Efektivitas E-Book dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Literasi Digital Sebagai Upaya Pemulihan Learning Loss (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar)

Authors

  • Febri Maria Andriyani Universitas Terbuka
  • Maximus Gorky Sembiring Universitas Terbuka
  • Trini Prastati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3733

Keywords:

E-Book, Literasi Digital, Learning Loss, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Revolusi Industri 4.0 telah membawa dampak besar, baik dalam hal inovasi maupun efisiensi, namun juga menimbulkan tantangan baru terkait dengan keamanan dan perubahan sosial. Dengan meningkatnya akses informasi melalui internet, penggunaan internet di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, terutama di kalangan siswa sekolah. Di tengah arus informasi yang tak terbatas, literasi digital menjadi kunci untuk menyaring informasi yang relevan dan dapat dipercaya. Pendidikan dasar memegang peranan penting dalam pengembangan literasi untuk tingkat yang lebih lanjut. Namun, tantangan learning loss atau penurunan prestasi akademik menjadi fokus global, terutama sejak munculnya pandemi COVID-19. Tingkat putus sekolah, terutama di tingkat dasar, ikut memperparah masalah learning loss, yang berdampak pada kemampuan tradisional seperti bahasa dan matematika. Dalam penelitian ini, learning loss mengacu pada rendahnya capaian literasi yang tercatat dalam rapor pendidikan tahun 2023 di sekolah dasar. Upaya mengatasi learning loss dengan penggunaan e-book menjadi solusi yang menarik dengan menyediakan akses ke sumber belajar digital yang interaktif. Penelitian ini menerapkan metode kuasi eksperimen, yang membandingkan 2 kelompok siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Grogol 1 dan 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book oleh kelompok siswa SDN Grogol 2 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terbukti lebih efektif dibandingkan kelompok siswa SDN Grogol 1 yang melaksanakan aktivitas pembelajaran non-e-book/ekspositori. Literasi digital siswa juga berpengaruh terhadap hasil tes kognitif mereka, namun tidak ada interaksi signifikan antara penggunaan e-book dan literasi digital siswa dalam memengaruhi hasil tes kognitif. Meskipun demikian, keduanya secara independen membantu meningkatkan hasil tes kognitif siswa. Ini menunjukkan bahwa baik penggunaan e-book maupun literasi digital siswa sama-sama memiliki dampak positif yang dapat membantu memulihkan learning loss.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Arsendy, S., Gunawan, C. J., Rarasati, N., & Suryadarma, D. (2020). Teaching and Learning During School Closure : Lessons from Indonesia. Iseas Yusof Ishak Institute, 89, 1–11. http://hdl.handle.net/11540/12448

Azevedo, J. P., Hasan, A., Goldemberg, D., Aroob, S., & Koen Geven, I. (2020). Simulating the Potential Impacts of COVID-19 School Closures on Schooling and Learning Outcomes. Policy Research Working Paper, June, 1–61.

Aziz, R. M., Syam’aeni, M. A., Sya’baniyah, N., & Fatihah, I. C. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Tanjakan 3, Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 141–148. https://doi.org/10.30653/002.202051.267

Barrot, J. S., Llenares, I. I., & del Rosario, L. S. (2021). Students’ online learning challenges during the pandemic and how they cope with them: The case of the Philippines. Education and Information Technologies, 26(6), 7321–7338. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10589-x

Bayley, S., Meshesa, Darge Wole, Ramchandani, P., & Rose, Pauline Tassew Woldehanna, and Louise, Y. (2021). Adopting a holistic approach to examining learning loss as a result of school closures in Ethiopia_ including socio-emotional learning - The Education and Development Forum (UKFIET).

Blaskó, Z., da Costa, P., & Schnepf, S. V. (2021). Learning Loss and Educational Inequalities in Europe: Mapping the Potential Consequences of the Covid-19 Crisis. SSRN Electronic Journal, 14298. https://doi.org/10.2139/ssrn.3833230

Bol, T. (2020). Inequality in homeschooling during the Corona crisis in the Netherlands. First results from the LISS Panel. SocArXiv Papers, 1–21.

Bunga, D., Dewi, C. I. D. L., & Dewi, K. A. P. (2022). Literasi Digital Untuk Menanggulangi Perilaku Oversharing di Media Sosial. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i1.9

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi COVID-19 di Indonesia. In E-Prosiding Seminar Nasional Statistika.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (P. A. Smith (ed.); Fourth Edi).

Cullinane, C., & Montacute, R. (2020). COVID-19 and Social Mobility Impact Brief. Research Brief, April, 1–11.

Del Boca, D., Oggero, N., Profeta, P., & Rossi, M. (2020). Women’s and men’s work, housework and childcare, before and during COVID-19. Review of Economics of the Household, 18(4), 1001–1017. https://doi.org/10.1007/s11150-020-09502-1

Desi, Y. P. (2020). Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi dan Strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 51. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3510

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2022). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. Prospects, 51(4), 601–609. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6

Doyle, O. (2020). COVID-19: Exacerbating Educational Inequalities? Public Policy, 9, 1–10. http://publicpolicy.ie/papers/covid-19-exacerbating-educational-inequalities/

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17). https://doi.org/10.1073/PNAS.2022376118

Fatmawati, E. (2019). Buku Antologi Kajian dalam Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi: Filosofi, Teori, dan Paktik

Fodor, É., Gregor, A., Koltai, J., & Kováts, E. (2021). The impact of COVID-19 on the gender division of childcare work in Hungary. European Societies, 23(S1), S95–S110. https://doi.org/10.1080/14616696.2020.1817522

Gupta, S., & Jawanda, M. K. (2020). The impacts of COVID-19 on children. Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics, 109(11), 2181–2183. https://doi.org/10.1111/apa.15484

Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352–7359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3503

Hazin, M., Hidayat, S., Tanjung, A. S., Syamwiel, A., & Hakim, A. (2021). Pendampingan Psikososial dan Modul Pembelajaran Sekolah Dasar untuk Mengatasi Learning Loss. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(2), 178–189.

Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). Kuasi-Eksperimen (Issue January).

Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad, 10(2). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8978

Mulyasa, H. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah (Cet.3 Agus). Jakarta; : PT Bumi Aksara;, 2009.

Muzdalifa, E. (2022). Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi COVID-19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/152

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital Perspektif, 1(2), 195–202.

Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6, 9230–9244. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3318

Pratiwi, W. D. (2021). Learning Loss. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147–153.

Rajab, A., Magfirah, M., Dewa, N. Y. A., & Nabil, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Media E-Book SD 1 Muhammadiyah Turikale. Journal of Language Education Studies, 1(1), 9–18.

Rosmawati, W. (2023). Efektivitas Penggunaan E-Book untuk Melatih Kemampuan Bepikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 979–1002. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1172

Simbolon, M. & N. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021, July). Learning loss dalam pembelajaran daring di masa pandemi corona. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang (Vol. 1, No. 1, pp. 485-501)

Suriani, A. I. (2022). Kebijakan literasi digital bagi pengembangan karakter peserta didik. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/7030

Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Digital Di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 1–22.

Wibawa, B., Mahdiyah, & Afgani, J. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). Universitas Terbuka.

Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19. Best Journal (Biology Education Science & Technology), 5(1), 297–302.

Published

2024-06-07

How to Cite

Andriyani, F. M., Sembiring, M. G., & Prastati, T. (2024). Efektivitas E-Book dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Literasi Digital Sebagai Upaya Pemulihan Learning Loss (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 297–311. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3733

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.