Peningkatkan Hasil Belajar Sains Konsep Listrik Dinamis melalui Penerapan Model Pembelajaran Generatif pada Siswa Kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1370Keywords:
hasil belajar sains, konsep listrik dinamis, model pembelajaran generatifAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sains konsep perubahan lingkungan pada siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo, yang diajar melalui penerapan model pembelajaran generatif. Penenlitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan II masing-masing terdiri tiga kali pertemuan. Subjek penenlitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo. Hasil penelitian menunjuakan bahwa ada peningkatan pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap siklus. Dimana pada siklus pertama 64,85 dan siswa yang tuntas belajar 22 orang (62,86%). Pada siklus kedua 81,14 dan siswa yang tuntas 30 orang (85,71). Disamping itu, data hasil observasi disetiap siklus menujukkan adanya perubahan sikap siswa kearah yang lebih positif, keaktifan dalam belajar, kerjasama dan keaktifan dalam menerima pelajaran. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelejaran generatif dapat meningkatkan hasil belajar sains pada siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru SD untuk dapat menjadikan model pembelajaran generatif sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran dalam mengajarkan sains khususnya listrik dinamis di sekolah.
Downloads
References
Arikunto, S., Shuardjono, & Supriadi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Angora, T. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Asep, J. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Khaeruddin, E. (2006). Metodologi Penelitian. Makassar: Berkah Utami Makassar.
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya Bandung.
Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar Offset Semarang.
Yatim, R. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran; Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Sudjana, N. (2005). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovetif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.