Meningkatkan Hasil Belajar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng Kabupaten Barru
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.341Keywords:
hasil belajar, lingkungan tempat tinggalku, picture and pictureAbstract
Hasil analisis dokumentasi guru kelas IV SD pada nilai tema lingkungan tempat tinggalku, menunjukkan bahwa rerata hasil belajar yang di capai 67,8. Dari jumlah keseluruhan siswa 20 orang yang ikut tes, yang tuntas hanya 11 dengan persentase 55% dan yang tidak tuntas 45% dari 9 orang. Persentase keaktifan siswa 49,73% dikategorikan tidak baik. Solusi alternatif melaksanakan model pembelajaran Picture and Picture dengan tujuan meningkatkan hasil belajar tema lingkungan tempat tinggalku siswa kelas IV. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (classroom research). Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam siklus berulang. Tiap siklus terdiri dari empat fase sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan analisis atau refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng, berjumlah 20 orang siswa, yaitu: 10 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru, sedang data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil tindakan tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar pra siklus ke siklus 1 telah meningkat sebesar 2,55%, dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 1%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat sebesar 7,85%. (2) Kemampuan guru peningkatan persentase skor yang dicapai siklus 3, jika dibandingkan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 16,67%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat sebesar 13,09%. (3) Aktifitas belajar siswa siswa peningkatan persentase skor yang dicapai siklus 3, jika dibandingkan dari pra siklus ke siklus 1 menurun 1,69%, siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 11,25%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat sebesar 15,29%.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ke IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor. DEIKSIS, 9(3), 385-391. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/953. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i03.953
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Daerah Tempat Tinggalku Tema 8. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI Kelas IV. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Daerah Tempat Tinggalku Tema 8. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI Kelas IV. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marimba. (1978). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Milles & Huberman. (1992). Analisis Data kualitatif. Terjemahan Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mundziroh, S., Andayani, A., Kundharu, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(1).
Nawawi, H. (1981). Admisntrasi Pendidikan. Jakarta: PT Gunung Angun.
Sadly. (1977). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (1993). Menejemen Pengajaran: Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilo, H. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia.
Suraya, K. R. (2014). Pembelajaran Tematik Integratif dan Pengaruhnya Terhadap Akhlak Kelas IVSD Negeri Cebongan Yogyakarta.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, H., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799/1039.
Widoyoko, S. E. P. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru. Semarang: PT. Sindua Press.
Widoyoko, S. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.
Yuliastanti, D., & Zuhdi, U. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkat Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JPGSD, 2(2). 1-10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10594
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.