Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Rekan Sejawat di SMP Negeri Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus

Authors

  • Lina Handayani Universitas Muria Kudus
  • Achmad Hilal Madjdi Universitas Muria Kudus
  • Suad Suad Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1319

Keywords:

supervisi akademik, kualitas pembelajaran, teman sejawat

Abstract

Supervisi merupakan salah satu tugas kepala sekolah yang berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga akan mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran. Namun karena adanya tumpang tindih pekerjaan kepala sekolah, maka tugas pengawasan tidak dilaksanakan secara maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengembangkan model supervisi akademik dengan peer-based, dengan tujuan untuk mengembangkan model supervisi akademik yang sesuai dengan kebutuhan guru dan model yang dapat dinilai kelayakannya untuk mencari solusi dalam masalah supervisi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode research and development dengan mengembangkan model supervisi akademik berbasis teman sejawat. Sampel yang digunakan adalah guru SMP Negeri Kecamatan Bae Kudus. Hasil penelitian: 1) Guru di SMP Negeri Bae Kudus membutuhkan model supervisi akademik yang disesuaikan dengan kondisi nyata yaitu model supervisi akademik sistem delegasi untuk mencari solusi atas tumpang tindih peran dan tugas kepala sekolah, sehingga semua kompetensi guru yang ada dapat diberdayakan untuk kemajuan bersama. 2) Model supervisi akademik berbasis teman sejawat dapat memenuhi indikator pencapaian tujuan supervisi, teknik pelaksanaan supervisi, keterlibatan semua pihak dan menumbuhkan motivasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model supervisi akademik berbasis teman sejawat dapat diterapkan sebagai model supervisi akademik yang memenuhi kebutuhan guru dan dapat menjadi solusi atas masalah tumpang tindih tugas dan peran kepala sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. (2013). Membangun Profesional Guru Dan Pengawas Sekolah. Bandung: CV.Yrama Widya.

Burhanuddin. (2007). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: Rosindo.

Daryanto, D., & Rachmawati, T. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Erpidawati, E., Gistituati, N., Marsidin, S., & Yahya, Y. (2018). The Development of The Academic Supervision Model Basic School Supervision. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 178. 1st International Conference of Innovation in Education. Atlantic Press

Hendayat, S., & Soemanto, S. (2013). Kepemimpinan Dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Jurotun, S., & Prihatin, T. (2015). Model Supervisi Akademik Terpadu Berbasis Pemberdayaan Mgmp Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 2(1), 28-33.

Hoque, K. E., & Kenayathulla, H. B. (2020). Relationships Between Supervision and Teachers’ Performance and Attitude in Secondary Schools in Malaysia. SAGE Open: 1–11 DOI: https://doi.org/10.1177/2158244020925501

Lovell, T. J., & Wiles, K. (1983). Supervision For &tter Schools. Fifth Edition. Prentice-Hall Inc., Englewood Cliffs. New Jersey.

Mukhtar & Iskandar. (2014). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslim, S. B. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru. Surabaya: Alfabeta.

Merukh, N. E. M. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Teknik Mentoring bagi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Kelola, 3(1). DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p30-48

Pallawagu, M., Prihatin, T., & Suminar, T. (2017). Pengembangan Model Supervisi Akademik dengan Mentoring Method dalam pembelajaran yang Mendidik pada SMK di Kabupaten Kupang. Educational Management.

Rahabav, P. (2016). The Effectiveness of Academic Supervision for Teachers. Journal of Education and Practice, 7(9).

Rugaiyah, R., & Atike, S. (2011). Profesi Kependidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sahertian, P. A. (2000). Supervisi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sulistianto, A. (2014). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Paninggaran Pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 3(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/4503

Suparmi, P. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penyusunan Rencana Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2). DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19179

Published

2021-07-27

How to Cite

Handayani, L., Madjdi, A. H., & Suad, S. (2021). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Rekan Sejawat di SMP Negeri Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 317–334. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1319

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.