Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran CIRC pada Siswa Kelas XI IPA C SMA Negeri 3 Palopo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.313Keywords:
Hasil Belajar Matematika, CIRC, PTKAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika yang diajar melalui model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, reading and Composition) Pada Siswa Kelas XI IPA C SMA Negeri 3 Palopo semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 30 siswa. Pelaksanaan tindakan ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dengan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes pada setiap akhir siklus dan lembaran observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil analisis yang diperoleh dari analisis kuantitatif yaitu skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 63,87 berada pada kategori sedang dengan standar deviasi 14,67 dari skor ideal 100, skor maksimum 80 dan skor minimum 30. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar matematika siswa yaitu 77 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 5,74. Dari skor ideal 100, skor maksimum 85 dan skor minimum 60. Sedangkan analisis secara kualitatif, terjadi perubahan perilaku siswa yang mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh frekuensi kehadiran dengan persentase pada siklus I hanya 94,17 % dan pada siklus II meningkat menjadi 96,67 % terjadi pula peningkatan perhatian, minat dan motivasi siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan oleh guru, hal ini ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah siswa yang mampu menyelesaikan soal-soal matematika, menjawab pertanyaan secara lisan, bertanya tentang materi yang telah dibahas, serta berkurangnya siswa yang melakukan kegiatan lain pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 3 Palopo mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui model pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, reading and Composition), walaupun secara klasikal ketuntasan belajar tidak mencapai 85%.
Downloads
References
Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
B. S. N. P. (2007). Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD (SD/MI/SDLB). Depdiknas, Jakarta.
Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.
Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 281-284).
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019, October). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 202-208).
Hamalik, U. (2009) Proses belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122-129.
Slavin, R, E. (2009). CooporativeLlearning (teori, riset dan praktik). Bandung: Nusamedia.
Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46
Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Wirodikromo, S. (2007) Matematika SMA Kelas XI Program Ilmu alam. Jakarta: Erlangga.
Yulianni. (2008). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Nembered Heads Together (NHT) pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kajang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar. Tidak diterbitkan
Yulianni, (2009) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA Pada Materi Listrik Dinamis. Tidak diterbitkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.