Ilustrasi Tutorial Webinar Era Covid-19 Program Pendidikan Dasar dan Non Pendidikan Dasar Universitas Terbuka
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.2915Keywords:
Tutorial Webinar, Era Covid-19, Pendidikan Dasar, Tingkat Perhatian, KepuasanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat angka pertisipasi kehadiran mahasiswa dan tutor serta tingkat perhatian dan kepuasan mahasiswa dalam tutorial tuwebinar di era Covid-19 masa tuwebinar 2022 di Unit Program Belajar Jauh Universitas Tebuka Makassar Sulawesi Selatan. Penelitian ini adalah penilitian kualitatif dengan jumlah populasi 25 orang, 160 tutor dan 24 kabupaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi online yang dilakukan oleh 25 pemantau kepada 160 tutor yang memberikan tutorial webinar. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan tata kerja deskrpsi, reduksi, kategorisasi, penafsiran, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kehadiran mahasiswa dan tutor per pemantau per wilayah mencapai > 88.67% dan ketidakhadiran mencapai 11.33%. Kemudian, capaian rata-rata per wilayah pantauan kehadiaran mahasiswa dan tutor mencapai 92.17% dan ketidakhadiran mencapai 0,33%. Indikator-indikator layanan tutorial yang diobservasi secara online oleh pemantau, yaitu penguasaan materi, peran tutor membantu mahasiswa memahami materi pelajaran, umpan balik tutor terhadap latihan/tugas, kesesuaian pelaksanaan jadwal tutorial, kualitas tempat tutorial, dan kemudahan mengikuti tuton. Sesuai dengan capaian layanan tutorial kateori perhatian mencapai 86.92% dan kepuasan mencapai 86.89%. Antara perhatian dan kepuasan dalam layanan tutorial terdapat celah 0.03%. Layanan yang memperoleh jedah adalah layanan tutor dalam membantu mahasiswa memahami materi (gap -038), kualitas fasilitas tempat tutorial (gap -0,06), kemudahan menngikuti tuton (gap -0,65), dan layanan pembayaran di Bank Mitra (gap -33,69). Implikasi tingkat partisipasi kehadiran mahasiswa dan tutor dalam tutorial webinar di era Covid-19 sangat signifikan implementasinya dibandingkan sebelum era Covid-19. Observasi online era Covid-19 dapat menjangkau yang tidak terjangkau secara sinkronus kegiatan tutor dan mahasiswa secara bersamaan dengan tempat yang berbeda, sedangkan sebelum era Covid-19, pemantau mengunjungi lokasi-lokasi tutorial tatap muka per kabupaten sehingga harapan memperoleh hasil tidak bisa tercapai sesuai rencana persentasi capaian > 85%.
Downloads
References
Al-Shammari, Z. N. (2016). Enhancing higher education student attendance through classroom management. Cogent Education, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.108 0/2331186X.2016.1210488
Amalia, S., Nurhasanah, A., Fitria, W., Andriani, R., Ramdhani, M. I., Mahmudah, F., ... & Trimadona, E. (2023). Pelatihan Persiapan Pembelajaran Online Berbasis Schoology Di Era Pandemi Covid-19. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 345-352. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13305
Amelia, L. (2021). Inovasi Metode Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Tatanan Era New Normal. AL-AZHAR, 11(1), 63-70.
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Arrum, A. H., & Fuada, S. (2021). Organizing a webinar on the opportunities to become a motion-graphics-based digital technology freelancer during the Covid-19 Pandemic. Community Empowerment, 6(10), 1757-1767. https://doi.org/10.31603/ce.5090
Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241-255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Atina, V. Z. (2021). A Guide To Survive In The Corona Virus Pandemic And The Society 5.0 Era. Deepublish.
Dasmawan, D., Afandi, K., Puspitasari, N. T., Anggrelia, S., Damayanti, K., Ningrum, J. A., & Rahmaniasan, V. (2021). Pelaksanaan Webinar Dengan Tema Implementasi Digital Marketing Dalam Menarik Minat Konsumen di Era Pandemi COVID-19 Khususnya di Desa Ketapang. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79-82. https://doi.org/10.35877/panrannuangku521
Dwiyanti, D. (2023). Minat dan Efektivitas Webinar Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA), 3(3), 930-937. https://doi.org/10.47709/jebma.v3i3.3179
Findyartini, A., Soemantri, D., Greviana, N., Hidayat, R. N., & Claramita, M. (2020). Buku panduan adaptasi pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan di era pandemi covid-19. Universitas Indonesia Publishing.
Gallenga, C. E., Agnifili, L., D’Aloisio, R., Brescia, L., Toto, L., & Perri, P. (2022). Virtual learning solutions in COVID-19 era: University Italian Ophthalmology department perspective. European Journal of Ophthalmology, 32(2), 1221-1227. https://doi.org/10.1177/11206721211015576
Garrison, D. R. (2019). Online Community Of Inquiry Review: Social, Cognitive, And Teaching Presence Issues. Online Learning. https://doi.org/10.24059/olj.v11i1.1737
Khoiridah, S., Ferriswara, D., & Augustinah, F. (Eds.). (2020). Merdeka berpikir: Catatan harian pandemi covid-19. Unitomo Press.
Mayangsari, M. D., & Nurrachmah, D. (2021). Kiat pembelajaran daring di era covid-19 sebagai upaya penerapan psikologi pendidikan pada proses belajar siswa smp. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 1(1), 125-133. https://doi.org/10.20527/ilung.v1i1.3586
McMahon, C. J., Tretter, J. T., Faulkner, T., Kumar, R. K., Redington, A. N., & Windram, J. D. (2021). Are e-learning Webinars the future of medical education? An exploratory study of a disruptive innovation in the COVID-19 era. Cardiology in the Young, 31(5), 734-743. https://doi.org/10.1017/S1047951120004503
Mufidah, M. K. (2023). Peran Content Creator Media Sosial dalam Perspektif Sosiologi Komunikasi di Era Endemi Covid-19. Jurnal Dinamika, 4(1), 33-52. https://doi.org/10.18326/dinamika.v4i1.33-52
Muflikah, B., Kusuma, V. A., & Swidarto, S. (2022). Analisis Penggunaan Tutorial Webinar di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pendekatan Technology Acceptance Model Pada Universitas Terbuka. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 52-59. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p52-59
Resmadi, I., & Bastari, R. P. (2022). Workshop Perancangan Storytelling Untuk Pemanfaatan Konten Media Sosial Pada Komunitas Radio Depan Rumah. Journal of Social Work and Empowerment, 2(1), 45-58. https://doi.org/10.58982/jswe.v2i1.206
Retnaningtyas, E., Rini, D. P., Praditasari, N. N., & Cahyani, S. N. (2021). Optimalisasi Pencegahan Konfirmasi Positif Covid 19 Melalui Peran Kader Kesehatan di Era Pandemi Covid 19. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 812-817.
Rimapradesi, Y. (2022). Strategi Smart Tourism Pemerintah DI Yogyakarta di Era New Normal. Sospol: Jurnal Sosial Politik, 8(1), 16-27. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v8i1.15600
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., ... & Sulistiana, D. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.
Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24-36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Susilowati, R. D., Sutama, S., & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 68-78. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p68-78
Terazono, H., Tsuchiya, M., Maki, Y., Yoshikawa, N., Kawahara, Y., Nishimura, K., ... & Uchida, M. (2022). Evaluation of a webinar for pharmacists learning basic clinical-oncology during COVID-19 pandemic in Japan. Biological and Pharmaceutical Bulletin, 45(7), 856-862. https://doi.org/10.1248/bpb.b21-00844
Veranita, M., Yusuf, R., Sahidin, Y., Susilowati, R., Fatihah, D. C., & Warsiati, W. (2021). Empowering UMKM Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Di Era New Normal (Literasi Media Digital Melalui Webinar). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(2), 159-168. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v4i2.585
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.