Meningkatkan Hasil Belajar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng Kabupaten Barru

Authors

  • Nadrah Passalowongi SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.341

Keywords:

hasil belajar, lingkungan tempat tinggalku, picture and picture

Abstract

Hasil analisis dokumentasi guru kelas IV SD pada nilai tema lingkungan tempat tinggalku, menunjukkan bahwa rerata hasil belajar yang di capai 67,8. Dari jumlah keseluruhan siswa 20 orang yang ikut tes, yang tuntas hanya 11 dengan persentase 55% dan yang tidak tuntas 45% dari 9 orang. Persentase keaktifan siswa 49,73% dikategorikan tidak baik. Solusi alternatif melaksanakan model pembelajaran Picture and Picture dengan tujuan meningkatkan hasil belajar tema lingkungan tempat tinggalku siswa kelas IV. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (classroom research). Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam siklus berulang. Tiap siklus terdiri dari empat fase sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan analisis atau refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng, berjumlah 20 orang siswa, yaitu: 10 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru, sedang data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil tindakan tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar pra siklus ke siklus 1 telah meningkat sebesar 2,55%, dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 1%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat sebesar 7,85%. (2) Kemampuan guru peningkatan persentase skor yang dicapai siklus 3, jika dibandingkan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 16,67%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat sebesar 13,09%. (3) Aktifitas belajar siswa siswa peningkatan persentase skor yang dicapai siklus 3, jika dibandingkan dari pra siklus ke siklus 1 menurun 1,69%, siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 11,25%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat sebesar 15,29%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ke IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor. DEIKSIS, 9(3), 385-391. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/953. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i03.953

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Daerah Tempat Tinggalku Tema 8. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI Kelas IV. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Daerah Tempat Tinggalku Tema 8. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI Kelas IV. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marimba. (1978). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Milles & Huberman. (1992). Analisis Data kualitatif. Terjemahan Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mundziroh, S., Andayani, A., Kundharu, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Pada Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2(1).

Nawawi, H. (1981). Admisntrasi Pendidikan. Jakarta: PT Gunung Angun.

Sadly. (1977). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (1993). Menejemen Pengajaran: Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilo, H. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia.

Suraya, K. R. (2014). Pembelajaran Tematik Integratif dan Pengaruhnya Terhadap Akhlak Kelas IVSD Negeri Cebongan Yogyakarta.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, H., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799/1039.

Widoyoko, S. E. P. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru. Semarang: PT. Sindua Press.

Widoyoko, S. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.

Yuliastanti, D., & Zuhdi, U. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkat Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JPGSD, 2(2). 1-10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10594

Published

2020-08-23

How to Cite

Passalowongi, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 275–282. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.341

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.