Mewujudkan Sekolah Berwawasan Tri Hita Karana

Authors

  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Wisnu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Kadek Ayu Astiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Ayu Suryaningsih Universitas Dhyana Pura
  • Luh Nitra Aryani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Christiani Endah Poerwati Universitas Dhyana Pura
  • Ismail Nasar Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • I Made Sutajaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Made Astawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4729

Keywords:

Sekolah, Berwawasan, Tri Hita Karana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis cara mewujudkan sekolah berwawasan Tri Hita Karana. Urgensi dari penelitian ini adalah untuk memberikan referensi tentang gambaran lingkungan sekolah yang relevan untuk membangun karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Sumber data dari penelitian ini adalah segala referensi yang berkaitan dengan Tri Hita Karana. Syarat referensi yang digunakan adalah berupa jurnal, makalah, prosiding dan literatur lain baik skala nasional maupun internasional yang terbit dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir. Penelitian ini dilakukan melalui lima tahapan penelitian mulai dari pengumpulan literatur, seleksi literatur, analisis literature yang terpilih, sintesis dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa sekolah berwawasan Tri Hita Karana dapat diwujudkan dengan cara menerapkan berbagai program pendidikan yang sifatnya rutin dan terencana serta dimulai dari tahapan pembiasaan hingga pembudayaan. Peran keluarga dan masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk mensukseskan sekolah berwawasan Tri Hita Karana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyani, N. W. S., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). Value Of Pancasila Student Profile In Catur Pramana Learning Model. International Journal of Instructions and Language Studies, 1(2), 53–60.

Asih, J. T. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Tri Hita Karana (THK) Pada Siswa SMAN Satu Atap Lembongan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 303–311. https://doi.org/DOI: 10.5281/zenodo.7033374

Bari, A., & Hidayat, R. (2022). Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Terhadap Keputusan Pembelian Merek Gadget. Motivasi, 7(1), 8–14.

Dewi, P. A. S., & Wijaya, I. K. W. B. (2021). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 142–146.

Dikta, P. G. A. (2020). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Pendasi, 4(1), 126–136.

Dwijayanti, N. M. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Tri Hita Karana Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah SD Inpres 3 Sausu. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 41–46. https://doi.org/Doi : https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i4.798

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177–11182.

Firmansyah, F. . (2021). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205–216.

Jatiyasa, I. W. (2024). Harmoni Tri Hita Karana Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar. Jurnal Lampuhyang, 15(2), 140–153.

Jaya, K. A. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 57–67.

Junalia, E., & Malkis, Y. (2022). Edukasi upaya pencegahan bullying pada remaja di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta. Journal Community Service of Health Science, 1(1), 15–20.

Mahendra, P. R. A., & Kartika, I. M. (2021). Membangun Karakter Berlandaskan Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 423–430.

Mu’ammar, M. A. (2014). Perenialisme Pendidikan (Analisis Konsep Filsafat Perenial dan Aplikasinya dalam Pendidikan Islam). Nur El-Islam, 1(2), 15–28.

Muhaimin. (2015). Membangun Kecerdasan Ekologis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Muslim, A. (2020). Telaah Filsafat Pendidikan Esensialisme Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi, 8(2).

Parmajaya, I. P. G. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Para Siswa Hindu. Jurnal Widyacarya, 4(1), 11–18.

Prasetyo, K., & Hariyanto. (2017). Pendidikan Lingkungan Indonesia, Dasar Pedagogi dan Metodologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79.

Putri, S. D. (2021). Analisis Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Peranannya dalam Pendidikan Sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1).

Rahim, A. (2016). Pendidikan inklusif sebagai strategi dalam mewujudkan pendidikan untuk semua. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1).

Rudiarta, I. . (2022). Penerapan teori hierarki kebutuhan Maslow dalam pembelajaran daring. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 6(1), 13–23.

Rusmawan. (2017). Ecoliteracy Dalam Konteks Pendidikan IPS. Jurnal Sosio Didaktika, 4(2), 39–50.

Sahrudin, M., Djafri, N., & Suking, A. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Jambura Journal of Educational Management, 162–179.

Santika, N. W. R. (2022). Manajemen Pendidikan Dalam Konsep Tri Hita Karana. Satya-Sastraharing, 6(1), 10–21.

Sigli, S. P. A. H. (2021). Filsafat pendidikan esensialisme. AZKIA, 15(2).

Supadmini, N. K.,Wijaya, I. K.W.B, & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416

Wahyuni, N. N. T., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). Menumbuhkembangkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar Di Lingkungan Keluarga. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1551–1563.

Wijaya, I. K. W. B. (2018). Strategi Penanaman Taksonomi Pembelajaran IPA Pada Siswa Sekolah Dasar (SD) Untuk Membentuk Generasi Literasi Sains. Adi Widya, 3(1), 30–36.

Wijaya, I. K. W. B. (2019). Eco Family : Metode Parenting Anak Usia Dini Untuk Membentuk Generasi Literasi Lingkungan. Jurnal Pratama Widya, 4, 40–47.

Wijaya, I. K. W. B. (2020). Pengembangan Kompetensi 4C dan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Catur Pramana. Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu, 7(1), 70–76.

Wijaya, I. K. W. B., Darmayanti, N. W. S., & Jayadiningrat, I. M. G. (2021). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Dengan Konsep Empat Pilar Pendidikan. Jurnal Pratama Widya, 6(1), 59–65.

Wijaya, I. K. W. B., & Prathiwi, K. J. R. (2022). Pengembangan Akhlak Terhadap Alam Kepada Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 205–210.

Wijaya, I. K. W. B., Prathiwi, K. J. R., & Muliani, N. M. (2021). Pengembangan Literasi Ekologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adi Widya, 6(1), 46–53.

Wijaya, I. K. Wi. B. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4, 147–154.

Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Dewi, P. A. S. (2021). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Model Pendidikan Lingkungan Unesco. Jurnal Ideas, 7(3), 97–100. https://doi.org/DOI: 10.32884/ideas.v7i3.449

Wulandari, I. A. G., & Wijaya, I. K. W. B. (2022). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Pembelajaran Catur Pramana. Jurnal Widyacarya, 6(1), 49–54. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/widyacarya.v6i1.1511

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(3), 241–250.

Yasa, I. M. W., Wijaya, I. K. W. B., Mahendradhani, I. G. A. A. R., & Supadmini, N. K. (2020). Motivasi Berprestasi Guru Agama Hindu Jenjang SMP Yang Sudah Bersertifikat Pendidik. Jurnal Cetta, 3(3), 463–471.

Yasa, I. M. W., Wijaya, I. K. W. B., & Ningsih, D. C. Y. (2021). Analisis Multikultur dalam Pembelajaran Agama Hindu di SMP Negeri 1 Penebel. Badung: Penerbit Nila Cakra.

Published

2024-12-03

How to Cite

Wisnu, I. K. W. B. W., Astiti, K. A., Suryaningsih, N. M. A., Aryani, L. N., Poerwati, C. E., Nasar, I., … Astawa, I. B. M. (2024). Mewujudkan Sekolah Berwawasan Tri Hita Karana. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1112–1120. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4729