Penggunaan Media Wordwall Dwi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN Satap 3 Hanau Desa Paring Raya
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1401Keywords:
Wordwall, Dwi Bahasa, KosakataAbstract
Karakter generasi muda merupakan salah satu bekal masa depan untuk Bahasa digunakan untuk menuangkan ide, gagasan, pokok pikiran, maupun perasaan dalam kehidupan sehari-hari. Ada dua Bahasa yang diajarkan sebagai muatan nasional di setiap sekolah pada tingkatan pendidikan dasar yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Di era yang ditandai dengan digitalisasi dan otomasi ini Bahasa Inggris menjadi sangat penting. Belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dapat dipengaruhi oleh bahasa ibu peserta didik. Selain itu, kurangnya fasilitas yang membantu dalam proses pembelajaran juga mempengaruhi keterampilan berbahasa peserta didik. Penelitian ini merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa yang memiliki akses internet minimum dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Penelitian menggunakan media Wordwall ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan catatan lapangan, dan data dari hasil tes penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu: (1) merencanakan tindakan yang akan dilakukan yaitu menyiapkan model dan pendekatan yang akan dilakukan; (2) menggunakan media Wordwall dalam pembelajaran; (3) observasi atau mengamati hasil dari tindakan; (4) mengkaji, melihat dan mempertimbangkan atas hasil atau dampak dari tindakan dari berbagai kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan penguasaan kosa kata peserta didik sebanyak 23,3% dan pada siklus II terjadi peningkatan penguasaan kosa kata sebanyak 33,6%. Media Wordwall membantu peserta didik mengingat kosakata sedangkan buku saku Vocabularies Handbook memudahkan untuk mencari kosakata sesuai dengan materi dalam waktu yang lebih singkat daripada jika harus mencari di dalam kamus.
Downloads
References
Allen, E. & Vallete, R. (1977). Classroom Techniques: Foreighn Language and English as a Second Language. San Diego: Harcourt Brace Jovanorich Publisher.
Amalia, N. (2018). Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Menggunakan Vocabulary Self-Collection Strategy. Journal of Education Action Research Volume 2, Number 2 Tahun 2018, pp. 172-179. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12326
Azizah, H. N. (2018). Peningkatan Penguasaan KOsakata Bahasa Arab MElalui Penggunaan Media Wordwall. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 1(1) DOI: https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212
Benjami, S. (2014). Taksonomi Bloom.Jakarta: Rineka Cipta.
Fauziah, L, Herlina & Mawarni, V. (2019). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa menggunakan Media Dinding Kata. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara. PING-023. 2019: Pendidikan Bahasa Inggris.
Kusairi (2013). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Vocabulary Self- collection Strategy pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong. S2 thesis, UNY.
Meidiyanti, W. (2014). Meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris Menggunakan metode game “Hangman” pada siswa kelas VIIIb SMP Negeri 4 Tamiang Layang tahun ajaran 2013-2014. DOI: https://doi.org/10.20527/jbsp.v4i1.3794
Misrawati, (2020). Word-Wall Technique in Improving Students’ Vocabulary Mastery at the first Grade of SMPN 4 Kajuara Kabupaten Bone. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar 3(1) DOI: https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.577
Moleong, L. (2010). Metode Penelitiankualitatif.Bandung: Rosda Karya.
Mu’alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka.
Sari, P & Sari, H. (2018). Pelatihan Penggunaan Metode Wordwall Untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa Di Desa Cenning Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat 2018. DOI: https://doi.org/10.35906/jipm01.v2i1.310
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, Kasiani K.E. (2008). English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.