Pengajaran dan Pembelajaran Metode Face to Face dan Pjj Online: Perbandingan dan Impak terhadap Students UTHM Johor Malaysia Semasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Arwansyah Bin Kirin Universitas Tun Hussein Onn Malaysia
  • Faisal bin Husen Isma’il Universitas Tun Hussein Onn Malaysia
  • Muhammad Masruri Universitas Tun Hussein Onn Malaysia
  • Siti Marpuah Universitas Tun Hussein Onn Malaysia
  • Che Adenan bin Mohammad Universitas Tun Hussein Onn Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.534

Keywords:

Face to Face, PJJ Online, UTHM Johor

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan dalam kehidupan termasuklah dunia pendidikan yaitu perguruan tinggi. UTHM sebagai salah satu universitas negri yang terdapat di Johor Malaysia dituntut untuk mengikuti perubahan metode pembelajaran sebagai impak daripada Covid-19 ini. Mahasiswa mahasiwi yang beragam latar belakang kehidupan baik yang tinggal di perkotaan maupun di pedesaan ikut merasakan perubahan proses PnP yang ditetapkan oleh Universitas meskipun mereka memiliki hampir 100% perangkat untuk menjalani proses PnP online. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan students UTHM Johor terhadap perbandingan antara PnP secara face to face dan PJJ Online serta mengetahui impaknya semasa Covid-19 ini. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Jumlah responden dalam kajian ini 388 students UTHM Johor Malaysia. Hasil penelitian mendapati hampir 60% students UTHM setuju bahwa PnP secara face to face masih dianggap baik berbanding PJJ online, karena lebih mudah memahami materi yang diajarkan dosen, mudah melakukan interaksi antara dua hala, PJJ online masih sukar untuk dipantau perkembangannya apatah lagi jika dilakukan full online. Namun walaupun begitu terdapat 27% yang mengatakan pengajaran secara online memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan face to face misalnya dari segi fleksibel waktu kulyah karena boleh diakses dimana saja, kemudahan untuk submit tugasan dan sbeagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad K. (2016). Membina Proses e-Pembelajaran Satu Anjakan Pradigma. Insititut Perguruan Temenggong Ibrahim, Johor Bahru.

Azzahra F. (2020). Covid-19 dan Pengalaman Home Schooling. Daripada https://ibtimes.id/covid-19-dan-pengalaman-homeschooling/

Deshwal, P., Trivedi, A., & Himanshi, H. L. N. (2017). Online learning experience scale validation and its impact on learners’ satisfaction. Procedia computer science, 112, 2455-2462. doi:https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.08.178. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.08.178

Dwiyogo, W., D. (2013). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Diakses http://www.id.m.wikibooks.org/wiki/Pembelajaran_Berbasis_Blended_Learning

Guiller, J., Durndell, A., & Ross, A. (2008). Peer interaction and critical thinking: Face-to-face or online discussion? Learning and instruction, 18(2), 187-200. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.03.001 DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.03.001

Harian B. (2021). Sedia Hadapi Kelas Maya Sesuai Norma Baharu. Diakses https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2020/04/679003/sedia-hadapi-kelas-maya-sesuai-normal-baharu

Harian B. (2021). Pastikan Pensyarah Tak Abaikan Pelajar. Diakses https://www.bharian.com.my/rencana/komentar/2020/03/668325/covid-19-pastikan-pensyarah-tak-abai-pelajar

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Isaac, O., Aldholay, A., Abdullah, Z., & Ramayah, T. (2019).Online learning usage within Yemeni higher education: The role of compatibility and task-technology fit as mediating variables in the IS success model.Computers &Education,136,113129.doi:https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.012

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (e-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. DOI: https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5

Keen, P. (2000). Kamus Istilah Teknologi Informasi Bagi Menejer. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kementerian Kesihatann Malaysia. (2021). Terkini Negeri. Retrieved Februari, 21, 2020, From : (http://covid-19.moh.gov.my/terkini)

Navimipour, N. J., & Zareie, B. (2015). A Model for Assessing the Impact of e-Learning Systems on Employees’ Satisfaction. Computers in Human Behavior, 53, 475-485. doi: https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.07.026 DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.07.026

Nikmawati, I. S. (2014). Korelasi Gaya Belajar Siswa Kelas VII dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Durenan Trenggalek. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung.

Nugroho, M. A., Setyorini, D., & Novitasari, B. T. (2019). The role of satisfaction on perceived value and e-learning usage continuity relationship. Procedia Computer Science, 161, 82–89. doi:https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.102 DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.102

Pereira, F. A. de M., Ramos, A. S. M., Gouvêa, M. A., & da Costa, M. F. (2015). Satisfaction and continuous use intention of e-learning service in Brazilian public organizations. Computers in Human Behavior, 46, 139–148. doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.01.016. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.01.016

Rahmawati, S.D. (2009). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa PJJ S1 PGSD Universitas Negri Semarang. Skripsi fakultas Ilmu Pendidikan, Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negri Semarang.

Rienties, B., & Toetenel, L. (2016). The impact of learning design on student behaviour, satisfaction and performance: A cross-institutional comparison across 151 modules. Computers in Human Behavior, 60, 333–341. doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.02.074. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.02.074

Rusma, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, A. R. (2014). Peningkatan Prestasi Belajar Dan Kemampuan Group-Workmelalui Kombinasi Pembelajaran Peer Learning Dan Blended Learning. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5169 DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v12i1.5169

Selwyn, N. (2003). Why Students Do (And Do Not) Make Use of ICT in University, Finding Common Ground: IT Education, Dearing and Democracy in the Information Society Conference. 9th Julay. University of Leeds Department of Compting.

Tîrziu, A. M., & Vrabie, C. (2015). Education 2.0: E-learning Methods. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 186, 376-380. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.213 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.213

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wong, M., M. (2006). Kajian Mengenai Penggunaan e-Learning UTM Dikalangan Pelajar Tahun 5 Sarjana Muda Sains dan Computer Serta Pendidikan. Tesis Sarjana Muda Sains dan Computer Serta Pendidikan. Universti Teknologi Malaysia, Skudai.

Yilmaz, R. (2017). Exploring the role of e-learning readiness on student satisfaction and motivation in flipped classroom. Computers in Human Behavior, 70, 251–260. doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.12.085. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.12.085

Published

2021-04-22

How to Cite

Kirin, A. B., Isma’il, F. bin H., Masruri, M., Marpuah, S., & Mohammad, C. A. bin . (2021). Pengajaran dan Pembelajaran Metode Face to Face dan Pjj Online: Perbandingan dan Impak terhadap Students UTHM Johor Malaysia Semasa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 206–217. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.534

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.