Pengembangan Media My Happy Route Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Mufrodat di MTS Al-Ittifaqiah
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5485Keywords:
Pengembangan, Media My Happy Route, Pembelajaran KontekstualAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam penguasaan mufradat bahasa Arab di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis permainan, yaitu My Happy Route, yang dirancang untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam penguasaan mufradat (kosa kata) bahasa Arab. Media pembelajaran ini mengintegrasikan nilai-nilai Islam yang selaras dengan kurikulum pesantren guna menciptakan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap pengembangan, dilakukan validasi oleh para ahli untuk menilai kelayakan media, sedangkan uji coba diterapkan kepada siswa MTs Al-Ittifaqiah guna mengukur efektivitas dan respon mereka terhadap penggunaan media ini. Instrumen penelitian mencakup tes pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa serta angket yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan My Happy Route secara signifikan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap mufradat, sebagaimana ditunjukkan oleh peningkatan skor rata-rata posttest dibandingkan pretest. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan respon sangat positif, menilai media ini sebagai inovatif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran mereka. Dengan demikian, My Happy Route terbukti sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab di lingkungan pesantren
Downloads
References
Ahmad, A., Muhlis, N. K., & Fathih, M. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab dengan Permainan My Happy Route di Sekolah Dasar. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 8(1), 59-72. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v8i1.5189
Amrina, A., & Mudinillah, A. (2022). Pemanfaatan aplikasi benime sebagai penunjang pembelajaran mufrodat kelas VII MTsN Pasir Lawas. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 98-110. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i1.5810
Amrina, A., Mudinillah, A., & Ulya, F. (2021). Pemanfaatan aplikasi benime untuk pembelajaran mufradat siswa kelas 1 di MIN 1 Solok. Arabia, 13(2), 191-212. http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v13i2.12510
Hakim, A. R. (2024). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum pada Matakuliah Fisiologi Tumbuhan I. Biocaster: Jurnal Kajian Biologi, 4(1), 35-43. https://doi.org/10.36312/biocaster.v4i1.244
Hidayah, N., & Amelina, N. (2024). Evaluasi Program Intensif Bahasa Arab pada Kelas Akselerasi di Pondok Pesantren. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 6(1), 38-47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v6i1.2570
Hidayah, N., Mukmin, M., & Eltika, L. (2023). Konsep Aritmetika pada Perubahan Kata Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(2), 153-169. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.04
Holimi, M. (2019). Pembelajaran Mufrodat dengan menggunakan media gambar. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 86-102.
Holimi, M., & Faizah, N. (2021). Pembelajaran mufrodat dengan metode bernyanyi di gubuk baca kalpataru dusun bendrong. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 120-138. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i2.369
Irmansyah, I., & Pratiwi, L. (2021). Model Pembelajaran Seven Power Key dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Fathonah Palembang. Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 30-46. https://doi.org/10.30984/almashadir.v1i1.85
Irmansyah, I., Qaaf, M. A., & Yuslina, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Savi (Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual). Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 3(01), 69-86. https://doi.org/10.30984/almashadir.v3i01.610
Jamanuddin, J., & Rohayati, T. (2017). Nidzâm Ta’lîm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Fî Al-Fashl Al-Sarî’bimadrasah Al-‘Âliyyah Al-Hukûmiyyah 3 Palembang. Taqdir, 3(1). https://doi.org/10.19109/taqdir.v3i1.1718
Juliyana, J., Indrawati, N., Sunnah, M. L., & Hafid, M. (2022). Influence of My Happy Route Game-Based Learning Media in Improving the Arabic Writing Skills at MTs Al-Mas' udy Mojokerto. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 5(1), 81-95. https://doi.org/10.31538/alsuna.v5i1.2505
Jumhur, J., & Wasilah, W. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Konstitusi. Al-Hayat: Jurnal Pendidikan Islam , 7 (2), 370-380. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.365
Muhammad, K. (2020). Ta’līm as-Sharf bi Kitâb Tashīl as-Sharfiyyah fil-Madrasah ats-Tsânawiyyah Ittifaqiyyah. Taqdir, 6(1), 65-73. https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i1.5893
Munthe, S., Bambang, B., & Hanafi, A. H. (2022). Pembelajaran Mufradat dalam Meningkatkan Maharah al-Kalam Santri di Pondok Pesantren. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 4(2), 22-31. https://doi.org/10.47435/naskhi.v4i2.1194
Nurseha, I., & Sabana, R. (2022). Program Di Ma'had Izzatuna Putri Palembang. Studi bahasa dan budaya Jurnal Cordova , 12 (2), 130-145. https://doi.org/10.20414/cordova.v12i2.6562
Paramitha, N. P. (2018). Pembelajaran Mufrodat Menggunakan Media Audio Visual. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 261-290. https://doi.org/10.36668/jih.v1i2.171
Sabana, R., Imron, K., & Ulayya, S. (2024). Pengembangan Materi Qiraah Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Media Pixton Komik di MTsN 1 Palembang. Arab , 16 (1), 91-106. http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v16i1.24344
Sholihah, S. (2017). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat. Tarling: Journal Of Language Education, 1(1), 62-76. https://doi.org/10.24090/tarling.v1i1.1122
Unsi, B. T. (2020). Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Melalui Penerapan Metode Drill. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 71-86. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.237
Wahdi, R., & Fakhrin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Lagu Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Mufradat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 5(1). https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i1.3213
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.