Mengasah Kepedulian Siswa terhadap Efek Limbah Plastik melalui Project Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5228Keywords:
Mengasah Kepedulian, Limbah Plastik, Project Based Learning, PrakaryaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah limbah plastik yang mencemari lingkungan dan kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan generasi muda, khususnya siswa. Pendidikan pengelolaan sampah, terutama limbah plastik, dianggap penting untuk membentuk sikap tanggung jawab dan kesadaran lingkungan sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam pengelolaan limbah plastik di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen, melibatkan 25 siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur pemahaman siswa tentang limbah plastik dan penerapan PBL, serta observasi terhadap kegiatan proyek daur ulang sampah plastik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dalam pengelolaan sampah plastik berhasil mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Skor rata-rata ketercapaian proyek mencapai 88,25%, dengan kelompok yang bekerja dengan limbah kertas mencatat pencapaian hampir sempurna (92%). Aspek pemahaman tujuan proyek, evaluasi pembelajaran, dan kesesuaian tujuan dengan masalah tercapai dengan sangat baik. Meskipun ada variasi pada aspek kreativitas dan kerjasama kelompok, secara keseluruhan, siswa menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam memahami dan mengelola limbah plastik. Hasil ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan keterampilan siswa dalam mengurangi dampak negatif limbah plastik. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pendidikan lingkungan dengan menekankan pentingnya pendekatan praktis dan kolaboratif dalam mengatasi masalah limbah plastik.
Downloads
References
Aisyah, S., Ginting, S. M., Novita, E., & Rosa, K. A. (2017). Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk Bernilai Jual Dengan Model Trashion. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 12(1), 44–55. https://doi.org/10.33369/dr.v12i1.3387
Al Hanafi, M. I., Agnafia, D. N., & Anfa, Q. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Creative Thinking Skill Siswa pada Materi Ekologi Kelas VII. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(4), 931–944. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i4-3
Astuti, A. P., Syeptiani, S., & Listiono, A. E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Kegiatan Daur Ulang. JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN, 18(2), 232-243. https://doi.org/10.31540/jpp.v18i2.3299
Baro'ah, S., & Qonita, S. M. (2020). Penanaman CiLi (Cinta Lingkungan) pada siswa melalui program lingkungan sekolah tanpa sampah plastik. Jurnal PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 4(1).
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal basicedu, 5(3), 1349-1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Herwidyatmono, T., Bachri, B. S., & Kristanto, A. (2024). The Influence of Problem-Based Learning and Motivation On Learning Outcomes . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 598-606. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4134
Kadir, S. (2024). Filantropi Islam dalam Aksi: Transformasi Limbah Plastik di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah di POI Panda Kawatuna Menjadi Sumberdaya Bernilai. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(6). https://doi.org/10.56338/jks.v7i6.5471
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Lahabu, Y. D., Prasetyo, S., Abroto, A., & Anuli, W. Y. (2024). Pengurangan Dan Pelestarian Limbah Plastik Di Lingkungan Sekolah Untuk Membentuk Kesadaran Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan. Journal of Elementary Educational Research, 4(1), 69-78. https://doi.org/10.30984/jeer.v4i1.907
Linge, A. (2017). Filantropi Islam Sebagai Instrumen Keadilan Ekonomi. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 1(2), 154–171. https://doi.org/10.24815/jped.v1i2.6551
Purwaningrum, P. (2016). Upaya mengurangi timbulan sampah plastik di lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 8(2), 141-147. https://doi.org/10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1421
Riswan, Sunoko, H. R., & Hadiyanto, A. (2015). Kesadaran Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 9(1), 31–39. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmulingkungan/article/view/2085
Rusni, N. K. (2024). Permasalahan sampah kota Makassar studi kasus TPA Tamangapa. Waste Handling and Environmental Monitoring, 1(1). https://doi.org/10.61511/whem.v1i1.2024.511
Santoso, B. P., & Wulandari, F. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Dengan Metode Pemecahan Masalah Pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Journal of Banua Science Education, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i1.3
Sari, J. K., Duraesa, M. A., Tahir, M., & Inayah, S. S. (2024). Strategi Komunikasi Islam dalam Konteks Dakwah. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(5), 924-929. https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i5.510
Sholikah, R. J. (2022). Pemberdayaan Melalui Filantropi Islam Berbasis Masjid. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4281-4288. https://doi.org/10.47492/jip.v3i1.1543
Sutisna, M. A. R. (2024). Strategi pengelolaan sampah kota terintegrasi menuju zero waste. Waste Handling and Environmental Monitoring, 1(1). https://doi.org/10.61511/whem.v1i1.2024.631
Suwele, F. A., Arifin, I. N., Abdullah, G., Panai, A. H., & Arif, R. M. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di kelas V SDN 3 Kabila Bone. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(3), 1131-1141. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.9999
Zaman, B., Hersugondo, H., & Idris, I. (2021). Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Pondok Pesantren Attauhiddiyah Giren Talang Kabupaten Tegal. Jurnal Pasopati, 3(4). https://doi.org/10.14710/pasopati.2021.12892
Zulfannur, Z., Anifah, L., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2024). Pengaruh Problem Solving Skill dalam Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 409-418. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3972
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.