Pengaruh Kepemimpinan Visioner Pimpinan Pondok dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Sekabupaten Agam Timur
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4519Keywords:
Kepemimpinan Visioner, Iklim Kerja, Kinerja GuruAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu beberapa guru di Pondok Pesantren Sekabupaten Agam Timur belum mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik dan hanya menggunakannya untuk tujuan administratif, bukan untuk kegiatan belajar mengajar. Beberapa guru juga lambat memulai pembelajaran dan cenderung menggunakan metode ceramah yang kurang efektif. Sebagian besar guru juga tidak memiliki latar belakang pendidikan formal yang memadai, serta menghadapi keterbatasan akses terhadap pelatihan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan visioner dari pimpinan pondok serta iklim kerja terhadap kinerja para guru. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, data dikumpulkan melalui angket dari 655 guru di 14 pesantren. Sampel penelitian terdiri dari 215 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Visioner mempengaruhi Kinerja Guru sebesar 27,9%, dengan indikator utama menciptakan budaya organisasi yang maju (37,5%). Iklim Kerja mempengaruhi Kinerja Guru sebesar 56,1%, dengan indikator utama menaruh kepercayaan dan terbuka (43,9%). Koefisien Determinasi (R²) sebesar 63,6% menunjukkan bahwa Kepemimpinan Visioner dan Iklim Kerja secara signifikan mempengaruhi Kinerja Guru di pesantren tersebut.
Downloads
References
Asifudin, A. J. (2016). Manajemen pendidikan untuk pondok pesantren. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 355-366. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-10
Budiman, H. (2017). Kepemimpinan Visioner Dalam Perspektif Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 44-59. https://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1074
Fauzan, A. (2016). Kepemimpinan visioner dalam manajemen kesiswaan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1). https://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v6i1.791
Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308-316. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.37
Gusli, T., Primayeni, S., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2919-2932. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1002
Hadi, Y. D. (2019). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 187-207. https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.2.187-207
Irwana, A. (2015). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas sekolah di sekolah dasar. Jurnal administrasi pendidikan, 12(2). https://doi.org/10.17509/jap.v22i2.5392
Jaliah, J., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 146-153. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14
Kusumah, D. R. G., Retnowati, R., & Helena, G. (2023). Peningkatan Keinovatifan melalui Motivasi Berprestasi Kepemimpinan Visioner dan Iklim Organisasi. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 221-233. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.192
Maulana, M. H. A. (2021). Keefektifan Pemimpin Transformasional Pesantren Bagi Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(1), 16-27. http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v4i1.6965
Nugraha, S. P., & Hariri, H. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah di SMA IT Insan Mulia Boarding School Pringsewu. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 25-32. https://doi.org/10.35912/jahidik.v2i1.1646
Octaviarnis, I. (2021). Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan komunikasi internal terhadap komitmen guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 125-135. http://dx.doi.org/10.21831/jamp.v9i2.39475
Putra, A. E., Hidayat, R., & Sarimanah, E. (2023). Peningkatan Kreativitas Kerja Guru melalui Motivasi Kerja Kepribadian dan Kepemimpinan Visioner. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 136-148. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.172
Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1024-1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053
Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91-100. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795
Safitri, R. R., Siregar, F. H., & Nisa, R. (2024). Rekonstruksi Peran Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Membentuk Pemimpin yang Kaffah dan Rahmatan Lil ‘Alamin di Pondok Pesantren. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 5(2), 147-173. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v5i2.773
Saluy, A. B., Wajdi, M. F., & Chaerudin, C. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Budaya Organisasi Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru. Indikator, 2(3), 26-42. https://dx.doi.org/10.22441/indikator.v2i3.3286
Santiari, L. P., Sunu, I. G. K. A., & Dantes, K. R. (2020). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149
Simbolon, S. (2017). Pengaruh kepemimpinan visioner, motivasi, dan kompetensi terhadap budaya kerja dan komitmen serta implikasinya pada kinerja dosen. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 87-97. https://doi.org/10.56457/jimk.v5i2.42
Subni, M., Putri, A. P., Restiawati, Y., Pelealu, N. C., & Dwiyono, Y. (2024). Implementasi Kepemimpinan Visioner dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24903/sjp.v5i1.1808
Susanti, E. (2021). Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2180-2186. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.779
Ulpah, M., Agustini, A., Sofiah, L., & Basrowi, B. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Teacher Education, 4(3), 521-531. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12282
Yusuf, F. A., & Basrowi, B. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Kinerja Guru dan Implikasinya pada Kualitas PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2851-2861. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4289
Zuhri, Z. (2018). Kepemimpinan Visioner Kiai dalam Mengimplementasikan Visi di Pondok Pesantren. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 109-142. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.325
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.