyenangkan (Studi Kasus). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 4(2), 111-118. https://doi.org/10.33394/hjkk.v4i2.99

Khosiah, K., Hasanah, U., Rahmawati, F. I., Nurhamida, N., Hardiyanti, E., Nurrahmi, N., ... & Maulana, A. A. (2025). Implementasi Gerakan Sekolah Sehat di Sekolah Dasar Negeri 26 Mataram. Abdimas Mandalika, 4(3), 168-177. https://doi.org/10.31764/am.v4i3.30064

Latifah, H. (2021). Peningkatan Karakter Nasionalis Cinta Tanah Air Peduli Sampah Melalui Gerakan Ambil Sampah 15 Menit (GAS 15 M). JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(3), 158-170. https://doi.org/10.55868/jeid.v1i3.93

Mukminin, A., & Tasu’ah, N. (2016). Pengembangan model layanan program usaha kesehatan sekolah (UKS) terintegrasi pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Semarang (Studi pada lembaga taman kanak-kanak di Kota Semarang). Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(2), 117-126. https://doi.org/10.15294/jpp.v33i2.9094

Nirwandi, N. (2016). Tinjauan Mengenai Penerapan Lingkungan Sehat pada Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Jurnal Performa Olahraga, 1(02), 157-174. https://doi.org/10.24036/kepel.v1i02.84

Nurmaya, R., Suhaenih, H., Hidayanti, P., Rosmaladewi, O., & Warta, W. (2024). Implementasi Gerakan Sekolah Sehat Untuk Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Mental Pada Remaja Di SMA Negeri 13 Bandung. Journal of Educational Management Research and Scientific Study, 1(2).

Romadhona, P. N. W. (2025). Model Pembelajaran Integrasi PAI dengan Elemen Jati Diri (Hidup Bersih dan Sehat) di TK ABA 7 Karangjati Blora. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(2), 226-238. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i2.992

Sa'id, M. N. (2024). Desain Antarmuka Aplikasi Pengelolaan Sampah Berbasis Gamifikasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Smk Negeri 1 Turen. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 6(3), 80-95. https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i3.65239

Saputri, E. D., Sari, P., Azhary, M. R., & Herwansyah, H. (2025). Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Sehat di TK Negeri Pembina 2 Merangin. JURNAL RISET RUMPUN ILMU KEDOKTERAN, 4(1), 213-219. https://doi.org/10.55606/jurrike.v4i1.4516

Satiti, S. (2019). Gerakan Ayo Sekolah Di Kabupaten Bojonegoro: Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Untuk Menyongsong Bonus Demografi. Jurnal Kependudukan Indonesia, 14(1), 77-92. https://doi.org/10.14203/jki.v14i1.351

Soro, S. H., Dermawan, H., Nurwulan, T. R., & Ariani, B. S. (2024). Peran Sekolah Untuk Mendorong Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Sampah Melalui Program GAMES (Studi Kasus di SLB Muhammadiyah Kota Bandung). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 2209-2218. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1234

Subekti, S., Sasmito, A., & Rahman, B. (2023). Pemanfaatan Sampah Di Tempat Pemrosesan Akhir (Tpa) Jatibarang Sebagai Sumber Energi Baru Terbarukan. Merdeka Indonesia Jurnal International, 3(1), 54-63. https://doi.org/10.5555/miji.v3i1.69

Suharmita, M., Haromain, H., & Hariawan, R. (2024). Manajemen Layanan Khusus dalam Membentuk Karakter Hidup Sehat Siswa Melalui Pendekatan Program Usaha Kesehatan Sekolah. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 270-280. https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.12261

Syanjaya, T., Santoso, J. A., & Jusuf, J. B. K. (2024). Pengaruh Alat Bantu Papan Pelampung terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas. JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 14(4), 216-222. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i4.1691

Unja, E. E., Dias, M. F. A. A., & Tutpai, G. (2024). Strengthening Health Literacy As The Main Pillar Of Realising Healthy Schools At Nahdlatul Ulama Junior High School In Banjarmasin City. Community Service Journal of Indonesia, 6(2), 66-74. https://doi.org/10.36720/csji.v6i2.697

Published

2025-06-01

How to Cite

Sari, A. N., Khamidi, A., Yulianingsih, W., & Widiyanah, I. (2025). Implementasi Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di SMKN 1 Duduksampeyan Sebagai Sekolah Binaan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 582–593. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5853

Issue

Section

Regular Articles

Most read articles by the same author(s)