Pengaruh Kepemimpinan Visioner Pimpinan Pondok dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Sekabupaten Agam Timur

Authors

  • Muhamad Iqbal UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhammad Arif UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4519

Keywords:

Kepemimpinan Visioner, Iklim Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu beberapa guru di Pondok Pesantren Sekabupaten Agam Timur belum mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik dan hanya menggunakannya untuk tujuan administratif, bukan untuk kegiatan belajar mengajar. Beberapa guru juga lambat memulai pembelajaran dan cenderung menggunakan metode ceramah yang kurang efektif. Sebagian besar guru juga tidak memiliki latar belakang pendidikan formal yang memadai, serta menghadapi keterbatasan akses terhadap pelatihan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan visioner dari pimpinan pondok serta iklim kerja terhadap kinerja para guru. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, data dikumpulkan melalui angket dari 655 guru di 14 pesantren. Sampel penelitian terdiri dari 215 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Visioner mempengaruhi Kinerja Guru sebesar 27,9%, dengan indikator utama menciptakan budaya organisasi yang maju (37,5%). Iklim Kerja mempengaruhi Kinerja Guru sebesar 56,1%, dengan indikator utama menaruh kepercayaan dan terbuka (43,9%). Koefisien Determinasi (R²) sebesar 63,6% menunjukkan bahwa Kepemimpinan Visioner dan Iklim Kerja secara signifikan mempengaruhi Kinerja Guru di pesantren tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asifudin, A. J. (2016). Manajemen pendidikan untuk pondok pesantren. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 355-366. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-10

Budiman, H. (2017). Kepemimpinan Visioner Dalam Perspektif Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 44-59. https://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1074

Fauzan, A. (2016). Kepemimpinan visioner dalam manajemen kesiswaan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1). https://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v6i1.791

Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308-316. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.37

Gusli, T., Primayeni, S., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2919-2932. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1002

Hadi, Y. D. (2019). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 187-207. https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.2.187-207

Irwana, A. (2015). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas sekolah di sekolah dasar. Jurnal administrasi pendidikan, 12(2). https://doi.org/10.17509/jap.v22i2.5392

Jaliah, J., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 146-153. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14

Kusumah, D. R. G., Retnowati, R., & Helena, G. (2023). Peningkatan Keinovatifan melalui Motivasi Berprestasi Kepemimpinan Visioner dan Iklim Organisasi. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 221-233. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.192

Maulana, M. H. A. (2021). Keefektifan Pemimpin Transformasional Pesantren Bagi Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(1), 16-27. http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v4i1.6965

Nugraha, S. P., & Hariri, H. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah di SMA IT Insan Mulia Boarding School Pringsewu. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 25-32. https://doi.org/10.35912/jahidik.v2i1.1646

Octaviarnis, I. (2021). Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan komunikasi internal terhadap komitmen guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 125-135. http://dx.doi.org/10.21831/jamp.v9i2.39475

Putra, A. E., Hidayat, R., & Sarimanah, E. (2023). Peningkatan Kreativitas Kerja Guru melalui Motivasi Kerja Kepribadian dan Kepemimpinan Visioner. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 136-148. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.172

Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1024-1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053

Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., & Sunu, I. G. K. A. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91-100. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2795

Safitri, R. R., Siregar, F. H., & Nisa, R. (2024). Rekonstruksi Peran Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Membentuk Pemimpin yang Kaffah dan Rahmatan Lil ‘Alamin di Pondok Pesantren. Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education, 5(2), 147-173. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v5i2.773

Saluy, A. B., Wajdi, M. F., & Chaerudin, C. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Budaya Organisasi Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru. Indikator, 2(3), 26-42. https://dx.doi.org/10.22441/indikator.v2i3.3286

Santiari, L. P., Sunu, I. G. K. A., & Dantes, K. R. (2020). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149

Simbolon, S. (2017). Pengaruh kepemimpinan visioner, motivasi, dan kompetensi terhadap budaya kerja dan komitmen serta implikasinya pada kinerja dosen. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 87-97. https://doi.org/10.56457/jimk.v5i2.42

Subni, M., Putri, A. P., Restiawati, Y., Pelealu, N. C., & Dwiyono, Y. (2024). Implementasi Kepemimpinan Visioner dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24903/sjp.v5i1.1808

Susanti, E. (2021). Kontribusi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2180-2186. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.779

Ulpah, M., Agustini, A., Sofiah, L., & Basrowi, B. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Teacher Education, 4(3), 521-531. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12282

Yusuf, F. A., & Basrowi, B. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Kinerja Guru dan Implikasinya pada Kualitas PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2851-2861. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4289

Zuhri, Z. (2018). Kepemimpinan Visioner Kiai dalam Mengimplementasikan Visi di Pondok Pesantren. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 109-142. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.325

Published

2024-11-20

How to Cite

Iqbal, M., & Arif, M. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Pimpinan Pondok dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Sekabupaten Agam Timur. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1153–1165. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4519

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.