Pengembangan Media My Happy Route Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Mufrodat di MTS Al-Ittifaqiah

Authors

  • Muhammad Harits Akbar Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Yuniar Primarani Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Mukmin Mukmin Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Al Fath Qaaf Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5485

Keywords:

Pengembangan, Media My Happy Route, Pembelajaran Kontekstual

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam penguasaan mufradat bahasa Arab di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis permainan, yaitu My Happy Route, yang dirancang untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam penguasaan mufradat (kosa kata) bahasa Arab. Media pembelajaran ini mengintegrasikan nilai-nilai Islam yang selaras dengan kurikulum pesantren guna menciptakan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap pengembangan, dilakukan validasi oleh para ahli untuk menilai kelayakan media, sedangkan uji coba diterapkan kepada siswa MTs Al-Ittifaqiah guna mengukur efektivitas dan respon mereka terhadap penggunaan media ini. Instrumen penelitian mencakup tes pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa serta angket yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan My Happy Route secara signifikan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap mufradat, sebagaimana ditunjukkan oleh peningkatan skor rata-rata posttest dibandingkan pretest. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan respon sangat positif, menilai media ini sebagai inovatif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran mereka. Dengan demikian, My Happy Route terbukti sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab di lingkungan pesantren

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A., Muhlis, N. K., & Fathih, M. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab dengan Permainan My Happy Route di Sekolah Dasar. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 8(1), 59-72. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v8i1.5189

Amrina, A., & Mudinillah, A. (2022). Pemanfaatan aplikasi benime sebagai penunjang pembelajaran mufrodat kelas VII MTsN Pasir Lawas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 98-110. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5810

Amrina, A., Mudinillah, A., & Ulya, F. (2021). Pemanfaatan aplikasi benime untuk pembelajaran mufradat siswa kelas 1 di MIN 1 Solok. Arabia, 13(2), 191-212. http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v13i2.12510

Hakim, A. R. (2024). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum pada Matakuliah Fisiologi Tumbuhan I. Biocaster: Jurnal Kajian Biologi, 4(1), 35-43. https://doi.org/10.36312/biocaster.v4i1.244

Hidayah, N., & Amelina, N. (2024). Evaluasi Program Intensif Bahasa Arab pada Kelas Akselerasi di Pondok Pesantren. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 6(1), 38-47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v6i1.2570

Hidayah, N., Mukmin, M., & Eltika, L. (2023). Konsep Aritmetika pada Perubahan Kata Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(2), 153-169. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.04

Holimi, M. (2019). Pembelajaran Mufrodat dengan menggunakan media gambar. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 86-102.

Holimi, M., & Faizah, N. (2021). Pembelajaran mufrodat dengan metode bernyanyi di gubuk baca kalpataru dusun bendrong. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 120-138. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i2.369

Irmansyah, I., & Pratiwi, L. (2021). Model Pembelajaran Seven Power Key dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Fathonah Palembang. Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 30-46. https://doi.org/10.30984/almashadir.v1i1.85

Irmansyah, I., Qaaf, M. A., & Yuslina, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Savi (Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual). Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 3(01), 69-86. https://doi.org/10.30984/almashadir.v3i01.610

Jamanuddin, J., & Rohayati, T. (2017). Nidzâm Ta’lîm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Fî Al-Fashl Al-Sarî’bimadrasah Al-‘Âliyyah Al-Hukûmiyyah 3 Palembang. Taqdir, 3(1). https://doi.org/10.19109/taqdir.v3i1.1718

Juliyana, J., Indrawati, N., Sunnah, M. L., & Hafid, M. (2022). Influence of My Happy Route Game-Based Learning Media in Improving the Arabic Writing Skills at MTs Al-Mas' udy Mojokerto. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 5(1), 81-95. https://doi.org/10.31538/alsuna.v5i1.2505

Jumhur, J., & Wasilah, W. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Konstitusi. Al-Hayat: Jurnal Pendidikan Islam , 7 (2), 370-380. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.365

Muhammad, K. (2020). Ta’līm as-Sharf bi Kitâb Tashīl as-Sharfiyyah fil-Madrasah ats-Tsânawiyyah Ittifaqiyyah. Taqdir, 6(1), 65-73. https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i1.5893

Munthe, S., Bambang, B., & Hanafi, A. H. (2022). Pembelajaran Mufradat dalam Meningkatkan Maharah al-Kalam Santri di Pondok Pesantren. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 4(2), 22-31. https://doi.org/10.47435/naskhi.v4i2.1194

Nurseha, I., & Sabana, R. (2022). Program Di Ma'had Izzatuna Putri Palembang. Studi bahasa dan budaya Jurnal Cordova , 12 (2), 130-145. https://doi.org/10.20414/cordova.v12i2.6562

Paramitha, N. P. (2018). Pembelajaran Mufrodat Menggunakan Media Audio Visual. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 261-290. https://doi.org/10.36668/jih.v1i2.171

Sabana, R., Imron, K., & Ulayya, S. (2024). Pengembangan Materi Qiraah Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Media Pixton Komik di MTsN 1 Palembang. Arab , 16 (1), 91-106. http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i1.24344

Sholihah, S. (2017). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat. Tarling: Journal Of Language Education, 1(1), 62-76. https://doi.org/10.24090/tarling.v1i1.1122

Unsi, B. T. (2020). Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Melalui Penerapan Metode Drill. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 71-86. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.237

Wahdi, R., & Fakhrin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Lagu Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Mufradat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 5(1). https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3213

Published

2025-03-14

How to Cite

Akbar, M. H., Primarani, Y., Mukmin, M., & Qaaf, A. F. (2025). Pengembangan Media My Happy Route Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Mufrodat di MTS Al-Ittifaqiah. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 201–210. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5485

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.