Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Edukasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6456Keywords:
Media Pembelajaran, Website Edukasi, Hasil Belajar, ADDIE, Ilmu Pengetahuan AlamAbstract
Urgensi dari penelitian ini adalah perlunya media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan kebutuhan abad 21 untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis website edukasi serta menguji kelayakan dan efektivitasnya. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas VII MTs Al-Huda Jatirejo Mojoduwur. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, validasi ahli, angket respon siswa, serta pre-test dan post-test. Hasil validasi dari tiga ahli menunjukkan kelayakan media dengan skor 90–98%, tergolong dalam kategori sangat layak. Respon siswa juga positif terhadap media yang dikembangkan. Uji efektivitas menggunakan N-gain dan uji t berpasangan menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar. Rata-rata nilai pre-test siswa adalah 41,92 dan meningkat menjadi 85,77 pada post-test. Nilai N-gain sebesar 0,7604 termasuk kategori tinggi, sedangkan uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis website edukasi yang dikembangkan terbukti sangat layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media ini menawarkan pendekatan pembelajaran yang fleksibel, interaktif, dan relevan dengan perkembangan teknologi, sehingga dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung proses pembelajaran IPA di sekolah.
Downloads
References
Ananti, Y. R., & Anggraini, A. (2023). Application of Multimedia Interactive Learning Based on Problem-Based Learning to Improve Students' Cognitive Learning Outcomes and Critical Thinking Skills. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 2(3), 139-151. https://doi.org/10.30762/ijise.v2i3.1887
Audia, F. A., Zakiah, L., & Utami, N. C. M. (2021). Lectora Inspire Learning Media Based on Character Education in Civics. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 549–556. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.35949
Bakri, F., Fajriani, F., & Muliyati, D. (2017). Media e-learning berbasis CMS joomla: Pelengkap pembelajaran fisika SMA. Jurnal Teknodik, 99-99. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i2.346
Bramantio, K. A., Nata, P. M., Pratiwi, P. D., & Sutadi, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Berbasis Android Dengan Model Addie. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4508-4519.
Fasa, I. A., & Purwanti, K. L. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis website mata pelajaran matematika untuk siswa madrasah ibtidaiyah. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(1), 15-24. https://doi.org/10.17977/um009v32i12023p15-24
Firdaus, A., Taufiq, M., & Nurkamilah, M. (2022). Rancang bangun sistem informasi presensi siswa berbasis web dengan menggunakan model Addie. PRODUKTIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 537-547. https://doi.org/10.35568/produktif.v6i1.2094
Gading, I. K. (2020). The Development of Cyber Counseling as a Counseling Service Model for High School Students in the Digital Age. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 301-313. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.25469
Ismawan, F., Isnain, N., & Raharjo, R. A. (2020). Pemanfaatan website berbasis cms-wordpress sebagai media pembelajaran guru tk binakheir cibinong–bogor. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 3(1), 68-77. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i1.4271
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. https://dx.doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54
Maarif, S., Fikrati, A. N., Rahman, F., Masruchan, M., & Muslimin, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JP-MAS), 5(2), 1-13. https://doi.org/10.32682/jp-mas.v5i2.3421
Nirwanto, B. G., Murtono, M., & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 275-283. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38503
Nuriyah, Z. C., Anggraini, A., Yusal, Y., Sa'id, I. B., Maiyanti, A. A., & Wulandari, R. W. (2023). Digital Technology Development in the Form of YouTube Videos as Science Learning Media in Ecosystem Material on Learning Motivation. Indonesian Journal of Multidisciplinary Educational Research, 1(1), 14-28. https://doi.org/10.30762/ijomer.v1i1.900
Puspa, K. C. D., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Website Pada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 32-40. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44879
Rahmah, Z., Derta, S., Musril, H. A., & Okra, R. (2022). Perancangan Website Eduji Menggunakan CMS Wordpress. Intellect: Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(2), 205-218. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i2.206
Ratno, P. P. (2022). Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Sains Teknologi Masyarakat. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.677
Saluky, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web Dengan Menggunakan Wordpress. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1). http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v5i1.685
Saputra, R., Diandita, Y. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada pembelajaran IPS sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3327-3338. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962
Sunarti, S., & Safitri, B. R. A. (2016). Pengembangan Media Berbasis Wordpress Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(1), 46-49. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v4i1.836
Supriyono, H., Sujalwo, S., Sapoetra, A., & Rahayu, E. T. (2015). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis web bagi guru SMP dan SMA Muhammadiyah Kartasura. Warta LPM, 18(2), 98-109. https://doi.org/10.23917/warta.v18i2.1949
Uno, H. B., & Ma'ruf, A. R. K. (2016). Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis website untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 169-185. https://doi.org/10.21009/jtp.v18i3.5372
Yusal, Y., Suhandi, A., Setiawan, W., & Kaniawati, I. (2021). The effectiveness of collaborative problem-solving using decision-making problems to improve the pre-service physics teachers’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 107-116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diajeng Lyra Adibowo, Afif Emilia, Ibrahim Bin Sa’id, Puspoko Ponco Ratno, Aziza Anggi Maiyanti, Atika Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.