Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Materi Kualitas Lingkungan Sebagai Kebutuhan Hidup Kelas 11 SMA Negeri 1 Gringsing Kabupaten Batang

Authors

  • Erlina Kusuma Dewi Zaen Universitas Negeri Semarang
  • Sriyono Sriyono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6629

Keywords:

Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Divisions

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran geografi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif yang mampu membentuk dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia secara optimal. Salah satu pendekatan yang dinilai efektif adalah model Student Team Achievement Division (STAD), yang dirancang untuk meningkatkan motivasi serta partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan materi kualitas lingkungan di SMA Negeri 1 Gringsing serta mengidentifikasi berbagai hambatan yang dihadapi guru dalam penyampaian materi tersebut. Studi terdahulu menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif berpotensi meningkatkan capaian akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui catatan lapangan, wawancara, observasi, dan dokumen lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase untuk menggambarkan proses pembelajaran, terutama dalam hal partisipasi dan respons siswa terhadap penerapan metode STAD. Hasil validasi instrumen menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan sangat layak untuk diimplementasikan. Tanggapan siswa menghasilkan skor total 2430, dengan nilai rata-rata 81 dan persentase 135%, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran geografi berbasis lingkungan dinilai sangat praktis. Selain itu, dari hasil pengamatan aktivitas siswa, ditemukan bahwa dari 30 siswa, sebanyak 3 siswa (10%) berada pada kategori cukup baik, 23 siswa (77%) kategori baik, dan 4 siswa (13%) kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji-T, diperoleh nilai signifikansi 0,001 yang berada di bawah ambang batas 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Nilai rata-rata N-gain sebesar 0,5658 termasuk kategori sedang (0,3 < g < 0,7), dengan skor rata-rata persentase N-gain sebesar 56,5831 yang berada dalam kategori "cukup efektif" berdasarkan kriteria rentang 56–75.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, H. (2024). Efektivitas model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPS di sekolah menengah pertama. Jurnal Sosiologi Pendidikan dan Pendidikan IPS (SOSPENDIS), 2(2), 138–149.

Ahyar, L. M., Ibnu, S., & Affandy, D. (2017). Penerapan STAD dalam pembelajaran inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(1), 21–30. https://doi.org/10.17977/um026v2i12017p021

Anisa, E. (2019). Perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batang tahun pelajaran 2019/2020 [Skripsi, Universitas Negeri Semarang].

Budiastana, P. (2015). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan kognisi dan keterampilan sosial pada siswa sekolah menengah pertama. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12782

Candra, T., & Sylvia, I. (2022). Penggunaan model Talking Stick berbantuan kamus mini sebagai sumber belajar sosiologi dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa sekolah menengah atas. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4), 315–333. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i4.186

Friani, I. F., Sulaiman, & Mislinawati. (2017). Kendala guru dalam menerapkan model pembelajaran pada pembelajaran tematik berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 88–97. https://www.neliti.com/publications/188143/

Hasryani, N., & Ariani, T. (2024). Model pembelajaran berbasis Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. ANTHOR: Education and Learning Journal, 3(5), 16–20. https://doi.org/10.31004/anthor.v3i5.358

Husaeni, M. F. A. (2025). Pengaruh penggunaan bahan ajar kitab Tanwirul Hija terhadap hasil belajar kognitif fiqih materi tharah santri: Penelitian kuantitatif pre-eksperimental di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah: MTs Pondok Pesantren Nurul Iman Cibaduyut Kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Lathifa, N. N., Anisa, K., Handayani, S., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(2), 69–81. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2869

Mendra, W., Bayu, P., Andi, B. C., & Sumardi, E. (2025). Buku Referensi Metodologi Penelitian Kombinasi Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methods.

Nadlir, N., Khoiriyatin, V. Z., Fitri, B. A., & Ummah, D. N. (2024). Peran perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pengajaran. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 1–15. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i2.2332

Nisa’, F. Z., & Rayungsari, M. (2024). Efektivitas model pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 99–106. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.892

Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Efektivitas pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan komik pada siswa SD. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1067

Nurfaizah, R. (2023). Penggunaan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran psikologi. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(3), 259–268.

Pebrianti, P., & Irawati, W. (2024). Peran guru dalam menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran sains. Inculco Journal of Christian Education, 4(1), 34–54. https://doi.org/10.59404/ijce.v4i1.104

Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam mengembangkan keterampilan sosial. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 295. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983

Sitinjak, Y. S. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar T.A 2022/2023. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 8(2), 280–287. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3373

Tsabita, D. W., Zulkarnain, F. O., Adi, I. G. A. R. K. D., & Evaldus, J. D. (2023). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 466–474. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.321

Wahyuni, & Hasibuan, D. A. (2025). Peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal pecahan melalui penerapan model pembelajaran STAD di kelas 6 SDN 104202 Bandar Setia Medan. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 2(1), 306–322. https://doi.org/10.62383/katalis.v2i1.1300

Zulfa, L., Safari, R. A., Damayanti, A. N., & Setiawaty, R. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa: Systematic literature review. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 4–8

Published

2025-09-01

How to Cite

Zaen, E. K. D., & Sriyono, S. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Materi Kualitas Lingkungan Sebagai Kebutuhan Hidup Kelas 11 SMA Negeri 1 Gringsing Kabupaten Batang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1318–1328. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6629

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.