Implementasi Model Pembelajaran RADEC (Read Answer Discuss Explain Create) Serta Dampaknya Pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Komunikasi

Authors

  • Widodo Widodo Universitas Terbuka
  • Suciati Suciati Universitas Terbuka
  • Rais Hidayat Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3706

Keywords:

Model Pembelajaran, RADEC, HOTS, Kemampuan Komunikasi

Abstract

Hasil analisis rapor Pendidikan Kabupaten Bogor menunjukkan kualitas pembelajaran perlu ditingkatkan. Analisis rapor satuan Pendidikan SD Negeri Gorowong 02 pada tahun 2023, mengindikatorkan kemampuan literasi 60% serta kemampuan numerasi 50% dan statusnya berwarna kuning. Sehingga perlu adanya inovasi baru dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi serta kemampuan komunikasi peserta didik sekolah dasar. Sehingga penelitian berfokus pada implementasi Model Pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi HOTS dan Keterampilan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan Desain Pretest-posttest control group design. Instrumen Penelitian berupa tes kemampuan HOTS, Lembar Observasi Aktivitas RADEC, Wawancara dan Angket Kuesioner. Sedangkan analis data penelitian menggunakan Uji Normalitas, Uji Peningkatan (n-Gain), dan Uji hipotesis (Uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata kemampuan HOTS dan Kemampuan komunikasi peserta didik eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) Hasil N-gain kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen dikategorikan tinggi, sedangkan kelas kontrol dikategorikan sedang. Sedangkan hasil N-gain kemampuan komunikasi kelas eksperimen dikategorikan sedang, sedangkan kelas kontrol dikategorikan rendah. Temuan dalam penelitian terdapat pengaruh yang signifikan implementasi model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi HOTS dan kemampuan komunikasi peserta didik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Andriani, L., Suhirman, S., Ihsan, M. S., & Rahman, F. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII Di MTS Darul Qur;an Bengkel, Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 4(2), 102-107. https://doi.org/10.51673/jips.v4i2.1590

Agriyana, R. K. (2024). Keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa Sekolah Dasar kelas V melalui model pembelajaran RADEC pada materi siklus air. Ducare: Journal of Education and Learning, 1(1), 1-7.

Ariyani, E., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Sains dan Berpikir Kreatif. Journal Bioterdidik, 7(3), 50–58.

Aziz, J. A. (2019). Komunikasi interpersonal guru dan minat belajar siswa. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 149-165. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.30

Budiono, H., & Abdurrohim, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi (Communication) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teratai. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 119. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.589

Nababan, D., Manik, S. M. G., & Siahaan, R. (2023). Strategi Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 557-566.

Diani, R., Asyhari, A., & Julia, O. N. (2018). Pengaruh Model Rms (Reading, Mind Mapping and Sharing) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pokok Bahasan Impuls Dan Momentum. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 31. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.128

Duran, M., & Dökme, I. (2016). The effect of the inquiry-based learning approach on student's critical-thinking skills. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education, 12(12). https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.02311a

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih, E., Suhendra, I., & Hermita, N. (2019). RADEC: An Alternative Learning of Higher Order Thinking Skills (HOTs) Students of Elementary School on Water Cycle. Journal of Physics: Conference Series, 1351(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012074

Hassan, M. N., Mustapha, R., Nik Azmah Nik Yusuff, & Rosnidar Mansor. (2017). Development of Higher Order Thinking Skills Module in Science Primary School : Needs Analysis. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i2/2670

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Lestari, H., Sopandi, W., Sa’ud, U. S., Musthafa, B., Budimansyah, D., & Sukardi, R. R. (2021). The impact of online mentoring in implementing RADEC learning to the elementary school teachers’ competence in training students’ critical thinking skills: A case study during covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 346–356. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.28655

Mahdiah. (2016). Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian (2016th ed.). Universitas Terbuka.

Naway, F. A. (2017). Sistem Komunikasi Organisasi Pendidikan. In Abdul Rahmat (Ed.), Jurnal Dirosah Islamiyah (2nd ed., Vol. 5, Issue 2). Ideas Publishing. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3073

Nelyahardi, N., & Wahyudin, A. R. (2018). Kontribusi Pendekatan Scientific Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 276–295. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6762

Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653

Rahman, A. (2020). RADEC (reading, answering, demonstrating, explaining, and creating) in lms to teach tennis without field practicing. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5433–5442. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081146

Reynolds, J. A., Thaiss, C., Katkin, W., & Thompson, R. J. (2012). Writing-to-learn in undergraduate science education: A community-based, conceptually driven approach. CBE Life Sciences Education, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.1187/cbe.11-08-0064

Safitri, E. M., Maulidina, I. F., Zuniari, N. I., Amaliyah, T., Wildan, S., & Supeno, S. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Berbasis Laboratorium Alam tentang Biopori. Jurnal Basicedu, 6(2), 2654–2663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2472

Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2020). The influence of read, answer, disscuss, explain, and create (RADEC) learning model on the concept mastery of elementary school students on the water cycle topic. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042113

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suryadi, T., Sopandi, W., & Sujana, A. (2024). Analisis Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Kelas V pada Model Pembelajaran Inkuiri dan RADEC. 9(2), 786–793. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.925

Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680

Published

2024-06-05

How to Cite

Widodo, W., Suciati, S., & Hidayat, R. (2024). Implementasi Model Pembelajaran RADEC (Read Answer Discuss Explain Create) Serta Dampaknya Pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Komunikasi . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 270–285. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3706

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.