Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Rekan Sejawat di SMP Negeri Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1319Keywords:
supervisi akademik, kualitas pembelajaran, teman sejawatAbstract
Supervisi merupakan salah satu tugas kepala sekolah yang berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga akan mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran. Namun karena adanya tumpang tindih pekerjaan kepala sekolah, maka tugas pengawasan tidak dilaksanakan secara maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengembangkan model supervisi akademik dengan peer-based, dengan tujuan untuk mengembangkan model supervisi akademik yang sesuai dengan kebutuhan guru dan model yang dapat dinilai kelayakannya untuk mencari solusi dalam masalah supervisi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode research and development dengan mengembangkan model supervisi akademik berbasis teman sejawat. Sampel yang digunakan adalah guru SMP Negeri Kecamatan Bae Kudus. Hasil penelitian: 1) Guru di SMP Negeri Bae Kudus membutuhkan model supervisi akademik yang disesuaikan dengan kondisi nyata yaitu model supervisi akademik sistem delegasi untuk mencari solusi atas tumpang tindih peran dan tugas kepala sekolah, sehingga semua kompetensi guru yang ada dapat diberdayakan untuk kemajuan bersama. 2) Model supervisi akademik berbasis teman sejawat dapat memenuhi indikator pencapaian tujuan supervisi, teknik pelaksanaan supervisi, keterlibatan semua pihak dan menumbuhkan motivasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model supervisi akademik berbasis teman sejawat dapat diterapkan sebagai model supervisi akademik yang memenuhi kebutuhan guru dan dapat menjadi solusi atas masalah tumpang tindih tugas dan peran kepala sekolah.
Downloads
References
Aqib, Z. (2013). Membangun Profesional Guru Dan Pengawas Sekolah. Bandung: CV.Yrama Widya.
Burhanuddin. (2007). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: Rosindo.
Daryanto, D., & Rachmawati, T. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Erpidawati, E., Gistituati, N., Marsidin, S., & Yahya, Y. (2018). The Development of The Academic Supervision Model Basic School Supervision. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 178. 1st International Conference of Innovation in Education. Atlantic Press
Hendayat, S., & Soemanto, S. (2013). Kepemimpinan Dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Jurotun, S., & Prihatin, T. (2015). Model Supervisi Akademik Terpadu Berbasis Pemberdayaan Mgmp Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 2(1), 28-33.
Hoque, K. E., & Kenayathulla, H. B. (2020). Relationships Between Supervision and Teachers’ Performance and Attitude in Secondary Schools in Malaysia. SAGE Open: 1–11 DOI: https://doi.org/10.1177/2158244020925501
Lovell, T. J., & Wiles, K. (1983). Supervision For &tter Schools. Fifth Edition. Prentice-Hall Inc., Englewood Cliffs. New Jersey.
Mukhtar & Iskandar. (2014). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, A. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslim, S. B. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru. Surabaya: Alfabeta.
Merukh, N. E. M. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Kelola, 3(1). DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p30-48
Pallawagu, M., Prihatin, T., & Suminar, T. (2017). Pengembangan Model Supervisi Akademik dengan Mentoring Method dalam pembelajaran yang Mendidik pada SMK di Kabupaten Kupang. Educational Management.
Rahabav, P. (2016). The Effectiveness of Academic Supervision for Teachers. Journal of Education and Practice, 7(9).
Rugaiyah, R., & Atike, S. (2011). Profesi Kependidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sahertian, P. A. (2000). Supervisi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sulistianto, A. (2014). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Paninggaran Pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 3(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4503
Suparmi, P. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penyusunan Rencana Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19179
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.