Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Edukasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Diajeng Lyra Adibowo Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Afif Emilia Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Ibrahim Bin Sa’id Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Puspoko Ponco Ratno Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Aziza Anggi Maiyanti Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Atika Anggraini Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6456

Keywords:

Media Pembelajaran, Website Edukasi, Hasil Belajar, ADDIE, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah perlunya media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan kebutuhan abad 21 untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis website edukasi serta menguji kelayakan dan efektivitasnya. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas VII MTs Al-Huda Jatirejo Mojoduwur. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, validasi ahli, angket respon siswa, serta pre-test dan post-test. Hasil validasi dari tiga ahli menunjukkan kelayakan media dengan skor 90–98%, tergolong dalam kategori sangat layak. Respon siswa juga positif terhadap media yang dikembangkan. Uji efektivitas menggunakan N-gain dan uji t berpasangan menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar. Rata-rata nilai pre-test siswa adalah 41,92 dan meningkat menjadi 85,77 pada post-test. Nilai N-gain sebesar 0,7604 termasuk kategori tinggi, sedangkan uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis website edukasi yang dikembangkan terbukti sangat layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media ini menawarkan pendekatan pembelajaran yang fleksibel, interaktif, dan relevan dengan perkembangan teknologi, sehingga dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung proses pembelajaran IPA di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananti, Y. R., & Anggraini, A. (2023). Application of Multimedia Interactive Learning Based on Problem-Based Learning to Improve Students' Cognitive Learning Outcomes and Critical Thinking Skills. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 2(3), 139-151. https://doi.org/10.30762/ijise.v2i3.1887

Audia, F. A., Zakiah, L., & Utami, N. C. M. (2021). Lectora Inspire Learning Media Based on Character Education in Civics. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 549–556. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.35949

Bakri, F., Fajriani, F., & Muliyati, D. (2017). Media e-learning berbasis CMS joomla: Pelengkap pembelajaran fisika SMA. Jurnal Teknodik, 99-99. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i2.346

Bramantio, K. A., Nata, P. M., Pratiwi, P. D., & Sutadi, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Berbasis Android Dengan Model Addie. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4508-4519.

Fasa, I. A., & Purwanti, K. L. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis website mata pelajaran matematika untuk siswa madrasah ibtidaiyah. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(1), 15-24. https://doi.org/10.17977/um009v32i12023p15-24

Firdaus, A., Taufiq, M., & Nurkamilah, M. (2022). Rancang bangun sistem informasi presensi siswa berbasis web dengan menggunakan model Addie. PRODUKTIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 537-547. https://doi.org/10.35568/produktif.v6i1.2094

Gading, I. K. (2020). The Development of Cyber Counseling as a Counseling Service Model for High School Students in the Digital Age. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 301-313. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.25469

Ismawan, F., Isnain, N., & Raharjo, R. A. (2020). Pemanfaatan website berbasis cms-wordpress sebagai media pembelajaran guru tk binakheir cibinong–bogor. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 3(1), 68-77. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.4271

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. https://dx.doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54

Maarif, S., Fikrati, A. N., Rahman, F., Masruchan, M., & Muslimin, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JP-MAS), 5(2), 1-13. https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i2.3421

Nirwanto, B. G., Murtono, M., & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 275-283. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38503

Nuriyah, Z. C., Anggraini, A., Yusal, Y., Sa'id, I. B., Maiyanti, A. A., & Wulandari, R. W. (2023). Digital Technology Development in the Form of YouTube Videos as Science Learning Media in Ecosystem Material on Learning Motivation. Indonesian Journal of Multidisciplinary Educational Research, 1(1), 14-28. https://doi.org/10.30762/ijomer.v1i1.900

Puspa, K. C. D., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Website Pada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 32-40. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44879

Rahmah, Z., Derta, S., Musril, H. A., & Okra, R. (2022). Perancangan Website Eduji Menggunakan CMS Wordpress. Intellect: Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(2), 205-218. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i2.206

Ratno, P. P. (2022). Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Sains Teknologi Masyarakat. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.677

Saluky, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1). http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v5i1.685

Saputra, R., Diandita, Y. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada pembelajaran IPS sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3327-3338. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962

Sunarti, S., & Safitri, B. R. A. (2016). Pengembangan Media Berbasis Wordpress Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(1), 46-49. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v4i1.836

Supriyono, H., Sujalwo, S., Sapoetra, A., & Rahayu, E. T. (2015). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis web bagi guru SMP dan SMA Muhammadiyah Kartasura. Warta LPM, 18(2), 98-109. https://doi.org/10.23917/warta.v18i2.1949

Uno, H. B., & Ma'ruf, A. R. K. (2016). Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis website untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 169-185. https://doi.org/10.21009/jtp.v18i3.5372

Yusal, Y., Suhandi, A., Setiawan, W., & Kaniawati, I. (2021). The effectiveness of collaborative problem-solving using decision-making problems to improve the pre-service physics teachers’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 107-116.

Published

2025-09-01

How to Cite

Adibowo, D. L., Emilia, A., Sa’id, I. B., Ratno, P. P., Maiyanti, A. A., & Anggraini, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Edukasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1155–1165. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6456

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.