Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas V di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor

Authors

  • Irawati Irawati Universitas Terbuka
  • Suroyo Suroyo Universitas Terbuka
  • Idha Novianti Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5248

Keywords:

Pengaruh, Problem-Based Learning, Hasil Belajar, Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran yang efektif, terutama bagi siswa dengan berbagai tingkat kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa, serta untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, yang melibatkan dua kelompok siswa kelas V SD, yaitu kelompok yang diterapkan model PBL dan kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika dan analisis statistik menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, baik untuk siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi maupun rendah. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi yang menggunakan PBL menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Begitu pula dengan siswa berpikir kritis rendah, meskipun tantangan mereka lebih besar, model PBL tetap memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada model konvensional. Namun, tidak ditemukan interaksi signifikan antara model PBL dan tingkat kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, yang menunjukkan bahwa pengaruh keduanya bersifat independen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model PBL efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, terlepas dari tingkat kemampuan berpikir kritis mereka, dan memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.472

Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48-54. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v9i1.2293

Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242-254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889

Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta analisis efektivitas model Problem Based Learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385-395. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1). https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya kemampuan berbahasa dan bernalar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517-8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650

Irwan, I. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 2 Bungi Kota Baubau. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(1), 48-59. https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.306

Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 310-318. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i3.14865

Kurniawati, D. R., Nawir, M., & Kasmila, K. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Model Problem Based Learning Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Siswa Kelas 4 SD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 541-552. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4774

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan model pbm untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45-53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Lestari, W. (2017). Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 3(2), 57-75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1220

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh metode Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: meta-analisis. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(1), 1-9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835

Prayoga, A., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2652-2665. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.938

Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77-97. https://doi.org/10.58230/27454312.13

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358-369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Saputri, M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92-98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.602

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153-166. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501

Wahyudi, E. E., Aminah, N. S., & Sukarmin, S. (2018). Pembelajaran optika geometri melalui Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa sma kelas x tahun 2014/2015. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 49-60. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17842

Published

2025-01-28

How to Cite

Irawati, I., Suroyo, S., & Novianti, I. (2025). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas V di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 64–79. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5248

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.