Antara Tren dan Nilai: Studi Sosiologis tentang Budaya Konsumtif Pelajar dalam Era Viral dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter

Authors

  • Abdul Basit Univesitas Muhammadiyah Makassar
  • Fatimah Aziz Univesitas Muhammadiyah Makassar
  • Samun Mukramin Univesitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6377

Keywords:

Tren dan Nilai, Studi Sosiologis, Budaya Konsumtif, Viral, Pendidikan Karakter

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami dampak budaya viral terhadap perilaku konsumtif pelajar serta implikasinya terhadap pendidikan karakter di era digital. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh budaya viral terhadap pola konsumsi pelajar dan mengidentifikasi dampaknya terhadap pembentukan karakter. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain etnografi digital dan fenomenologi. Subjek terdiri dari enam pelajar SMA di Kota Polewali yang dipilih melalui purposive sampling. Kriteria mencakup penggunaan media sosial minimal tiga jam per hari, pengalaman membeli produk karena tren viral, serta akun media sosial yang dapat diobservasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, diskusi kelompok terfokus, dan dokumentasi digital selama Mei–Juni 2025. Analisis tematik dilakukan menggunakan model Braun dan Clarke dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya viral mendorong perilaku konsumtif berbasis validasi sosial. Nilai karakter seperti kesederhanaan dan tanggung jawab cenderung tergeser oleh keinginan untuk diakui secara sosial. Terdapat kesenjangan antara pendidikan karakter di sekolah dan realitas digital yang dihadapi pelajar. Beberapa pelajar menunjukkan strategi adaptif seperti seleksi informasi dan manajemen waktu digital sebagai bentuk resiliensi. Penelitian merekomendasikan integrasi literasi digital ke dalam pendidikan karakter, penguatan kebijaksanaan digital, dan reformulasi pendekatan pendidikan karakter agar relevan dengan konteks digital saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. F., & Anggaraeni, D. (2022). Literasi digital dan pendidikan karakter: Strategi menghadapi tantangan era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 185-201. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.45678

Angrosino, M. (2016). Naturalistic observation. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315427812

Baharizqi, A., Putri, S. M., & Nurhayati, T. (2023). Pengaruh media sosial terhadap nilai-nilai karakter siswa SMA: Studi fenomenologi. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 8(3), 234-251. https://doi.org/10.15294/jsp.v8i3.56789

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781071802916

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2), 116-123. https://doi.org/10.53845/infokam.v15i2.123

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5th ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781526421036

Hasanah, N., & Prasetyo, B. (2024). Viral culture dan pembentukan identitas remaja di era digital: Analisis sosiologis. Sosiologi Reflektif, 18(1), 67-85. https://doi.org/10.14421/jsr.2024.181.04

Krueger, R. A., & Casey, M. A. (2015). Focus groups: A practical guide for applied research (5th ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781483357355

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Maharani, A. (2022). Metodologi penelitian kualitatif dalam studi komunikasi. Jurnal Komunikasi dan Sosial, 13(2), 145-162. https://doi.org/10.21107/jks.v13i2.12345

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781506335193

Mulyanto, H., & Sari, I. P. (2023). Gap implementasi pendidikan karakter di era digital: Tantangan dan solusi. Jurnal Kependidikan, 9(4), 412-428. https://doi.org/10.33394/jk.v9i4.6789

Patton, M. Q. (2015). Qualitative research and evaluation methods (4th ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.1002/9781394260362

Pratiwi, A., & Rahman, F. (2023). Budaya konsumtif generasi Z: Dampak media sosial terhadap pola konsumsi remaja. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 11(2), 156-174. https://doi.org/10.20473/jsk.v11i2.2023.156-174

Rahayu, S., & Andriansyah, D. (2024). Stratifikasi sosial digital: Analisis sosiologis terhadap hierarki status di media sosial. Jurnal Sosiologi Indonesia, 14(1), 23-42. https://doi.org/10.7454/jsi.v14i1.1234

Sari, D. K., & Nugroho, A. (2024). Fenomena viral dan perilaku konsumtif pelajar: Studi kasus di SMA Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Sosial, 17(3), 289-306. https://doi.org/10.21776/ub.jps.2024.17.3.289

Spradley, J. P. (2016). Participant observation. Waveland Press. https://doi.org/10.1002/9781405165518.wbeoss117

Stake, R. E. (2010). Qualitative research: Studying how things work. Guilford Press. https://doi.org/10.4135/9781412961288.n297

Suryani, L., & Hartono, R. (2023). Digital natives dan tantangan pendidikan karakter: Perspektif sosiologi pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(2), 145-162. https://doi.org/10.17509/jps.v7i2.52341

Triyanto, A. (2020). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam di era digital. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 123-138. https://doi.org/10.29313/tjpi.v9i2.6789

Wahyuni, S., Pramono, E., & Kusuma, D. A. (2024). Pengaruh budaya populer media sosial terhadap nilai-nilai pendidikan karakter siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 30(1), 78-95. https://doi.org/10.24832/jpnk.v30i1.3456

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781506335193

Published

2025-07-30

How to Cite

Basit, A., Aziz, F., & Mukramin, S. (2025). Antara Tren dan Nilai: Studi Sosiologis tentang Budaya Konsumtif Pelajar dalam Era Viral dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 962–972. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6377

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.