Penggunaan Media Wordwall Dwi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN Satap 3 Hanau Desa Paring Raya

Authors

  • Abdul Aziz Universitas Darwan Ali Sampit
  • Predi Gantara Universitas Darwan Ali Sampit

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1401

Keywords:

Wordwall, Dwi Bahasa, Kosakata

Abstract

Karakter generasi muda merupakan salah satu bekal masa depan untuk Bahasa digunakan untuk menuangkan ide, gagasan, pokok pikiran, maupun perasaan dalam kehidupan sehari-hari. Ada dua Bahasa yang diajarkan sebagai muatan nasional di setiap sekolah pada tingkatan pendidikan dasar yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Di era yang ditandai dengan digitalisasi dan otomasi ini Bahasa Inggris menjadi sangat penting. Belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dapat dipengaruhi oleh bahasa ibu peserta didik. Selain itu, kurangnya fasilitas yang membantu dalam proses pembelajaran juga mempengaruhi keterampilan berbahasa peserta didik. Penelitian ini merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa yang memiliki akses internet minimum dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Penelitian menggunakan media Wordwall ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan catatan lapangan, dan data dari hasil tes penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu: (1) merencanakan tindakan yang akan dilakukan yaitu menyiapkan model dan pendekatan yang akan dilakukan; (2) menggunakan media Wordwall dalam pembelajaran; (3) observasi atau mengamati hasil dari tindakan; (4) mengkaji, melihat dan mempertimbangkan atas hasil atau dampak dari tindakan dari berbagai kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan penguasaan kosa kata peserta didik sebanyak 23,3% dan pada siklus II terjadi peningkatan penguasaan kosa kata sebanyak 33,6%. Media Wordwall membantu peserta didik mengingat kosakata sedangkan buku saku Vocabularies Handbook memudahkan untuk mencari kosakata sesuai dengan materi dalam waktu yang lebih singkat daripada jika harus mencari di dalam kamus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, E. & Vallete, R. (1977). Classroom Techniques: Foreighn Language and English as a Second Language. San Diego: Harcourt Brace Jovanorich Publisher.

Amalia, N. (2018). Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Menggunakan Vocabulary Self-Collection Strategy. Journal of Education Action Research Volume 2, Number 2 Tahun 2018, pp. 172-179. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12326

Azizah, H. N. (2018). Peningkatan Penguasaan KOsakata Bahasa Arab MElalui Penggunaan Media Wordwall. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 1(1) DOI: https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212

Benjami, S. (2014). Taksonomi Bloom.Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, L, Herlina & Mawarni, V. (2019). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa menggunakan Media Dinding Kata. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. PING-023. 2019: Pendidikan Bahasa Inggris.

Kusairi (2013). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Vocabulary Self- collection Strategy pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong. S2 thesis, UNY.

Meidiyanti, W. (2014). Meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris Menggunakan metode game “Hangman” pada siswa kelas VIIIb SMP Negeri 4 Tamiang Layang tahun ajaran 2013-2014. DOI: https://doi.org/10.20527/jbsp.v4i1.3794

Misrawati, (2020). Word-Wall Technique in Improving Students’ Vocabulary Mastery at the first Grade of SMPN 4 Kajuara Kabupaten Bone. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar 3(1) DOI: https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.577

Moleong, L. (2010). Metode Penelitiankualitatif.Bandung: Rosda Karya.

Mu’alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka.

Sari, P & Sari, H. (2018). Pelatihan Penggunaan Metode Wordwall Untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa Di Desa Cenning Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat 2018. DOI: https://doi.org/10.35906/jipm01.v2i1.310

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Kasiani K.E. (2008). English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2021-12-01

How to Cite

Aziz, A., & Gantara, P. (2021). Penggunaan Media Wordwall Dwi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN Satap 3 Hanau Desa Paring Raya. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 627–634. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1401

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.