Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan Science, Enviroment, Technology and Society (SETS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4784Keywords:
Project Based Learning, Pendekatan SETS, Berpikir Kreatif, Siswa SMKAbstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran yang tidak mempertimbangkan karakteristik materi dan peserta didik menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan model pembelajaran project based learning yang diintegrasikan dengan pendekatan Science, Enviroment, Technology and Society (SETS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMK pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini mengadopsi desain eksperimental semu (Quasi Experimental Design) dengan menggunakan The Matching-Only Posttest-Only Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Sidayu Gresik, melibatkan dua kelas XI APHPi sebagai sampel. Kelas XI APHPi 2 berfungsi sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model project based learning dengan pendekatan SETS, sementara kelas XI APHPi 1 bertindak sebagai kelompok kontrol yang hanya menerapkan model project based learning. Setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Analisis data meliputi uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan model project based learning dengan pendekatan SETS memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam konteks materi olahan produk diversifikasi hasil perikanan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kelompok eksperimen menunjukkan tingkat kemampuan berpikir kreatif yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dengan rata-rata skor 88,87 berbanding 80,18. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model project based learning dengan pendekatan SETS merupakan alternatif yang efektif bagi pendidik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan.
Downloads
References
Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580
Ainurro'sydah, L. D. K., Ridlo, Z. R., & Ahmad, N. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Dengan Google Colaboratory Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Eduproxima (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 6(4), 1270-1279. https://doi.org/10.29100/.v6i4.5439
Deing, A., Suidat, S., & Rumiati, S. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Kewarganegaraan Guna Meningkatkan Sikap Siswa Sesuai Profil Pelajar Pancasila dan Ketrampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kasus Pelanggaran HAM. Jurnal Citizenship Virtues, 4(2), 802-810. https://doi.org/10.37640/jcv.v4i2.2040
Fauziyyah, A. N. L., Efendi, R., & Muslim, M. (2024). Analysis of teacher needs for team-based project learning with the SETS approach on alternative energy source materials. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 235-242. https://doi.org/10.55904/educenter.v3i3.1264
Fertiara, R. L., & Yuhanna, W. L. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Penggung. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4684-4698. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8164
Firdausi, B. W., Warsono, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229-243. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8001
Handayani, D., Winarni, E. W., Sundaryono, A., & Firdaus, M. L. (2021). Implementation of project-based learning model with Edmodo application in the capita selecta chemistry course. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(2), 184-195. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i2.90
Handayani, F., Setiadi, D., Artayasa, I. P., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Project Based Learning Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2235-2240. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1711
Harjono, A., & Hikmawati, H. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 7-15. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.473
Hasnawati, S. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Bagi Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kualitas Pemahaman Peserta Didik. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 149- 158. https://doi.org/10.35905/alishlah.v21i2.2630
Iskandar, A. M., Nurfadiah, D., Yuli, W. I., & Desnita, D. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(1), 48-58. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2714
Jumini, J. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Mampu Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa. Journal of Informatics and Vocational Education, 5(3). https://doi.org/10.20961/joive.v5i3.70739
Kalsum, U., Hamzah, H., & Nasriani, M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pendekatan SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. PHYDAGOGIC: Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 2(1), 23-28. https://doi.org/10.31605/phy.v2i1.1344
Lestari, A. D., Sutarno, S., Rohadi, N., Sakti, I., & Nirwana, N. (2021). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (Sets) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 147-154. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.147-154
Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS dengan pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal pendidikan fisika dan teknologi, 4(2), 202-207. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.809
Lestari, P., Mulyani, B., & Mulyani, S. (2022). Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Berbasis Project Based Learning pada Materi Asam Basa terhadap Minat Kewirausahaan Siswa Kelas X SMK Kesehatan Donohudan Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 231-238. https://doi.org/10.20961/jpkim.v11i2.66749
Novita, N., & Sari, S. Y. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Perubahan Iklim dan Pemanasan Global Terintegrasi Model Project Based Learning (PjBL). YASIN, 3(5). https://doi.org/10.58578/yasin.v3i5.1961
Nurjan, S. (2018). Pengembangan berpikir kreatif. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 105-116. http://dx.doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1302
Nurohmawati, C., Pramadi, A., & Maryanti, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Science Environment Techonology and Society (SETS) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Edukasi, 1(1), 63-69. https://doi.org/10.60132/edu.v1i1.86
Nurwahyuningsih, N., Harjono, A., & Rahayu, S. (2019). Pemecahan Masalah Usaha Dan Energi Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 253-261. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1325
Puspitasari, Y. D., & Nugroho, P. A. (2020). Peningkatan higher order thinking skill dan kemampuan kognitif pada mahasiswa melalui pendekatan science, environment, technology and society berbantuan modul pembelajaran. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 4(1), 11-28. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14608
Putri, C. M., Audianti, E., Neli, N., & Noviyanti, S. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar Di SD N 34/I Teratai. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 290-297. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4307
Rahardhian, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Pjbl Berbasis Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.26418/jippf.v3i1.50882
Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan e-book berbasis project based learning (pjbl) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kelas xii sma. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314-325. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.