Evaluasi Audit Sistem Informasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia: Tinjauan Literatur untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Lembaga Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5861Keywords:
Evaluasi Audit, Sistem Informasi, Manajemen, Sumber Daya Manusia, Kualitas PendidikanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia yang masih menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya transparansi dalam pengelolaan pendidikan, lemahnya implementasi sistem evaluasi, serta ketimpangan kompetensi tenaga pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kontribusi audit sistem informasi terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pendidikan, serta menelaah bagaimana pengelolaan SDM melalui pelatihan, evaluasi kinerja, dan pengembangan profesional mempengaruhi mutu proses pembelajaran dan hasil pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui penelusuran literatur relevan dari buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen resmi yang mendukung topik kajian. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan mengorganisasi, mengkaji, serta membandingkan berbagai sumber untuk merumuskan kerangka teori yang kuat dan menemukan celah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit sistem informasi memiliki peran strategis dalam memastikan efektivitas pengelolaan pendidikan, terutama dalam aspek transparansi dan pengambilan keputusan berbasis data. Manajemen SDM yang baik, termasuk pelatihan dan pengembangan profesional bagi tenaga pengajar, berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran. Implementasi AKM terbukti meningkatkan efektivitas pendidikan, khususnya dalam aspek literasi digital, meskipun masih menghadapi kendala infrastruktur dan kesiapan tenaga pendidik. Penelitian ini menegaskan bahwa sinergi antara audit sistem informasi dan manajemen SDM sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Diperlukan perbaikan berkelanjutan dalam kebijakan akademik dan administratif, termasuk optimalisasi sistem informasi, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, serta penyediaan infrastruktur yang memadai untuk memastikan pencapaian standar pendidikan yang lebih baik.
Downloads
References
Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 43–56. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.158
Berliani, D., Keristanti, R., Juliani, W., & Dongoran, F. R. (2024). Peran Audit Terhadap Akuntabilitas dan Transparansi Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Instansi Pendidikan. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 723–731. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1349
Dja’far, H. I. (2024). Evaluasi Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bogor dalam Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat. Journal of Language and Literature Education, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.59407/jolale.v1i2.866
Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 171–183.
Gusriani, I., Salabi, A. S., & Yuliza, Y. (2023). Manajemen sumber daya manusia dalam pengembangan madrasah berbasis digital pada Madrasah Aliyah Negeri Lhokseumawe. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 6(2), 56–63. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1148
Heatubun, A., Mua, M. M., Sumual, T., & Sumual, S. D. M. (2023). Perencanaan Sumber Daya Manusia Di Zaman Kompetitif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4392–4396. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23713
Indadihayati, W., & Hariyanto, V. L. (2023). Tinjauan Literatur Tentang Penerapan Prinsip Total Quality Management Dalam Pendidikan Vokasi: Tantangan Dan Peluang. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 7(1), 1–20. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v7i1.1029
Indahingwati, A., & Nugroho, N. E. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Scopindo Media Pustaka.
Jamalulel, H. A., Firdaus, D. R., Nugraha, E., & Mujib, A. (2024). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam: Kajian Pustaka. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(01), 1475–1491. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.6340
Mahmudi, M. U., & Muslih, M. (2024). Evaluasi Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di MTs Al-Utsmani Kajen Pekalongan dan Dampaknya terhadap Efektivitas Pembelajaran. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 82–94.
Maulana, T. D., Nugroho, A. A. S., Suryaputra, B. A., & Wulansari, A. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis: Manajemen Sumber Daya Ti Di Lingkungan Pendidikan. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 57–62. https://doi.org/10.36040/jati.v8i1.8717
Murtafiah, N. H. (2021). Analisis Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Handal Dan Profesional (Studi Kasus: Iai An Nur Lampung). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02). https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2358
Nabila, A. (2022). Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu, Dan Manajemen Mutu Pendidikan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 56–63. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i1.390
Permanasari, R., Elizah, T., Putri, N., & Fathurrochman, I. (2024). Sinergi Manajemen Sumber Daya Manusia, Motivasi dan Kinerja Staf Pada Lembaga Pendidikan Islam Unit Tipd IAIN Curup. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 13(1), 91–104. https://doi.org/10.36668/jal.v13i1.782
Prolina, N. I., & Nugraha, M. S. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Madrasah Aliyah Negeri. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 150–166. https://doi.org/10.70287/epistemic.v2i2.127
Sangsurya, Y., Muazza, M., & Rahman, R. (2021). Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sd Islam Mutiara Al Madan Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 766–778. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.644
Savitri, F. M., Hasanah, A. U., Fasa, A. M., & Mahesti, S. L. (2022). Kajian Literatur Perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Efektif untuk Meraih Keunggulan Kompetitif. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(1), 16–29. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i1.607
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cetakan ke-20). ALFABETA.
Supriyanto, S., Rosyanafi, R. J., Ningrum, M. A., & Indrawati, D. (2024). Evaluasi Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p42-51
Widodo, T., Muhammad, I., Darmayanti, R., Nursaid, N., & Amany, D. A. L. (2023). Manajemen keuangan pendidikan berbasis digital: Sebuah kajian pustaka. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 1(2), 146–167. https://doi.org/10.51214/ijemal.v1i2.548
Yani, A., Bakti, L. D., Akbar, A., & Imran, B. (2024). Design And Development Of An Internal Quality Audit Information System Based Ppepp Cycle. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 20(1), 9–17. https://doi.org/10.33480/pilar.v20i1.4729
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Septiana Elyus, Aditya Ayu Wardani, Khairul Umam, Syunu Trihantoyo, Muhammad Sholeh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.