Implementasi Metode Utrujah dalam Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SDIT Madani Ekselensia Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1706Keywords:
Implementasi, Metode Utrujah, Pembelajaran tahfiz Al-Qur’an, KualitatiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode utrujah dalam pembelajaran tahfiz yang menggunakan pendekatan individual dengan menitik beratkan cinta Al-Qur’an. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang dilaksanakan melalui prosedur atau langkah-langkah. Prosedur yang dimaksud sebagai berikut: pengambilan data, pemunculan data dan kevalidan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode utrujah diawali dengan pra Al-Qur’an yang cenderung fokus ada pengenalan huruf hijaiyah dan membacanya secara talaqqi. Selanjutnya metode ini akan masuk pada pengenalan tajwid secara lebih mendalam. Kemudian tahap dimana peserta didik menghafal Al-Qur’an dan SDIT Madani ekselensia memiliki visi yang lulusannya dapat hafal delapan juz.
Downloads
References
Ahsin. (2006). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.
Anwar, Sumarsih. (2017). Implementation of Tahfidzul Qur’an Education at Elementary School-Aged Children at Pesantren Nurul Iman Tasikmalaya
Atik Murobbiyatul Wardah, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfiz al-Qur'an (Studi Multikasus di TK Khairunnas Nurul Hayat Surabaya dan SMP Khairunnas Nurul Hayat Tuban) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Djamarah, Syaiful Bahri. (2022). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Herma, T., & Kusyairy, U. (2020). Analisis Penerapan Metode Tabarak Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Di Sekolah Tahfidz Al-Husna Balita Dan Anak Makassar. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 37-48.
Hernawan, D. (2019). Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27-35.
Jaze, Ahmad. (2017). Metode Menghafal Al-Qur’an Cepat. Bandung: CV Cipta Cekas Grafika.
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mahdalena, M. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran Tahfizh Bagi Murid Bait Qurany Saleh Rahmany (Bqsr) Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 18(1), 47-63.
Musaropah, U., Mahali, M. M., Umam, M. K., Jannati, J., & Rahayu, S. H. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Klasikal Pada Pelajaran Tahfidz Quran Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an Kabupaten Gunungkidul. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 49-58.
Nurdin dan Usman. (2011). Implementasi Pembelajaran. Yogyakarta: Rajawali Press.
Nurbaiti, R., Wahyudin, U. R., & Abidin, J. (2021). Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 55-59.
Nursyamsi, N. (2018). Metode Menghafal Al Qur’an di Rumah Tahfidz Al-Ikhlas Kelurahan Batipuh Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Mau'izhah, 8(2), 77-100.
Rizalludin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 33-37.
Sa'dullah. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Sarmini. (2012). Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Qur’an. Bandung: Khazanah Intelektual.
Sidauruk, D. F. (2019). Penerapan Metode Kauny Quantum Memory dalam Meningkatkan Hafalan dan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tahfiz di MI Nurul Qomar Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 2(2), 73-78.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumanti. (2007). Metode Pembelajaran 2007. Bandung: CV Wacana Prima
Supriadi, S., Barlian, U. C., & Koswara, N. (2022). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Mutu Siswa SMA Swasta Istiqomah, SMA Plus Al Ghifari dan SMA Alfa Centauri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 722-730.
Syamsu, Yusuf. (2006). Psikolog Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syahfitri, R. (2021). Implementasi Program Qira’Atul Qur’An Dalam Mengatasi Buta Huruf Al-Qur‟ An di SMP IT Baiti Jannati (Doctoral dissertation).
Yusuf, Kadir M. (2013). Tafsir Tarbawi, Pesan-Pesan Al-Qur'an Tentang Pendidikan.Jakarta: Amzah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.